7 Tips Untuk Microsoft Edge Yang Harus Anda Ketahui

7 Tips Untuk Microsoft Edge Yang Harus Anda Ketahui

7 Tips Untuk Microsoft Edge Yang Harus Anda Ketahui – Microsoft Edge adalah browser terbaru dari Microsoft yang menggantikan Internet Explorer sebagai peramban default. Edge sangat khusus dibuat untuk Windows 10, sehingga bagi anda yang belum upgrade ke Windows 10, maka anda tidak bisa menggunakannya.

Microsoft Edge memang masih sangat muda. Browser Extension pun belum ada untuk browser ini, sehingga tidak bisa dibandingkan dengan Chrome maupun Firefox. Namun, Microsoft akan tetap mengembangkan Edge agar menjadi browser yang lebih baik lagi.

7 Tips Untuk Microsoft Edge Yang Harus Anda Ketahui

Berikut tips-tipsnya untuk anda.

1. Menggunakan Search Suggestions

Microsoft Edge memiliki Search Suggestions yang sangat powerful. Dengan fitur ini, anda dapat mengetikkan beberapa kata kunci saja dan Microsoft Edge akan memberikan rekomendasi dari kata kunci yang anda ketik.

Search Suggestions Di Microsoft Edge

Ketika anda membuka tab baru, ketik saja 1 atau 2 kata. Microsoft Edge akan memberikan rekomendasi seperti gambar diatas.

2. Reading View

Dengan Reading View, anda dapat membaca artikel di website yang anda suka tanpa adanya gangguan seperti iklan dan beberapa widget yang ada di sebelah kanan ataupun kiri artikel.

Mengaktifkan Reading View di Microsoft Edge

Anda dapat mengaktifkan Reader View dengan cara mengklik icon buku pada Address Bar. Pada gambat diatas, saya mencoba membaca Windowsku dengan Reader View. Saya bisa fokus ke konten yang saya baca dengan mode ini.

3. Berbagi melalui jejaring sosial

Anda dapat dengan mudah berbagi website yang sedang anda kunjungi dengan integerasi jejaring sosial di Windows 10. Jika anda sudah memasang aplikasi jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter, berbagi ke teman anda jauh lebih mudah.

Berbagi Melalui Jejaring Sosial Di Microsoft Edge

Anda bisa mengklik icon “share” untuk mulai berbagi. Karena saya sudah install aplikasi Facebook melalui Store, maka Facebook pun muncul.

4. Anotasi

Microsoft memperkenalkan Edge sebagai browser untuk meningkatkan produktivitas. Slogan itu bukan sembarangan, karena Edge memiliki fitur “Annotations”, sehingga anda bisa mencatat hal-hal penting yang anda temukan di situs dan anda dapat memberikan komentar juga.

Anotation Di Microsoft Edge

Anda bisa membagikannya ke siapa saja dengan menggunakan tombol “Share”. Sehingga, anda menjadi lebih produktif. Anda bisa mencatat informasi penting dan membagikannya ke rekan kerja anda di kantor.

5. Dark Theme

Jika anda belum menyadarinya, screenshot yang saya berikan di artikel ini menggunakan Microsoft Edge dengan warna hitam.

Cara Mengganti Ke Dark Theme Di Microsoft Edge

Anda bisa merubahnya di “Settings”. Pilihlah opsi Dark untuk merubah tampilan Microsoft Edge menjadi warna hitam.

6. Berita terbaru

Berita Terbaru Di Microsoft Edge

Secara default, setiap kali anda membuka tab baru, maka Edge akan memberikan berita-berita terhangat yang terjadi di seluruh dunia dari berbagai sumber. Namun yang membuat anda tidak nyaman membaca berita adalah bahasanya yang menggunakan Bahasa Inggris. Sebenarnya pengaturan bahasa sangat tergantung dari instalasi Windows 10 anda.

Cara Mengganti Bahasa Berita Di Microsoft Edge

Jika anda memiliki berita dengan bahasa inggris, anda bisa klik “Customize”. Kemudian, anda bisa menggantinya menjadi bahasa Indonesia. Anda bisa memilih kategori berita yang akan anda lihat disana. Jika sudah, klik tombol “Save”.

Berita Berbahasa Indonesia Di Microsoft Edge

7, Menggunakan InPrivate Browsing

Cara Menggunakan Inprivate Browsing Di Microsoft Edge

Sama seperti browser lainnya, Edge menawarkan Private Browsing. Private Browsing berguna untuk menghapus segala aktivitas yang tertinggal selama anda membuka situs-situs.

Kesimpulan

Bisa dibilang bahwa Microsoft Edge belum dapat dibandingkan dengan browser lainnya, karena fitur yang diberikan masih minim. Namun, Microsoft pastinya akan terus mengembangkan Edge menjadi browser yang lebih baik, sehingga semakin banyak yang menggunakan Edge. Sekian artikel 7 Tips Untuk Microsoft Edge Yang Harus Anda Ketahui, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Artikel Terkait


Tentang Achmed Islamic Hernawan

Aku adalah seseorang yang menyukai teknologi. Bagiku, teknologi bukan membuat manusia menjadi malas. Namun tentang bagaimana menggunakan teknologi agar kita dapat mengerjakan hal lainnya, sehingga tidak menghabiskan waktu.

Ada tanggapan atau pertanyaan? Diam tidak selalu emas lho!

You have to agree to the comment policy.