5 Tips Cepat Gmail Yang Harus Anda Ketahui

5 Tips Cepat Gmail Yang Harus Anda Ketahui

Tips cepat Gmail ini perlu anda terapkan kapan saja dan dimana saja, bagi anda yang suka mengakses email dari produk Google yang satu ini. Gmail sendiri adalah salah satu layanan email terpopuler untuk saat ini dan menyaingi produk lain seperti Yahoo dan Outlook.

5 Tips Cepat Gmail Yang Harus Anda Ketahui

Untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja dan bagi anda yang sering mengakses Gmail, silahkan anda simak 10 tips cepat Gmail ini. Tips yang diberikan sangatlah mudah, sehingga anda dapat mengubah kebiasaan lama anda dengan menerapkan tips ini. Berikut 5 tips cepat Gmail untuk anda.

1. Memilih semua email walaupun walaupun di halaman yang berbeda

Semakin hari, jumlah email khususnya di kotak masuk makin lama makin banyak. Hal tersebut membuat kotak masuk anda menjadi berantakan, apalagi email dari jejaring sosial yang biasanya paling banyak.

Tab Untuk Kotak Masuk

Untung saja Gmail sudah mengkatagorikan darimana email tersebut masuk. Ada Primary yang berisi berbagai email dari rekan kerja anda atau dari layanan lain yang sudah anda hubungkan. Ada Social yang berisi semua informasi dari jejaring sosial anda seperti Facebook dan Twitter. Terakhir ada Promotions yang berisi promosi dari website yang sudah anda berlangganan.

Memilih Semua Email Walaupun Dari Halaman Yang Berbeda Di Gmail

Namun untuk menyeleksi email yang memiliki lebih dari 1 halaman, anda harus menerapkan tips kecil ini agar dapat melakukannya. Saya akan beri contoh pada email yang ada di Social. Pertama, anda klik saja checkbox untuk Select All seperti pada gambar diatas. Maka, Gmail akan memilih semua email pada halaman pertama. Untuk memilih semuanya, anda tinggal klik “Select all … conversations in Social”. Maka, semua email yang ada di Gmail anda terpilih. Anda dapat menghapusnya jika anda menginginkannya.

2. Mengganti tampilan layout Gmail

Tidak suka dengan tampilan layout dari Gmail? Google sudah membuat Gmail agar dapat sesuai dengan apa yang anda inginkan. Ada 3 tema layout yang dapat anda piilh.

Mengganti Tampilan Layout Di Gmail

Layout Gmail dapat anda rubah dengan 3 pilihan diatas. Tampilannya akan berubah berdasarkan kepadatan dari layout Gmail. Secara default, Gmail menggunakan layout “Comfortable”. Tampilan ini cocok bagi pengguna mouse ataupun layar sentuh karena kerapatan setiap menu dan email lumayan lebar.

Mengganti Layout Gmail Menjadi Compact

Jika anda menggantinya menjadi “Compact”, maka tampilannya seperti pada gambar diatas. Kerapatan setiap elemen di Gmail menjadi lebih rapat. Tampilan ini sangat cocok jika anda hanya menggunakan mouse saja.

3. Mengganti tema Gmail

Mengganti Tema Di Gmail

Bosan dengan tampilan Gmail yang dominan berwarna putih? Anda dapat dengan mudah mengganti latar belakang Gmail. Anda tinggal klik Themes.

Tema Baru Untuk Gmail

Silahkan anda pilih tema yang sesuai dengan selera anda. Jika sudah, klik saja “Save”.

4. Membuat email dengan tampilan Full Screen

Ukuran Jendela Mengirim Email

Secara default, jika anda ingin mengirim email, ukuran jendela mengirim email-nya sangat kecil seperti pada gambar diatas. Jika anda tidak menyukainya, anda dapat mengubahnya dengan mudah.

Mengubah Jendela Mengirim Email Full Screen Di Gmail

Pertama yang harus anda lakukan adalah mengklik icon “Full Screen” pada nomor 1. Kemudian yang terakhir adalah klik “Default to full-screen” seperti pada nomor 2 di gambar.

5. Mengakses Gmail secara offline

Ingin mengakses Gmail secara offline? Anda dapat melakukannya jika anda menggunakan Google Chrome atau Chromium. Caranya sangat mudah.

Membuat Gmail Dapat Diakses Offline

Silahkan buka Google Chrome anda dan install Gmail Offline. Jika sudah, silahkan buka aplikasi tersebut. Kemudian, pilih saja “Allow offline mail” dan klik Continue.

Kesimpulan

5 tips cepat Gmail ini tentu saja sangat membantu bagi anda yang sering mengakses Gmail. Jika bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman anda di jejaring sosial. Sekian artikel 5 Tips Cepat Gmail Yang Harus Anda Ketahui, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk Like Facebook Windowsku untuk mendapatkan artikel menarik lainnya seperti artikel ini. Jika anda ingin membuat blog, jangan lupa untuk baca artikel ini: Cara Buat Blog Paling Mudah Dengan WordPress.

Artikel Terkait


Tentang Achmed Islamic Hernawan

Aku adalah seseorang yang menyukai teknologi. Bagiku, teknologi bukan membuat manusia menjadi malas. Namun tentang bagaimana menggunakan teknologi agar kita dapat mengerjakan hal lainnya, sehingga tidak menghabiskan waktu.

Ada tanggapan atau pertanyaan? Diam tidak selalu emas lho!

You have to agree to the comment policy.