6 Cara Cepat Dan Tepat Untuk Update Driver Komputer Anda 2


6 Cara Cepat Dan Tepat Untuk Update Driver – Driver adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk berkomunikasi dengan perangkat keras yang ada di komputer anda. Sehingga, Driver bisa dikatakan sebagai jembatan antara anda dengan hardware. Dengan adanya driver, hardware yang terpasang dapat anda gunakan. Jika tidak ada driver, maka hardware sama sekali tidak dapat digunakan.

Namun, masih banyak sekali pengguna komputer dengan sistem operasi Windows yang salah dalam memasang driver. Bahkan, ada pengguna yang memasang driver untuk perangkat keras yang berbeda. Hal itu dapat menyebabkan konflik dan performa komputer yang menurun.

6 Cara Cepat Dan Tepat Untuk Update Driver Komputer Anda

Di artikel ini akan dibahas bagaimana cara cepat dan tepat untuk update driver komputer anda. Cara ini saya urutkan dari cara yang paling baik dan cepat, hingga cara yang kurang saya rekomendasikan. Pastikan anda coba poin-poin paling atas terlebih dahulu, baru menuju ke cara selanjutnya jika driver yang anda pasang tidak berhasil. Berikut ulasannya untuk anda.

1. Men-download driver dari website resmi (Laptop)

Cara ini adalah cara yang paling cepat dan tepat untuk memasang driver. Dengan driver resmi, maka komputer anda berada pada performa yang paling tinggi, karena didesain oleh pembuat komputer anda sendiri. Lalu, bagaimana cara anda menemukan driver resminya?

Laptop Dengan Tipenya

Pertama-tama, anda harus mengetahui terlebih dahulu tipe/seri laptop yang anda miliki dan jangan lupa merknya. Biasanya tipe/seri laptop anda berada di sebelah kiri/kanan touchpad anda seperti pada gambar diatas, atau berada di bawah laptop anda.

Mendownload Driver Resmi

Jika sudah, langsung buka Google dan carilah dengan kata kunci “driver [merk laptop] [tipe/seri laptop]” dan tekan enter. Seperti pada gambar diatas, maka hasil pencarian akan keluar. Pastikan driver yang anda cari berasal dari merk laptop anda sendiri dengan memperhatikan tautan yang sudah saya tandai di kotak merah. Jika merk laptop anda HP, maka driver-nya harus anda dapatkan dari HP.

Driver Dari Website Resmi

Jika sudah, langsung saja download semua drivernya. Anda tidak perlu khawatir, karena driver dari website resmi pastinya kompatibel dengan semua hardware yang anda miliki.

2. Driver resmi untuk PC Desktop/Tower

Karena laptop cenderung memiliki hardware yang tidak berubah, maka mencari driver untuk laptop sangat mudah seperti pada poin pertama. Namun untuk PC desktop/tower, ada beberapa cara yang berubah, namun saya pastikan tetap mudah untuk mencarinya.

Motherboard

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mencari merk dan tipe/seri motherboard anda. Tipe/seri motherboard tercantum biasanya pada saat anda menyalakan komputer. Biasanya merk dari motherboard anda akan muncul beserta serinya. Tulis terlebih dahulu agar anda dapat menggunakannya nanti.

Jika tidak ada, silahkan anda hubungi dimana tempat anda membeli PC atau carilah buku manualnya.

Mencari Driver Resmi Pc Desktop

Jika sudah, langsung saja cari driver-nya dengan kata kunci “driver [merk motherboard] [tipe/seri motherboard”.
Sama seperti waktu mencari driver untuk laptop, pastikan driver-nya berasal dari merk PC anda sendiri.

Mendownload Driver Resmi Pc Desktop

Lalu, ikuti petunjuk dari situs yang anda kunjungi. Seperti pada gambar diatas, saya hanya tinggal mengunduh semua driver yang ada.

Mendownload Driver Nvidia

Jika anda sudah meng-upgrade komputer anda misalnya sudah memasang VGA baru, maka anda perlu mencari driver untuk hardware tersebut. Silahkan anda cari langsung di Google dengan keyword “driver [merk perangkat] [tipe perangkat]”. Contohnya adalah “driver nvidia gtx titan x”.

3. Menggunakan Windows Update

Dengan mengikuti cara 1 dan cara 2, saya yakin pastinya anda sudah mendapatkan driver yang tepat untuk komputer anda. Namun, jika ada berbagai alasan, anda tidak bisa mengunduh driver tersebut, atau tidak dapat menggunakan driver tersebut, anda dapat mencoba Windows Update untuk mencari driver.

Windows Update Di Windows 10

Klik Start dan ketik “windows update” dan tekan enter untuk membuka Windows Update. Silahkan anda klik “Check updates” untuk mencari update terbaru, termasuk driver untuk komputer anda.

Namun, tidak semua driver tersedia untuk hardware anda. Mungkin saja ada driver yang tidak ada untuk perangkat anda. Jika terjadi seperti itu, lakukan langkah selanjutnya.

4. Menggunakan Device Manager

Langkah selanjutnya yang bisa anda coba adalah menggunakan Device Manager. Tool ini sudah tersedia dari Windows XP hingga Windows 10, jadinya semua orang dapat menggunakannya.

