Cara Upgrade Ubuntu 14.04 Ke Ubuntu 16.04 (LTS ke LTS) 2

Cara Upgrade Ubuntu 14.04 Ke Ubuntu 16.04 (LTS ke LTS)

Tahukah anda hari ini adalah hari apa? Selain hari ini adalah hari kartini, Ubuntu 16.04 akan rilis untuk semua pengguna Ubuntu versi sebelumnya. Pada saat artikel ini ditulis, memang update-nya belum ada. Tapi, anda perlu tahu bagaimana cara upgrade Ubuntu 14.04 ke Ubuntu 16.04 jika upgrade-nya sudah tersedia.

Cara Upgrade Ubuntu 14.04 Ke Ubuntu 16.04 (LTS ke LTS)

Karena Ubuntu 14.04 adalah rilis dengan jenis LTS, maka banyak perubahan yang akan anda rasakan jika upgrade ke Ubuntu 16.04. Saya pun akan meng-upgrade-nya ketika update-nya hadir. Dan saya akan membahas apa saja yang baru di artikel selanjutnya. Langsung saja, ini dia caranya.

Mencari Software & Updates

Buka Dash anda dan ketik “update”. Lalu, klik saja “Software & Updates”.

Cara Upgrade Ubuntu 14.04 Ke Ubuntu 16.04 (LTS ke LTS)

Pastikan pengaturan “Updates” anda seperti pada gambar diatas. Silahkan anda beri tanda centang di “Install updates from” pada “important security updates” dan “recommended updates”. Terutama pengaturan pada “Notify me of a new Ubuntu version:”. Silahkan anda pilih “For long-term support versions”.

Mencari Update Terbaru

Kemudian, buka kembali Dash anda dan ketik “Update” seperti cara sebelumnya. Kali ini, pilih “Software Updater”. Ubuntu akan mencari update terbaru untuk komputer anda. Ya, pastikan update yang paling terbaru sudah terpasang di komputer anda sebelum anda update ke Ubuntu 16.04.

Update Ubuntu Sudah Lengkap

Jika anda sudah install seluruh pembaruan untuk Ubuntu anda, maka akan keluar pemberitahuan seperti diatas. Jika sudah, maka Ubuntu 16.04 sudah siap anda install ketika upgrade-nya sudah rilis di hari ini!

Kesimpulan

Sebelum anda memasang Ubuntu 16.04, sangat dianjurkan untuk anda mem-backup data-data komputer. Walaupun sangat jarang sekali terjadi error pada saat upgrade dari LTS ke LTS, namun backup tetap disarankan. Sekian artikel Cara Upgrade Ubuntu 14.04 Ke Ubuntu 16.04 (LTS ke LTS), semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lup untuk Like Facebook Windowsku untuk mendapatkan artikel menarik lainnya seperti artikel ini.

Apakah space harddisk anda kurang untuk upgrade ke Ubuntu 16.04? Silahkan ikuti artikel ini untuk menambah ruang data: Cara Menambah Ruang Data Dengan Instan Di Ubuntu.

Artikel Terkait


Tentang Achmed Islamic Hernawan

Aku adalah seseorang yang menyukai teknologi. Bagiku, teknologi bukan membuat manusia menjadi malas. Namun tentang bagaimana menggunakan teknologi agar kita dapat mengerjakan hal lainnya, sehingga tidak menghabiskan waktu.


Ada tanggapan atau pertanyaan? Diam tidak selalu emas lho!

You have to agree to the comment policy.

2 pemikiran di “Cara Upgrade Ubuntu 14.04 Ke Ubuntu 16.04 (LTS ke LTS)