Cara Mengunci Folder Di Windows Dengan Easy File Locker

Folder Header

Dengan Windows/File Explorer, anda bisa melihat dan membuka data-data yang tersimpan di komputer anda. Namun, bagaimana jika ada data ‘rahasia’ yang ingin anda sembunyikan atau lindungi? Apakah anda tahu bagaimana cara mengunci folder di Windows? Dengan aplikasi Easy File Locker dengan ukuran kurang dari 1 MB, anda bisa melakukan itu semua.

Cara Mengunci Folder Di Windows Dengan Easy File Locker

Di artikel ini, anda akan mengetahui bagaimana cara menggunakan Easy File Locker untuk mengunci data-data anda, sehingga hanya anda saja yang dapat membukanya. Anda juga bisa mengatur hak akses lainnya, seperti hak akses untuk menghapus dan melihat data.

Easy File Locker

Tampilan Utama Easy File Locker

Setelah anda unduh dengan mengklik tautan diatas, silahkan anda install dan buka aplikasinya. Tampilan utamanya seperti pada gambar diatas.

Menambahkan File Folder Ke Easy File Locker

Untuk menambahkan file/folder untuk dilindungi, klik saja menu Edit>Add file/Add folder. Untuk contoh kali ini, saya ingin menyembunyikan folder.

Memilih Folder Yang Ingin Disembunyikan

Silahkan anda klik tombol “…” untuk memilih folder.

Memilih Hak Akses Folder

Jika sudah, anda bisa perhatikan yang bagian “The file or folder will be:”. Berikut masing-masing fungsinya:

  1. Accessible: Data anda dapat diakses.
  2. Writeable: Data anda dapat ditulis/ditambah datanya.
  3. Deleteable: Data anda dapat dihapus.
  4. Visible: Data anda dapat terlihat

Jika anda centang, maka data anda dapat melakukan hal-hal yang disebutkan diatas. Karena di contoh ini saya tidak mencentang apa-apa, berarti datanya tidak dapat di akses, tidak dapat ditambah datanya, tidak dapat dihapus, dan tidak dapat dilihat. Jika sudah, klik OK.

Data Sebelum Diproteksi Data Sesudah Diproteksi

2 gambar di atas merupakan sesudah dan sebelum menggunakan Easy File Locker. Saya bermaksud untuk memproteksi dan menghilangkan folder “Log Horizon”. Setelah menggunakan aplikasinya, folder tersebut sudah hilang dan tidak dapat diakses oleh siapapun.

Kesimpulan

Setelah anda melakukan itu semua seperti di artikel ini, anda pastinya sudah berhasil mengamankan data-data pribadi anda. Apakah anda memiliki cara lain untuk memproteksi data anda? Silahkan bagikan di kotak komentar. Sekian artikel Cara Mengunci Folder Di Windows Dengan Easy File Locker, semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa untuk Like Facebook Windowsku untuk mendapatkan artikel menarik lainnya.

Artikel Terkait

Tinggalkan sebuah komentar

You have to agree to the comment policy.