5 Tips Merawat Hard Disk Agar Tahan Lama


Apapun perangkat keras yang anda pakai, semuanya memiliki umur atau masa pakai, termasuk hard disk yang sekarang anda pakai. Masa pakai hard disk bisa mencapai 6 tahun, bisa lebih, bisa kurang. Bisa lebih jika anda merawatnya dengan benar. Dan bisa kurang jika anda tidak hati-hati menggunakannya.

Yang menyebabkan masa pakai hard disk tidak lama dikarenakan bagian dalamnya ada perangkat yang bergerak. Lalu, apa saja yang bisa anda lakukan agar masa pakai hard disk menjadi lebih lama?

5 Tips Merawat Hard Disk Agar Tahan Lama

Di artikel ini, anda akan mengetahui apa saja yang bisa anda lakukan agar hard disk/hard disk anda lebih lama masa pakainya. Walaupun tips berikut tidak bisa menjamin hard disk anda 100% aman, namun setidaknya anda bisa memperlama masa pakainya. Berikut tips-tips yang bisa anda lakukan.

1. Hati-hati membawa hard disk

Karena perangkat keras, hal pertama yang dapat merusak hard disk anda adalah kerusakan fisik. Tergores sedikit saja pada bagian piringan di dalam hard disk, dapat menghilangkan data-data yang tersimpan. Dan hard disk sangat rentan akan kerusakan, karena ada beberapa komponen yang bergerak.
Isi Dalam Hard Disk Drive

Kesimpulan: Bawalah hard disk anda dengan hati-hati, terutama hard disk internal yang ditujukan untuk PC Desktop. Karena hard disk untuk PC Dekstop tidak dirancang untuk dibawa terlalu sering. Hard drive model tersebut memang didesain untuk diam ditempat yang sama terus menerus.

Berbeda dengan hard disk untuk notebook yang didesain untuk dibawa kemana saja. Walaupun begitu, anda juga tetap harus hati-hati. Jika laptop anda terjatuh, hard disk anda pun bisa saja rusak.

2. Jangan sering-sering mematikan/menghidupkan komputer

Tombol Hidup Mati

Ketika komputer menyala, komputer akan memuat data yang ada di hard disk anda. Proses ini sangat intensif, sehingga akan memakan seluruh resource hard disk anda. Dan proses ini juga akan mengurangi masa pakai hard disk anda sedikit demi sedikit.

BACA JUGA:  Memudahkan Pencarian di Windows/File Explorer – Bagian 2

Sama juga jika anda mematikan komputer. Putaran hard disk anda akan turun drastis. Putaran yang naik dan turun ini akan memperpendek usia hard disk anda.

Kesimpulan: Proses mematikan/menghidupkan komputer tentu tidak bisa terhindarkan. Yang bisa kita lakukan adalah menguranginya. Jika anda tidak menggunakan komputer untuk waktu lama, silahkan anda matikan komputer. Jika anda akan segera menggunakannya lagi, melakukan sleep lebih bijak daripada shut down.

3. Hindari panas berlebih

Cd Terbakar

Sebenarnya tidak hanya hard disk, komponen komputer lainnya tentu bisa berkurang masa pakainya jika suhu komponen tersebut meningkat dari biasanya. Untuk itu, anda harus mengetahui batas wajar panas yang dapat diterima oleh hard disk dengan membaca buku manual atau mengunjungi situs dari hard disk tersebut.

Tidak baiknya sirkulasi udara adalah salah satu penyebab suhu komputer meningkat. Panas akan cepat terkumpul di dalam dan bahkan dapat menurunkan performa komputer anda.

Kesimpulan: Untuk pengguna desktop atau tower, anda harus membersihkan komponen dalam dan merapikan kabel-kabel yang mungkin menghalangi sirkulasi udara. Hal ini tentu membutuhkan keahlian bongkar pasang komputer.

Jika anda tidak ahli, sebaiknya anda membawanya ke tempat service komputer. Biaya yang harus anda keluarkan bervariasi, namun pastinya biayanya tidak terlalu mahal untuk jasa pembersihan komputer.

Untuk pengguna laptop, anda bisa membersihkan laptop dengan kompresor yang menyemprot udara yang diarahkan ke kipas laptop dan anda tidak perlu membongkar laptop anda. Jika anda memiliki Ultrabook yang tidak ada kipasnya, anda tidak perlu melakukan ini. Anda juga bisa menyimak 5 Cara Memperpanjang Umur dan Masa Pakai Laptop untuk tips lainnya.

4. Optimasi Fragmentasi data (Defragmentasi Data)

Istilah ini mungkin pernah anda dengar. Di beberapa file system, data tersimpan tidak dalam satu kesatuan, melainkan disimpan dengan banyak blok dan setiap blok memiliki kapasitas sendiri. Misal 1 GB data yang tersimpan di hard disk, bisa terdiri dari ribuan blok yang tersebar di hard disk.

BACA JUGA:  Cara Menulis Artikel Blog Menggunakan Office Word

Nah, fragmentasi data terjadi karena data yang tersimpan di hard disk dalam bentuk blok tersebut tidak disimpan berdekatan. Sehingga, hard disk harus bekerja keras mencari data blok yang terpisah tersebut. Memang fragmentasi data secara teori tidak menyebabkan hard disk anda aus, namun aktivitas berlebih tersebut yang membuat masa pakai hard disk berkurang.

Kesimpulan: Jika anda menggunakan Windows 8 atau Windows 10, anda tidak perlu khawatir dengan hal ini. Karena secara otomatis, Windows akan melakukan defragmentasi secara berkala.

Defragment Hard Drive

Jika anda menggunakan Windows yang lebih lama, anda bisa melakukan defragmentasi dengan cara klik Start dan ketik “defrag” dan tekan enter. Bahkan, anda bisa melakukan defragmentasi menggunakan Command Prompt.

5. Hati-hati jika daya listrik tidak stabil

Bohlam

Listrik yang mengalir ke perangkat elektronik terkadang tidak stabil. Ketidakstabilan tersebut berdampak buruk juga terhadap barang-barang elektronik, termasuk hard disk anda.

Kesimpulan: Jika anda menggunakan komputer tower atau desktop, perangkat seperti surge protector atau atau stabilizer sangat membantu anda. Namun bukan berarti perangkat tersebut 100% aman. Jika daya listrik turun atau naik drastis, perangkat ini tidak dapat terlalu diandalkan. UPS (Uninteruptible Power Supply) akan lebih baik anda gunakan.

Kesimpulan

Semua tips diatas memang tidak menjamin 100% hard disk anda bisa memiliki usia yang panjang. Bisa saja hard disk anda rusak tiba-tiba, walaupun anda tidak melakukan apa-apa. Setidaknya dengan melakukan tips diatas, hard disk anda dapat dipakai lebih lama.

Sekian artikel 5 Tips Merawat Hard Disk Agar Tahan Lama, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk berlangganan Windowsku dengan cara Like Facebook Windowsku atau berlanganan lewat Email.

 


Tentang Achmed Islamic Hernawan

Aku adalah seseorang yang menyukai teknologi. Bagiku, teknologi bukan membuat manusia menjadi malas. Namun tentang bagaimana menggunakan teknologi agar kita dapat mengerjakan hal lainnya, sehingga tidak menghabiskan waktu.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *