Cara Shutdown Otomatis Di Windows


Cara Shutdown Otomatis Di Windows – Apakah anda adalah orang yang sering tidak mematikan komputer? Ya, saya juga seperti itu. Terutama pada waktu malam hari. Ketika badan sudah letih dengan semua rutinitas, akhirnya saya lebih memilih tidur tanpa mematikan komputer. Hal tersebut tentu tidaklah baik. Disamping boros listrik, hal tersebut akan mengurangi masa pakai laptop itu sendiri.

Cara Shutdown Otomatis Di Windows

Pada artikel ini, Windowsku akan membahas beberapa cara yang bisa anda terapkan agar Windows secara otomatis mematikan dirinya sendiri pada waktu tertentu. Langsung saja, ini dia cara shutdown otomatis di Windows.

Menggunakan Task Scheduler

Task Scheduler adalah aplikasi bawaan yang ada di setiap komputer dengan sistem operasi Windows. Sesuai namanya, aplikasi ini dapat menjalankan tugas berdasarkan jadwal yang ditentukan.

Cara Membuka Task Scheduler Di Windows

Silahkan buka Task Scheduler dengan cara pergi ke Start menu dan ketik “task scheduler” dan tekan enter.

Create Basic Task Di Task Scheduler

Kemudian, klik saja “Create Basic Task” untuk membuat tugas baru.

Memberi Nama Pada Task

Pada window pertama, anda akan diminta untuk memberikan nama dan beberapa deskripsi. Cukup isikan saja nama dari tugas yang akan dijalankan. Seperti pada gambar diatas, saya namakan tugas ini “Shutdown”. Tentu saja, anda bebas memberi namanya. Jika sudah, klik “Next”.

Menentukan Kapan Tugas Akan Dijalankan Di Task Scheduler

Langkah selanjutnya, anda tentukan berapa frekuensi tugas tersebut dijalankan. Untuk percobaan saja, saya disini memilih “One time”. Jika sudah, klik “Next”.

Mengatur Waktu Kapan Tugas Dijalankan Di Task Scheduler

Kemudian, tentukan kapan tugas tersebut dijalankan. Pada gambar diatas, saya tentukan bahwa hari ini pada jam 10 malam, komputer akan otomatis shutdown. Tentukan sesuai keinginan anda. Jika sudah, klik “Next”.

Start A Program Di Task Scheduler

Kemudian, pilih saja “Start a program”. Kemudian, klik “Next”.

Mencari Shutdown.exe

Selanjutnya, anda akan diminta untuk mencari program yang akan dijalankan. Klik saja “Browse”. Lalu, carilah program “shutdown.exe” seperti pada gambar diatas. Direktori untuk “shutdown.exe” adalah di C:\Windows\System32.

Memberikan Argumen Tambahan Di Task Scheduler

Jika sudah selesai mencari “shutdown.exe”, jangan terburu-buru terlebih dahulu. Berikan argumen baru pada kolom “Add arguments (optional)” dengan perintah “-s” seperti pada gambar diatas (tanpa tanda kutip). Jika sudah, klik “Next”.

Informasi Lengkap Mengenai Tugas Shutdown

Window terakhir ini akan memberikan anda informasi mengenai tugas yang akan anda buat. Jika sudah seperti pada gambar diatas, klik saja “Finish”.

Jika anda mengikuti tutorial ini, maka komputer anda akan mati dengan sendirinya pada jam 10 malam nanti jika komputer anda masih nyala.

Bonus Tips

Selain menggunakan Task Scheduler, anda dapat mematikan komputer secara otomatis dengan cara lain, yaitu menggunakan “Run”. 

Mematikan Komputer Dengan Run

Dengan memberikan perintah “shutdown -s -t (waktu)”, anda dapat mematikan komputer secara otomatis. Waktu disini menggunakan detik. Karena pada gambar diatas saya memasukkan 600, maka komputer akan mati 600 detik/10 menit setelah perintah ini dijalankan. Tentu saja, anda dapat memasukkan angka selain 600.

Kesimpulan

Jika anda mencari cara shutdown otomatis di Windows, artikel ini akan menjawab pertanyaan anda. Jika anda memiliki cara lain yang lebih efektif, anda dapat membagikannya di kotak komentar yang disediakan.

Jika anda ingin mempercepat Windows 10 anda, pastinya anda harus melihat artikel dibawah ini untuk tahu jawabannya.

http://windowsku.com/10-tips-mempercepat-kinerja-windows-10/

Sekian artikel Cara Shutdown Otomatis di Windows, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Gambar: tookapic Melalui PixaBay

 

Artikel Terkait


Tentang Achmed Islamic Hernawan

Aku adalah seseorang yang menyukai teknologi. Bagiku, teknologi bukan membuat manusia menjadi malas. Namun tentang bagaimana menggunakan teknologi agar kita dapat mengerjakan hal lainnya, sehingga tidak menghabiskan waktu.

Ada tanggapan atau pertanyaan? Diam tidak selalu emas lho!

You have to agree to the comment policy.