Mencari Driver Melalui Device Manager

Caranya membuka Device Manager adalah klik Start dan ketik “device manager”. Dalam hasil pencariannya, klik saja “Device Manager”. Kemudian, silahkan anda cari perangkat yang tidak memiliki driver. Biasanya, tulisan perangkatnya adalah “Unknown” dan biasanya di dalam kategori “Other”. Atau jika anda menemukan perangkat dengan tanda kuning, mungkin driver tersebut bermasalah. Anda bisa mengklik kanan dan klik “Update Driver Software…”.

Ikuti petunjuk instalasinya hingga Windows berhasil menemukan driver-nya. JIka tidak ditemukan, anda dapat mencoba menggunakan cara dibawah ini.

5. Menggunakan Software Pencari Driver

Cara dari nomor 1 hingga 4 merupakan cara yang paling saya rekomendasikan, karena sama sekali tidak menggunakan software pihak ketiga dan dapat dipercaya. Jika cara 1 hingga 4 belum berhasil, maka cara ini mungkin dapat menyelesaikan masalah anda. Ada banyak sekali software pencari driver.

Namun khusus untuk kali ini, saya menggunakan yang sering saya pakai saja, yaitu SlimDrivers. Saya mempercayai software ini karena telah bekerja sama dengan Microsoft dan menggunakan teknologi Cloud, sehingga sangat tepat dalam memberikan driver.

Mulai Scanning Dengan Slimdrivers

Ketika anda sudah selesai download dan install, langsung saja klik “Start Scan”. Tunggu beberapa saat hingga SlimDrivers menemukan driver untuk komputer anda.

Download Driver Melalui Slimdrivers

Jika sudah, langsung saja klik driver yang diinginkan. Aplikasi ini juga sekalian mencari driver yang sudah usang dan anda dapat mengunduh driver terbarunya.

Jika cara ini belum mengatasi masalah driver anda atau driver-nya belum ditemukan, maka lakukan cara dibawah ini.

6. Menggunakan DriverPack

DriverPack adalah aplikasi dengan koleksi driver yang sangat banyak, sangat banyak. Percaya atau tidak, DriverPack memiliki driver dengan ukuran 10.2 GB yang siap anda download. DriverPack mengklaim bahwa mereka memiliki semua driver untuk semua perangkat keras apapun jenisnya.

Pengalaman pribadi saya dalam menggunakan DriverPack cukup mengesankan. Karena waktu itu, saya mencoba menggunakan DriverPack untuk install driver di komputer lawas yang masih menggunakan Windows XP dan saya coba untuk meng-upgrade-nya menjadi Windows 7. Dan ternyata, driver untuk komputer tersebut ada.

Selain itu, DriverPack juga memiliki instalasi update software seperti .NET Framework, DirectX, dan lain-lain. Jadinya, DriverPack merupakan all-in-one solution untuk driver dan update.

Driverpack

Ada 2 versi dari DriverPack. Ada yang online dan juga offline. Online hanya menyediakan driver yang diperlukan saja, sedangkan offline menyediakan semua driver untuk semua perangkat keras dalam satu file dengan ukuran 10.2 GB.

Silahkan anda pilih salah satu dari solusi yang diberikan. Untuk saya sendiri, saya waktu itu menggunakan yang offline, yaitu yang 10.2 GB.

Kesimpulan

Dari semua cara yang sama-sama kita bahas, yang mana yang paling anda sukai? Kalau saya sudah jelas menggunakan cara 1 dan 2. Karena, tidak ada yang bisa mengalahkan driver dari merknya sendiri, bukankah anda juga berpendapat yang sama?

Jika anda memiliki cara lain, silahkan tulis di kotak komentar dibawah ini. Sekian artikel 6 Cara Cepat Dan Tepat Untuk Update Driver Komputer Anda, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. Jika tertarik anda dapat membaca Cara Backup Driver Komputer dengan Double Driver. Jangan lupa untuk gabung di Facebook Windowsku untuk mengetahui update terbaru seputar teknologi komputer dan perangkat bergerak.

Artikel Terkait


Tentang Achmed Islamic Hernawan

Aku adalah seseorang yang menyukai teknologi. Bagiku, teknologi bukan membuat manusia menjadi malas. Namun tentang bagaimana menggunakan teknologi agar kita dapat mengerjakan hal lainnya, sehingga tidak menghabiskan waktu.


Ada tanggapan atau pertanyaan? Diam tidak selalu emas lho!

You have to agree to the comment policy.

2 pemikiran di “6 Cara Cepat Dan Tepat Untuk Update Driver Komputer Anda

  • aimee

    Saya pikir ada tiga cara untuk memperbarui driver:
    1. download dan memperbarui dengan Windows Update. Ini tidak dapat sepenuhnya memecahkan masalah Anda.
    2. Cari driver dari situs resmi atau situs web pihak ketiga. Beberapa driver tidak akan menemukan dari situs resmi karena OEM, Anda mungkin menemukan dari beberapa situs pihak ketiga.
    3. Cobalah untuk menggunakan driver Dokter atau driver lain men-download perangkat lunak untuk membantu Anda. Hal ini cepat dan aman. Dan Anda dapat men-download dari sini: *https://www.driverdr.com