Cara Mengurangi Pemakaian Data Di Google Chrome Untuk Desktop Dan Android


Jika anda menggunakan paket data yang memiliki kuota, anda harus bijak dalam menggunakannya. Harga yang bervariasi dari operator, membuat kita harus jeli dalam memilihnya. Untuk itu, anda harus tahu bagaimana cara mengurangi pemakaian data di Google Chrome untuk Desktop dan Android, sehingga paket data anda akan bertahan lebih lama.

Cara Mengurangi Pemakaian Data Di Google Chrome Untuk Desktop Dan Android

Entah itu anda menggunakan Google Chrome untuk Desktop (Windows, Mac, dan Linux) atau untuk Android dan iOS, tips ini bisa anda gunakan untuk semua sistem operasi diatas. Langsung saja, ini dia caranya.

Google Chrome untuk Android

Fitur penghemat data di Chrome sebenarnya sudah rilis tahun ini untuk semua Android. Yang jadi pertanyaannya adalah apakah anda menggunakannya?

Data Saver Di Chrome Untuk Android

Jika anda belum tahu bagaimana cara mengaktifkannya, anda bisa buka Chrome di Android, kemudian sentuh menunya dan klik “Settings”. Kemudian, geser ke bawah hingga anda menemukan opsi “Data Saver”. Terakhir, silahkan sentuh “Off” untuk membuat panelnya menjadi “On”.

Google Chrome untuk Desktop

Secara default, Google Chrome untuk desktop tidak dilengkapi dengan fitur penghemat data. Namun jika anda menginginkannya, anda bisa mengunduh ekstensi “Data Saver” di Google Web Store.

Data Saver Untuk Chrome

Silahkan anda unduh Data Saver untuk Chrome, kemudian pasang di Google Chrome anda. Setelah anda pasang, maka akan ada icon baru Data Saver di pojok kanan atas layar anda.

Memantau Data Saver

Disana anda bisa melihat berapa banyak Data Saver menghemat data anda. Gunakan tips ini jika anda tethering dari Smartphone anda untuk menghemat data.

Berapa banyak Data Saver akan menghemat paket data?

Jawabannya sangat tergantung dari website yang anda kunjungi. Google mengklaim bahwa Data Saver bisa mengkompres data hingga 50%. Perlu diingat juga bahwa Data Saver di Chrome tidak akan mengkompres data dari situs dengan protokol https. Jika anda membuka Facebook atau Twitter dari Chrome dengan https, maka web tidak akan dikompres.

BACA JUGA:  Tampilan Windowsku Baru! Smart Menu Untuk Desktop dan Mobile

Kesimpulan

Dengan menghemat paket data yang anda miliki, kekhawatiran anda kehabisan kuota bisa diatasi. Selain di Chrome, anda juga bisa melihat artikel Cara Menghemat Kuota Internet Di Android Dengan Opera Max serta Tips Menghemat Kuota Internet Di Windows.

Sekian artikel Cara Mengurangi Pemakaian Data Di Google Chrome Untuk Desktop Dan Android, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk Like Facebook Windowsku agar artikel baru dari Windowsku dapat hadir langsung di beranda anda.


Tentang Achmed Islamic Hernawan

Aku adalah seseorang yang menyukai teknologi. Bagiku, teknologi bukan membuat manusia menjadi malas. Namun tentang bagaimana menggunakan teknologi agar kita dapat mengerjakan hal lainnya, sehingga tidak menghabiskan waktu.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *