Cara Backup Driver Di Windows

Cara Backup Driver Di Windows

Driver adalah sebuah software yang membantu hardware untuk berkomunikasi dengan sistem operasi, agar sistem operasi dapat menggunakannya secara maksimal. Tanpa driver, perangkat keras yang anda miliki tidak akan dapat digunakan. Jika anda berencana untuk upgrade sistem operasi ataupun hal lain yang bersifat perubahan besar di dalam komputer anda, anda perlu mengetahui cara backup driver di Windows.

Cara Backup Driver Di Windows

Di artikel ini, anda akan mengetahui bagaimana cara backup driver di Windows, mulai dari Windows XP hingga Windows 10. Untuk melakukan hal tersebut, anda akan menggunakan software tambahan yang selain dapat mem-backup driver Windows anda, juga dapat digunakan untuk mencari driver yang up-to-date. Langsung saja ini dia caranya.

Download dan Install Driver Talent

Tampilan Utama Driver Talent

Setelah anda selesai melakukannya, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar diatas. Klik “Tools” untuk masuk ke bagian Backup.

Mengakses Fitur Backup Di Driver Talent

Klik saja “Backup” di menu bagian kiri. Driver Talent akan segera mencari driver apa saja yang dapat di-backup.  Jika sudah, klik saja “Start”. Tunggu hingga proses backup selesai.

Konfirmasi Backup Driver Selesai

Jika sudah, maka akan ada konfirmasi seperti pada gambar diatas. Klik saja “View the backup files” untuk melihat backup-nya.

Driver Yang Sudah Di Backup

Cara Restore Backup

Restore Driver Di Driver Talent

Jika anda sudah selesai menginstal ulang Windows atau hal yang serupa lainnya, anda dapat memasang kembali aplikasi Driver Talent ini. Kemudian, anda bisa restore driver yang sudah anda backup sebelumnya. Langsung saja klik “Restore”. Kemudian, pilih saja driver yang mana yang akan anda kembalikan.

Kesimpulan

Dengan adanya aplikasi Driver Talent ini, mem-backup, restore, dan bahkan mencari driver baru menjadi lebih mudah. Jika menurut anda artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk komentar dan bagikan ke teman-teman anda melalui jejaring sosial.

Sekian artikel Cara Backup Driver Di Windows, semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa untuk Like Facebook Windowsku untuk mengetahui artikel menarik lainnya seperti artikel ini. Jika anda ingin meng-update driver, pastikan anda mengikuti 6 Cara Cepat Dan Tepat Untuk Update Driver Komputer Anda.

Artikel Terkait


Tentang Achmed Islamic Hernawan

Aku adalah seseorang yang menyukai teknologi. Bagiku, teknologi bukan membuat manusia menjadi malas. Namun tentang bagaimana menggunakan teknologi agar kita dapat mengerjakan hal lainnya, sehingga tidak menghabiskan waktu.

Ada tanggapan atau pertanyaan? Diam tidak selalu emas lho!

You have to agree to the comment policy.