10 Trik Google Yang Mengubah Anda Dalam Mencari Informasi

10 Trik Google Yang Mengubah Anda Dalam Mencari Informasi

10 Trik Google Yang Mengubah Anda Dalam Mencari Informasi – Google. Pernahkah anda berpikir berinternet tanpa Google? Mesin pencari yang satu ini memang untuk saat ini merupakan mesin pencari yang paling kuat dan paling banyak digunakan. Dari Google, anda bisa mencari informasi apa saja yang anda butuhkan. Sedangkan pemilik website mendapatkan pengunjung dari konten yang ditulisnya.

10 Trik Google Yang Mengubah Anda Dalam Mencari Informasi

Kali ini, Windowsku ingin membagikan beberapa trik dalam menggunakan Google. Diharapkan, anda dapat lebih mendapatkan informasi dan mengubah cara lama anda dalam menggunakan Google. Berikut ulasannya.

1. Mendapatkan prakiraan cuaca

Apakah setiap hari anda selalu mengecek prakiraan cuaca di TV? Dari dulu, trik Google yang satu ini dapat menampilkan prakiraan cuaca di semua kota diseluruh dunia, dimana pun anda berada.

Cara menampilkan prakiraan cuaca di Google

Yang perlu anda ketikkan di Google adalah “[nama kota] forecast”. Dalam kasus ini, saya tinggal di Malang, sehingga saya ketikkan “malang forecast”. Dan prakiraan cuaca untuk Kota Malang akan muncul. Informasinya cukup lengkap, yang terdiri dari prakiraan cuaca hingga minggu depat. Serta terdapat informasi temperatur, intensitas hujan, dan juga kecepatan angin. Super sekali!

2. Mengkonversi angka dan satuan

Apakah anda bekerja di lingkungan yang mengharuskan anda untuk rutin mengkonversi data? Memang banyak sekali program yang dapat melakukan hal tersebut, termasuk aplikasi di Android atau smartphone lainnya. Nah, sebenarnya anda tidak perlu jauh-jauh hingga menginstall program. Cukup buka Google dan permasalahan anda selesai.

Cara mengkonversi data dan satuan

Langsung saja anda ketik angka dan satuan yang ingin anda konversikan. Contohnya terdapat pada gambar diatas. Saya mengubah KG menjadi Gram dengan kata kunci “[angka] [satuan] to [satuan]”. Dalam kasus ini, saya mengetikkan “20 kg to gr”. Tidak terbatas dari hal itu saja, tentu saja anda bisa mengngonversikan satuan lainnya dengan mudah.

3. Mengecek status penerbangan

Trik lainnya adalah anda dapat mengecek status penerbangan dengan Google. Loh, kok bisa? Ya, percaya atau tidak, Google dapat menampilkan informasi lengkap mengenai pesawat yang akan anda naiki. Caranya adalah seperti berikut ini.

Cara mengecek status penerbangan

Di tiket pesawat yang anda beli, pastinya tercantum nama pesawat. Nah, silahkan anda ketik “flight [nama pesawat]”. Karena saat ini saya tidak melakukan penerbangan apapun, sehingga saya mengisi nama pesawatnya acak. Seperti gambar diatas, saya mengetikkan “flight jt154”. Seri JT ini dimiliki oleh Lion Air. Pada gambar diatas, sudah jelas bahwa nomor penerbangan tersebut akan berangkat pada jam 11:15 di terminal 2 dan akan sampai di Singapore jam 2:00 pm di terminal 3. Sangat super bukan?

4. Stopwatch dan Timer

Percaya atau tidak, Google dapat anda jadikan sebagai Stopwatch dan Timer pribadi anda. Mungkin hal ini akan membuat anda tertawa kecil, tapi memang itu kenyataannya. Langsung saja ini dia caranya.

Cara menggunakan stopwatch dan timer di Google

Untuk membuat Timer, anda bisa mengetikkan “set timer to 15 minutes” seperti pada gambar diatas. Tentu saja, anda dapat mengubah waktunya. Untuk membuka Stopwatch, anda bisa mengetikkan “stopwatch” di Google dan Google akan menampilkan Stopwatch. Keren!

5. Komparasi nutrisi makanan

Anda sering bingung dengan makanan apa yang seharusnya anda makan untuk hari ini? Tidak perlu bingung, karena trik Google ini dapat menampilkan kandungan gizi dari 2 jenis makanan, sehingga anda dapat menemukan makanan yang tepat.

