Cara Mengaktifkan Dark Theme Di Windows 10

Cara Mengaktifkan Dark Theme Di Windows 10 – Tampilan Windows 10 di update bulan Nopember 2015 membuat Windows 10 dapat beradaptasi dengan warna wallpaper komputer anda. Misalnya jika gambar anda memiliki warna yang dominan berwarna biru, maka Windows 10 dapat menirukannya untuk beberapa elemen, seperti Taskbar dan Start Menu.

Windows 10 Setelah Update Bulan November 2015

Seperti yang anda lihat pada gambar diatas, karena saya menggunakan wallpaper default Windows 10, maka Taskbar dan Start Menu menggunakan warna yang mirip dengan wallpaper. Lalu, bagaimana jika anda ingin menggunakan warna gelap untuk keseluruhan Windows 10?

Cara Mengaktifkan Dark Theme Di Windows 10

Di artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara mengaktifkan Dark Theme di Windows 10. Dark Theme yang akan kita implementasikan akan tampil secara system-wide. Beberapa aplikasi modern seperti Windows Store dan Juga Microsoft Edge juga akan kita ubah tampilannya menjadi gelap.

Mengaktifkan Dark Theme Untuk Keseluruhan Sistem (System-Wide)

Pengguna Windows 10 Mobile nantinya dapat menikmati fitur ini. Namun untuk pengguna Windows 10 di komputer, hingga saat ini Microsoft belum berencana untuk menambahkan fitur tersebut. Tapi anda tidak perlu khawatir, karena anda bisa mengubah sedikit pengaturan di registry agar dapat menikmati Dark Theme di Windows 10.

Cara Mengaktifkan Dark Theme Di Windows 10

Tapi untuk kenyamanan anda, anda tidak perlu mengubah pengaturan registry. Silahkan anda download pengaturan registry untuk Dark Theme di Windows 10. Kemudian, anda bisa klik dobel “Windows 10 Dark Theme”. Langsung saja klik “Yes” untuk langsung mengubah registry anda.  Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah Sign out Windows 10 dan Sign in kembali untuk menerapkan Dark Theme. 

Dark Theme Di Windows 10

Tapi tunggu, Taskbar dan Start Menu pada gambar diatas masih berwarna biru. Ya, pengubahan registry yang baru saja anda lakukan hanya mengubah tampilan beberapa aplikasi seperti settings dan lain-lain.

Cara Mengubah Warna Taskbar Dan Start Menu

Untuk mengubah warna Taskbar dan Start Menu, klik kanan pada desktop dan klik “Personalize”. Kemudian, klik “Colors”. Pada bagian “Choose a color”, ubah pengaturannya menjadi “Off”. Kemudian, pilih warna Taskbar dan Start Menu menjadi warna sesuai dengan gambar diatas. Warna tersebut merupakan warna yang terdekat dengan warna hitam.

Mengubah Warna Start Taskbar

Kemudian pada “Show color on Start, taskbar, action center, and title bar”, ubah pengaturannya menjadi “Off”. Untuk yang “Make Start, taskbar, and action center transparent”, opsi ini tergantung anda. Jika anda ingin warnanya transparan, maka biarkan saja “On”.

Dark Theme Untuk Microsoft Edge

Dark Theme Di Microsoft Edge

Jika anda pengguna Microsoft Edge, anda juga dapat menggunakan Dark Theme. Caranya adalah dengan mengakses menu “Settings” dan pilihlah “Dark” pada bagian “Choose a theme”. Cara ini juga sudah saya tulis di artikel “7 tips untuk Microsoft Edge yang harus anda ketahui“.

Dark Theme untuk Mail Apps

Dark Theme Untuk Mail

Selain Microsoft Edge, Mail Apps juga dapat diubah tampilannya menjadi gelap. Buka saja “Mail” dan klik icon “Settings”. Kemudian, pilih “Dark theme”.

Hasil Dark Theme Di Windows 10

Sejauh ini, tampilan Dark Theme yang kita buat bisa dilihat pada gambar diatas. Namun, ada beberapa hal yang kurang di dalam pengaturan tersebut. Ya, aplikasi tradisional masih menggunakan warna biasa.

Dark Theme untuk Traditional Application (Aplikasi Tradisional)

Jika anda menggunakan aplikasi tradisional seperti File Explorer dan aplikasi lainnya, maka tampilannya masih akan tetap sama. Opsi satu-satunya untuk mengubah tampilannya menjadi gelap yaitu menggunakan tema “High Contrast”. Tema ini secara drastis akan mengubah tampilannya menjadi gelap, namun desain tampilannya tidaklah terlalu menarik.

Mengubah Tema Windows 10

Sekarang, buka Control Panel dan klik “Change the theme”. 

Menggunakan Tema High Contrast

Silahkan anda pilih 3 tema yang tersedia untuk warna gelap.

Tampilan High Contrast Windows 10

Jika anda benar-benar senang dengan tema gelap, tema “High Contrast” ini adalah opsi satu-satunya. Tampilannya memang tak seindah tema bawaan Windows 10. Saya sarankan anda untuk menggunakan pengaturan sebelumnya.

Kesimpulan

Akhirnya artikel ini sudah selesai. Lalu, bagaimana menurut anda? Bagikan ke teman-teman anda jika anda merasa artikel ini keren dan bermanfaat! Jika anda ingin mempercepat game anda, anda bisa melihat artikel “Meningkatkan performa game dengan Razer Cortex“.

Sekian artikel Cara Mengaktifkan Dark Theme Di Windows 10, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Artikel Terkait

Tinggalkan sebuah komentar

You have to agree to the comment policy.