Cara Membuat Survei Dan Formulir Online Dengan Google Forms

Cara Membuat Survei Dan Formulir Online Dengan Google Forms

Cara Membuat Survei Dan Formulir Online Dengan Google Forms – Jika anda memiliki website atau produk yang dijual, membuat sebuah survei untuk para pengguna dan pelanggan sangatlah penting. Informasi pada survei tersebut bisa anda gunakan untuk meningkatkan layanan anda. Survei online merupakan cara yang tepat untuk mendapatkan informasi-informasi tersebut.

Cara Membuat Survei Dan Formulir Online Dengan Google Forms

Dengan menggunakan Google Forms, anda dapat membuat survei atau segala jenis formulir lainnya dengan mudah. Yang anda perlukan adalah hanya Google Account anda dan anda sudah siap membuatnya. Berikut adalah cara membuat survei dan formulir online.

Cara Membuat Survei Dan Formulir Online Dengan Google Forms

Setelah anda mengunjungi Google Forms di browser anda, langsung saja klik “Buka Google Formulir”. Jika anda belum login, silahkan anda login terlebih dahulu dengan akun Google anda.

Memulai Membuat Formulir Dengan Google Forms

Kemudian, anda akan diberikan beberapa informasi mengenai apa saja yang bisa dilakukan oleh Google Forms. Langsung saja, klik “Get started”. Anda dapat membuat formulir dengan berbagai macam tanggapan. Berikut akan saya jelaskan mengenai tanggapan apa saja yang dapat anda buat di Google Forms.

Tanggapan: Memilih satu opsi

Tanggapan pertama yang bisa anda buat untuk pengunjung/pelanggan anda adalah memilih satu opsi. Maksud dari ini adalah anda dapat meminta orang-orang untuk memilih opsi yang tersedia dari pertanyaan yang anda ajukan.

Tanggapan Memilih Opsi

Contohnya adalah pada gambar diatas. Pertanyaan ini berjenis “multiple choice”. Jika formulir ini nantinya disebarkan, maka orang-orang dapat memilih beberapa opsi yang tersedia. Anda juga bisa menggunakan “Required question” agar orang-orang harus menjawab pertanyaan ini. Jika sudah, anda bisa mengklik “Add item” untuk menambah pertanyaan lagi.

Tanggapan: Skala

Jika anda membutuhkan jawaban dari orang-orang berdasarkan skala misalnya dari 1 hingga 10, anda dapat membuatnya dengan mudah di Google Forms.

Memberikan tanggapan berdasarkan skala

Jika anda memilih question type: Scale, maka anda dapat membuat pertanyaan berbentuk skala. Dalam hal ini, saya membuat skala dari 1 hingga 10. Dengan angka 1 dengan nilai Sangat Buruk dan nilai 10 untuk Sangat Keren.

Tanggapan: Memilih lebih dari satu opsi

Jika sebelumnya orang-orang hanya dapat memilih satu opsi, maka kali ini anda dapat membuat pertanyaan dengan banyak jawaban. Pertanyaan seperti ini bisa anda lakukan dengan menggunakan “Checkboxes”.

Tanggapan Memilih Dari Satu Opsi

Misalnya saja pertanyaan mengenai hobi. Karena hobi setiap orang berbeda-beda dan biasanya lebih dari satu, maka anda dapat memilih “Checkboxes” agar orang-orang dapat memilih dari satu opsi.

Tanggapan: Tanggal

Jika anda memiliki pertanyaan dengan jawaban mengenai tanggal, Google Forms juga memiliki fitur tersebut.

Tanggapan Tanggal

Seperti pada contoh pada gambar diatas, pertanyaan seperti tanggal lahir dapat anda berikan dengan memberikan jenis pertanyaan “Date”.

Tanggapan: Paragraf

Jika anda membutuhkan jawaban yang lumayan panjang dan terdiri dari banyak kalimat, maka “Paragraph text” sangat tepat untuk anda gunakan.

Tanggapan Paragraf

Kotak jawaban akan tersedia lebih besar dari yang lainnya. Orang-orang dapat memberikan jawaban panjangnya dengan mudah.

Dan masih ada yang lain lagi

Anda dapat membuat pertanyaan dengan jenis jawaban yang berbeda-beda. Jika anda sudah selesai membuat formulir anda, langsung saja klik “Send form”.

Membagikan Formulir Google Form

Anda dapat membagikan formulir yang baru saja anda buat di jejaring sosial anda. Atau jika anda memiliki website, anda dapat mengklik “Embed” untuk menaruhnya di website anda. Contohnya adalah di bawah ini:

Survei diatas hanyalah coba-coba saja. Jadinya anda tidak perlu mengisinya.

Kesimpulan

Membuat survei dan formulir apa saja menjadi lebih mudah dengan menggunakan Google Forms. Jika anda pernah menggunakan Google Forms, bagaimana pendapat anda? Silahkan bagikan pengalaman anda disini. Sekian artikel Cara Membuat Survei Dan Formulir Online Dengan Google Forms, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Gambar: yarranz Melalui FreeImage

Artikel Terkait


Tentang Achmed Islamic Hernawan

Aku adalah seseorang yang menyukai teknologi. Bagiku, teknologi bukan membuat manusia menjadi malas. Namun tentang bagaimana menggunakan teknologi agar kita dapat mengerjakan hal lainnya, sehingga tidak menghabiskan waktu.

Ada tanggapan atau pertanyaan? Diam tidak selalu emas lho!

You have to agree to the comment policy.