Cara Menghemat Kuota Internet Di Android Dengan Opera Max


Cara Menghemat Kuota Internet – Jauh dari Wi-Fi bukan berarti perangkat Android anda tidak terkoneksi internet untuk menjaga kuota agar tidak habis. Tidak seperti dulu, dimana banyak sekali operator Indonesia yang menawarkan paket internet unlimited, saat ini operator lebih banyak menawarkan paket internet yang memiliki kuota.

Saya juga tidak tahu kenapa kebanyakan operator di Indonesia melakukan hal itu. Mungkin dulu karena orang-orang lebih banyak menggunakan modem untuk terkoneksi internet melalui komputer. Karena jaman sekarang smartphone sudah ada di mana-mana, operator ingin anda untuk terus membeli paket internet jika kuota anda habis.

Namun tak perlu khawatir, kali ini Windowsku akan berikan tips agar kuota anda tetap hemat, walaupun terkoneksi internet selama 24 jam di smartphone anda.

Cara Menghemat Kuota Internet Di Android Dengan Opera Max

Di Android, ada aplikasi yang dapat menghemat penggunaan internet dengan cara mengkompres data secara keseluruhan. Maksud dari keseluruhan ini adalah tidak hanya mengkompres data dari browser saja, namun di aplikasi lainnya. Aplikasi ini menggunakan VPN untuk bisa melakukan hal itu.

Cara kerja Opera Max

Opera Max dapat menghemat penggunaan internet dengan menggunakan VPN. VPN atau Virtual Private Network sebenarnya adalah teknologi dari jaringan yang memungkinkan anda untuk terkoneksi dengan server perusahaan secara aman, berkat adanya autentikasi password yang unik.

Namun, Opera menggunakan servernya untuk mengkompresi data. Jadinya, jika anda berinternet dengan Opera Max, server opera akan mengkompresnya terlebih dahulu, barulah datanya dikirmkan ke smartphone anda.

Menggunakan Opera Max

Silahkan anda download Opera Max terlebih dahulu. Kali ini, saya akan bagikan pengalaman saya menggunakan Opera Max kurang lebih 1 bulan ini.

BACA JUGA:  Hidupkan atau Mematikan Aero Peek

Opera Max dapat mengkompresi data dari 2 koneksi. Anda bisa mengkompres dari jaringan Wi-Fi maupun dari jaringan Mobile Data. Namun, Opera Max sejatinya sangat tepat digunakan jika anda terkoneksi dengan operator selular.

Opera Max Penggunaan Data Mobile

Seperti yang saya katakan sebelumnya, Opera Max dapat mengkompres penggunaan data, tidak hanya browser, namun juga aplikasi lain. Bisa anda lihat penggunaan data saya pada gambar diatas. Saya sering sekali menggunakan aplikasi Lazada. Dari gambar diatas, anda bisa melihat bahwa penggunaan data saya dalam menggunakan aplikasi Lazada sudah dikompres sampai 9MB. Dan saya hanya menggunakan 5.5MB saja sebagai hasil kompresi. Gambar diatas merupakan penggunaan data melalui Mobile Data.

Cara mengakses menu di Opera Max

Jika anda ingin melihat penggunaan data dengan Wi-Fi, anda bisa mengakses menu Opera dan menyentuh “Wi-Fi Usage”.

Melihat penghematan data WiFi

Sama seperti sebelumnya, Opera Max akan menampilkan penghematan daya jika anda menggunakan Wi-Fi. Dilihat dari gambar diatas, YouTube berhasil dikompresi yang angkanya mencapai 19.9MB! Kesimpulannya, Opera Max dapat mengkompresi video juga.

Mengatur tingkat kompresi data

Semua data yang anda lihat merupakan hasil kompresi dengan tingkat kompresi yang paling tinggi. Ya, sebenarnya anda dapat mengatur seberapa besar kompresi yang dilakukan. Anda dapat mengakses Settings untuk mengatur hal tersebut.

Cara mengatur tingkat kompresi data di Opera Max

Secara default, pengaturan tingkat kompresi diatur High untuk semuanya. Sehingga foto, video, dan musik terkompresi dengan tingkat kompresi yang tinggi. Perlu diperhatikan bahwa semakin tinggi tingkat kompresinya, maka kualitasnya akan turun. Namun, selama saya menggunakan Opera Max, penurunan kualitasnya tidaklah terlalu signifikan. Sehingga saya tidak pernah mempermasalahkan kualitasnya.

Melarang aplikasi untuk menggunakan internet

Jika anda ingin melarang beberapa aplikasi untuk mengakses internet, anda juga dapat melakukan hal tersebut. Buka saja menu “App management”.

BACA JUGA:  Mengatur Waktu Muncul Dari Taskbar Previews

Melarang Aplikasi Untuk Mengakses Internet

Anda dapat menyentuh aplikasi yang ada di panel kiri untuk melarang aplikasi tersebut untuk mengakses internet. Perlu diperhatikan bahwa gambar diatas digunakan untuk melarang akses internet pada penggunaan data selular. Jika menggunakan Wi-Fi, anda juga bisa mengubahnya lewat tab “Wi-Fi Access”.

Kesimpulan

Saya sangat merekomendasikan aplikasi ini ke semua orang yang menggunakan Android. Sampai saat ini, saya belum memiliki komentar negatif untuk aplikasi ini. Dengan menggunakan aplikasi ini, anda dapat menghemat banyak sekali kuota internet dengan cara yang sangat mudah. Sekian artikel Cara Menghemat Kuota Internet Di Android Dengan Opera Max, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Gambar: Christoph von Hunnius


Tentang Achmed Islamic Hernawan

Aku adalah seseorang yang menyukai teknologi. Bagiku, teknologi bukan membuat manusia menjadi malas. Namun tentang bagaimana menggunakan teknologi agar kita dapat mengerjakan hal lainnya, sehingga tidak menghabiskan waktu.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *