Cara Menggunakan System Restore Di Windows 10 2

Cara Menggunakan System Restore Di Windows 10

System Restore adalah sebuah fitur di Windows yang memungkinkan anda untuk mengembalikan pengaturan Windows sebelum terjadinya kejadian tertentu. System Restore biasanya digunakan pada saat Windows anda terkena masalah atau error dan System Restore dapat mengembalikan keadaan sistem sebelum masalah tersebut muncul.

System Restore sangat direkomendasikan untuk digunakan kapan saja ketika anda mengalami masalah terhadap Windows anda. Secara default, System Restore dihidupkan dan akan membuat backup terhadap pengaturan di Windows secara otomatis dan berkala.

Jika anda bingung bagaimana menggunakan fitur ini, berikut ulasannya untuk anda.

Cara Menggunakan System Restore Di Windows 10

Cara membuka System Restore di Windows 10

Untuk mengakses System Restore, anda dapat mengetikkan “recovery” di Start Menu dan tekan enter. Kemudian, klik “Open System Restore”. Langsung saja, klik Next untuk melanjutkan.

Cara memilih System Restore Point

Pada Window selanjutnya, anda diharuskan untuk memilih System Restore Point. Seperti yang dikatakan sebelumnya, Windows secara otomatis akan membuat System Restore Point secara berkala. Sebenarnya, anda dapat membuat System Restore Point secara manual, sesuai keinginan anda. Caranya akan dibahas selanjutnya. Untuk melihat lebih banyak System Restore Point, anda bisa memberikan tanda centang pada “Show more restore points”. Jika sudah, klik “Next”.

Informasi Mengenai System Restore

Kemudian, Windows akan memberikan informasi terakhir mengenai System Restore yang akan anda lakukan. Langsung saja, klik “Finish” untuk memulai. Tunggu beberapa saat hingga proses kelar. Komputer akan me-restart dengan sendirinya.

Cara membuat System Restore Point

Cara membuat System Restore Point

Anda dapat membuat System Restore Point kapan saja. Caranya adalah dengan mengetikkan “create a restore” dan menekan enter untuk menjalankan perintah “Create a Restore Point”. Kemudian, klik saja tombol “Create”.

Memberi Nama Pada Restore Point

Selanjutnya, berikan nama untuk Restore Point anda. Namanya terserah anda. Jika sudah, klik “Create”. Tunggu hingga prosesnya selesai.

Melihat Restore Point Yang Baru

Restore Point yang anda buat akan terlihat jika anda membuka System Restore seperti pada gambar diatas.

Kapan anda seharusnya membuat System Restore Point?

Anda dapat membuat Restore Point ketika anda ingin mencoba program yang mungkin belum dapat anda percaya. Atau, anda saat ini sedang mengutak-atik pengaturan Windows. Membuat Restore Point sebelum melakukan hal-hal tersebut akan sangat membantu anda.

Kesimpulan

Menggunakan System Restore di Windows 10 sangatlah mudah. Dengan artikel ini, anda sudah mengerti bagaimana cara kerjanya dan cara menggunakannya. Sekian artikel Cara Menggunakan System Restore Di Windows 10, semoga bermanfaat untuk anda.

Artikel Terkait


Tentang Achmed Islamic Hernawan

Aku adalah seseorang yang menyukai teknologi. Bagiku, teknologi bukan membuat manusia menjadi malas. Namun tentang bagaimana menggunakan teknologi agar kita dapat mengerjakan hal lainnya, sehingga tidak menghabiskan waktu.


Ada tanggapan atau pertanyaan? Diam tidak selalu emas lho!

You have to agree to the comment policy.

2 pemikiran di “Cara Menggunakan System Restore Di Windows 10