Cara mengecek nutrisi makanan di Google

Langsung saja anda ketikkan “noodles vs rice”. Maka hasilnya seperti pada gambar diatas. Tentu saja, anda bisa mengubahnya menjadi makanan apapun. Disana, Google menyediakan informasi super lengkap mengenai kandungan gizi dari 2 makanan tersebut. Anda dapat mengklik “tanda panah ke bawah” untuk mendapatkan informasi selebihnya. Bagi anda yang sedang diet, cara ini pastinya harus sering anda pakai.

6. Mencari informasi dari situs yang spesifik

Untuk melakukan hal diatas, biasanya anda harus mengunjungi situs tersebut dan mencari kolom pencarian. Sekarang, anda tidak perlu melakukan hal tersebut, karen Google sebenarnya dapat mencari informasi dari situs yang spesifik. Berikut caranya.

Cara mencari informasi dari situs yang spesifik di Google

Anda bisa mengetikkan “site:[alamat situs] kata kunci”. Dalam kasus ini, saya mengetikkan “site:windowsku.com windows 10”. Maka, Google akan menampilkan pencarian di situs Windowsku dengan kata kunci Windows 10. Sehingga, anda tidak perlu membuka Windowsku untuk mencari sesuatu.

7. Merampingkan hasil pencarian

Jika trik sebelumnya hasil pencarian lebih spesifik dengan cara menambahkan situs yang dicari, trik kali ini dapat merampingkan hasil pencarian dengan pengecualian terhadap beberapa kata. Contohnya bisa anda lihat dibawah ini.

Cara merampingkan hasil pencarian di Google

Kata pencarian yang saya cari adalah “cara menjadi -task manager”. Anda bisa melihat bahwa saya menambahkan simbol “-” di depan kata “task”. Ini artinya, sayat tidak ingin hasil pencarian memiliki kata “task” di dalamnya. Sehingga, saya mendapatkan informasi yang lebih relevan. Silahkan anda coba.

8. Memutar Google

Maksud dari trik ini apa? Jika penasaran, langsung saja lihat gambar dibawah ini.

Cara memutar Google

Silahkan anda ketik “do a barrel roll”. Saat itu juga, halaman Google akan berputar 360 derajat searah jarum jam. Buat apa Google membuat ini? Ya, ini hanya sekedar bersenang-senang saja, siapa tahu anda bosan menggunakan Google. Hehehe

9. Kalkulator

Apakah anda kehilangan kalkulator anda? Tak perlu khawatir, Google akan selalu anda disamping anda. Anda dapat menggunakan kalkulator di Google. Berikut caranya.

Cara menggunakan kalkulator di Google

Langsung saja anda ketik “calculator”. Maka, kalkulator akan muncul di browser anda. Kalkulator ini terbilang cukup lengkap, namun jika anda membutuhkan lebih banyak opsi penghitungan, saya sarankan membelli kalkulator professional, karena kalkulator ini hanya tersedia fungsi-fungsi yang paling sering digunakan.

10. Mengecek kapan terbitnya matahari

Apakah anda tahu jam berapa tepatnya matahari muncul di kota anda? Pastinya anda tak terlalu memperhatikannya. Namun, Google dapat memunculkan informasi tersebut dengan mudah. Berikut caranya.

Cara mengecek terbitnya matahari di Google

Anda bisa mengetikkan “sunrise in [nama kota]”. Seperti gambar diatas, saya ingin tahu kapan matahari terbit di Malang. Silahkan anda cari lagi berdasarkan kota tempat anda tinggal.

Kesimpulan

Apakah anda memiliki tips lain dalam menggunakan Google? Silahkan tuliskan di kotak komentar. Atau, anda bisa menjadi penulis tamu di Windowsku! Caranya sangat mudah. Penulis tamu bukan berarti anda harus setiap saat menulis untuk Windowsku, tapi anda dapat menulis kapan saja anda inginkan tanpa terikat waktu. Untuk mendaftar, silahkan kunjungi halaman pendaftaran Penulis Tamu Windowsku.

Sekian artikel 10 Trik Google Yang Mengubah Anda Dalam Mencari Informasi, semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Artikel Terkait

Tinggalkan sebuah komentar

You have to agree to the comment policy.