Apakah Perbedaan CPU, GPU, Dan APU?


Apakah anda sering berkutat dengan dunia perangkat keras? Jika iya, mungkin anda pernah mendengar istilah CPU, GPU, dan APU. Jika tidak, maka di artikel ini akan ada penjelasan apakah perbedaan CPU, GPU, dan APU. 3 hal tersebut sangat penting di dalam dunia komputer, sehingga memahaminya akan menjelaskan pemikiran kita mengenai cara kerja komputer.

Apakah Perbedaan CPU, GPU, Dan APU?

Di artikel ini, anda akan dijelaskan secara singkat apa itu CPU, GPU, dan APU serta bagaimana mereka berbeda satu sama lain. Ini dia penjelasannya untuk anda.

CPU (Central Processing Unit)

Mungkin istilah ini yang paling sering anda dengar. Central Processing Unit atau prosesor merupakan perangkat terpenting dalam komputer yang berperan seperti otak. CPU melakukan segala hal yang berhubungan dengan eksekusi dan kalkulasi. Mulai dari anda menghidupkan komputer hingga anda menghitung data di Microsoft Excel.

Central Processing Unit

Sebuah prosesor memiliki banyak hal untuk dilihat dan dipelajari. Mulai dari kecepatan, besar cache, arsitektur, dan lain-lain. Produsen CPU pun sangat banyak. Sebut saja Intel, AMD, Qualcomm, Mediatek, Samsung, TMNC, dan masih banyak lagi. Semakin tinggi spesifikasinya, tentu membuat komputer anda jadi lebih cepat. Hal tersebut juga berbanding dengan harga.

Jika anda penasaran dengan penjelasan lebih lanjut mengenai CPU serta bagaimana cara pembuatannya, anda bisa melihat artikel apa itu CPU.

GPU (Graphics Processing Unit)

Graphics Processing Unit

Sesuai dengan namanya, GPU bertugas untuk menampilkan semua grafis yang bisa anda lihat di layar. Mulai dari anda menggerakkan jendela aplikasi di Windows 10 hingga bermain game dengan resolusi tinggi. Mungkin muncul pertanyaan di benak anda. Apakah komputer dapat bekerja tanpa GPU? Jawabannya adalah iya, namun anda tidak bisa melihat apa-apa karena monitor anda tidak akan menampilkan semua grafis yang tersedia.

BACA JUGA:  Cara Kerja Android Pay

Jika CPU biasanya hadir dengan bentuk kotak yang ditaruh di motherboard, GPU memiliki bentuk lainnya. Selain GPU bisa ditanam di motherboard, GPU juga hadir dalam model dedicated graphics yang terpasang di slot-nya tersendiri.

Razer Core

Bahkan GPU juga hadir dengan koneksi Lightning yang bisa plug and play layaknya Flash disk! Ya, produk tersebut adalah Razer Core.

APU (Accelerated Processing Unit)

APU mungkin terdengar asing untuk kita. Accelerated Processing Unit merupakan perangkat keras yang menggabungkan fungsionalitas CPU dengan GPU. Artinya unit ini memiliki 2 kemampuan sekaligus. Dengan begitu, komunikasi antar fungsi jadi lebih cepat karena CPU dan GPU terletak di tempat yang sama. Dan daya yang dibutuhkan juga lebih sedikit daripada menggunakan 1 buah CPU dan GPU.

Accelerated Processing Unit

Karena CPU dan GPU bergabung di dalam satu unit, pastinya ada yang dikorbankan. Ya, performa APU tidaklah sekuat CPU saja maupun GPU saja. APU sangat cocok jika digunakan di komputer bergerak seperti laptop.

Untuk APU, vendor yang paling gencar mempromosikannya adalah AMD dengan model prosesor seperti prosesor AMD A-Series. Contoh salah satu prosesor APU milik AMD adalah prosesor A10-7890K dengan grafis Radeon R7 dan sudah didukung dengan DirectX 12.

Kesimpulan

Setelah anda membaca artikel ini, pengetahuan anda mengenai 3 komponen komputer ini tentu saja makin dalam. Jika ada pertanyaan, silahkan tulis di kotak komentar di bawah ini. Sekian artikel Apakah Perbedaan CPU, GPU, Dan APU? Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk berlangganan Windowsku dengan cara Like Facebook Windowsku dan atau berlangganan lewat email.


Tentang Achmed Islamic Hernawan

Aku adalah seseorang yang menyukai teknologi. Bagiku, teknologi bukan membuat manusia menjadi malas. Namun tentang bagaimana menggunakan teknologi agar kita dapat mengerjakan hal lainnya, sehingga tidak menghabiskan waktu.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *