9 Easter Egg Dan Bug Aneh Di Windows Yang Harus Anda Lihat

9 Easter Egg Dan Bug Aneh Di Windows Yang Harus Anda Lihat

Bug atau masalah dalam dunia perangkat lunak pasti selalu ada. Entah itu di smartphone maupun di laptop anda. Namun bug yang kali ini akan kita bahas beserta Easter Egg mungkin memang ‘disengaja’ dibiarkan oleh Microsoft di Windows supaya kita menemukannya. Karena ada beberapa bug dan easter egg yang sudah ada dari zamannya Windows XP.

9 Easter Egg Dan Bug Aneh Di Windows Yang Harus Anda Lihat

Kali ini, penulis mencoba menggali apa saja Easter Egg dan Bug aneh di Windows yang mungkin menarik untuk ditemukan. Bug-bug ini tentu tidak akan mengganggu atau merusak Windows anda dan sangat aman jika kita temukan bersama sesuai artikel ini. Yuk, mari kita temukan bersama.

1. Star Wars CMD Mode

Sebagai awal dari artikel Easter Egg dan Bug aneh di Windows, kita akan membahas easter egg di Windows yang dapat dengan mudah anda lihat yaitu Star Wars. Siapa sangka bahwa ada Star Wars terpasang di Windows tanpa anda harus memasang aplikasi pihak ketiga. Easter egg ini muncul menggunakan Command Prompt. Anda dapat melihat easter egg ini selama Windows anda mendukung Telnet, termasuk Windows 10.

Aktifkan Telnet Di Windows Features Windows 10

Untuk mengaktifkannya, anda perlu mengaktifkan fitur Telnet di Windows anda. Caranya adalah buka Start dan ketik “turn windows feature” dan tekan enter. Kemudian beri tanda centang pada Telnet seperti gambar diatas. Tunggu beberapa saat sampai Telnet terpasang.

telnet towel.blinkenlights.nl

Jika sudah, tekan tombol Windows + R. Copy dan Paste teks diatas, lalu tekan enter.

Easter Egg Star Wars Windows 10

Tampilannya akan menjadi seperti gambar diatas. Sangat menarik untuk kita lihat bagaimana easter egg Star Wars diatas dibuat dengan karakter ASCII.

2. God Mode

Fitur God Mode yang dimulai dari Windows Vista ini masih bisa anda gunakan sampai Windows 10. God Mode ini merupakan shortcut untuk membuka seluruh pengaturan yang bisa anda lakukan di Windows dalam satu folder. Dan cara mengaktifkannya pun sangat mudah.

GodMode.{ED7BA470-8E54-465E-825C-99712043E01C}

Copy teks diatas. Kemudian, buat folder baru di mana saja anda suka. Lalu, paste teks diatas sebagai nama dari folder tersebut. Tekan enter jika sudah selesai.

God Mode Windows 10

Silahkan anda klik dobel folder yang anda buat. Maka, anda bisa menemukan seluruh pengaturan Windows di satu tempat. Sebagai tips, anda bisa menggunakan kotak pencarian untuk menemukan pengaturan mana yang ingin anda buka.

TIps lainnya, anda bisa merubah nama foldernya. Ubah saja teks “GodMode” menjadi teks lain sesuai keinginan anda.

3. Phone Dialer

Pada tahun 1990-an, Windows bisa anda gunakan untuk menelpon seseorang, jika komputer anda memiliki port telepon. Di zaman modern ini, pastinya sangat jarang ada komputer dengan port seperti itu. Namun Microsoft tidak menghapus aplikasi Phone Dialer di Windows, padahal sudah sangat jarang orang gunakan.

Dialer Windows 10

Anda masih dapat mengaksesnya dengan menekan tombol Windows + R. Kemudian ketik “dialer” dan tekan enter.

4. Keluar dari Explorer (Exit Explorer)

Agar Start Menu atau File Explorer berjalan, Windows secara otomatis akan menjalankan file “explorer.exe” setiap kali anda menghidupkan komputer. Tanpa file tersebut, secara teknis anda tidak dapat menggunakan komputer anda, karena anda tidak menemukan aplikasi tanpa adanya start menu maupun shortcut yang ada di desktop.

Exit Explorer Windows 10

Jika anda memiliki masalah dengan Explorer, anda bisa menghentikan prosesnya tanpa perlu harus membuka Task Manager. Jika anda menggunakan Windows 10, caranya adalah tekan tombol CTRL + Shift dan klik kanan pada ruang kosong di taskbar. Jika anda menggunakan Windows selain Windows 10 namun tak menemukan opsinya seperti gambar diatas, tekan tombol CTRL + Shift dan klik kanan pada tombol Start di pojok kiri bawah.

5. Nomor port dari game Doom

Doom Game

Game Doom pertama kali dirilis pada tahun 1995 untuk Windows. Pada saat itu, game tersebut menggunakan nomor port 666 agar dapat berjalan. Sampai saat ini, nomor port tersebut masih tersimpan di Windows, walaupun mungkin sudah tidak ada lagi orang yang memainkan game diatas.

Cara Membuka File Services Windows

Jika anda penasaran dimana bisa anda melihatnya, buka Notepad. Kemudian, klik File > Open. Arahkan ke C:\Windows\System32\drivers\etc. Kemudian, ketik “services” pada kolom “File Name” seperti gambar diatas dan tekan enter. Jika anda cari, maka akan ada port 666 yang dipakai oleh game Doom seperti gambar dibawah ini.

Nomor Port Game Doom

6. Tidak semua kata bisa dijadikan nama folder

Membuat nama untuk folder di Windows sangatlah mudah dan pastinya anda pikir semua kata bisa digunakan. Namun kenyataannya tidak. Ada beberapa kata yang tidak bisa anda pakai, karena kata tersebut sudah di gunakan oleh Windows. Berikut kata-kata yang tidak dapat anda pakai untuk menamakan folder:

PRN, AUX, LPT# (silahkan ganti # menjadi nomor), COM#, NUL, and CLOCK$

Error Mengganti Nama Folder Windows

Semua nama-nama tersebut sudah lama digunakan mulai dari MS-DOS. Dan tetap ada sampai versi Windows terbaru yaitu Windows 10.

7. Slide to Shut Down

Slide To Shut Down

Ada banyak cara untuk mematikan komputer. Namun, ada satu cara yang disembunyikan oleh Microsoft, yaitu Slide to Shut Down. Cara ini sangat tepat jika anda menggunakan Windows di perangkat tablet atau yang memiliki layar sentuh. Yang perlu anda lakukan adalah geser ke bawah, agar komputer anda mati.

Jika anda dalam mode Tablet, anda bisa menekan tombol power selama 3-5 detik dan geser ke bawah dengan jari anda. Jika anda menggunakan mode desktop, anda perlu menambahkannya ke Taskbar atau ke layar desktop anda. Buka File Explorer dan arahkan ke C:\Windows\System32, kemudian cari file dengan nama “SlideToShutDown.exe”. Anda bisa membuat shortcut ke desktop maupun ke taskbar. Untuk mematikan komputer, anda cukup mengklik dobel shortcut tersebut.

8. “Diskmark” di Notepad

Bug Diskmark Windows

Bug aneh yang bisa anda temukan adalah mengenai kata “Diskmark”. Cara agar anda mendapatkan tulisan diatas adalah dengan cara mengetik “Diskmark” (tanpa tanda kutip). Kemudian, silahkan copy dan paste berulang kali tanpa spasi. Kemudian, simpan file tersebut dengan nama file apa saja. Setelah disimpan, tutup Notepad dan buka kembali file yang baru saja anda simpan. Maka, anda akan mendapatkan tampilan seperti diatas.

9. Easter Egg di Microsoft Word

Easter Egg Microsoft Word

Daftar terakhir dari artikel Easter Egg dan Bug aneh di Windows terdapat di Microsoft Word. Ada satu hal unik yang bisa anda lakukan disana. Karena ini bukan bug, penulis kategorikan sebagai Easter Egg. Coba anda ketik di Microsoft Word seperti dibawah ini:

=rand(6,10)

Setelah anda ketik atau anda copy & paste, tekan enter. Maka Microsoft Word akan membuat 6 paragraf dan di setiap paragraf, ada 10 kalimat. Tentu anda bisa mengubah 6 dan 10 ke angka yang lainnya. Anda bisa melakukan hal ini bahkan mulai dari Office 97 hingga Office 2016. Yang membedakan adalah hasil kalimatnya. Untuk gambar animasi diatas, penulis menggunakan Microsoft Office 2016.

Kesimpulan

Dari 9 Easter Egg dan Bug aneh yang kita coba bersama, manakah yang paling unik menurut kalian? Apakah anda memiliki easter egg atau bug lagi yang lain? Jangan lupa bagikan di kotak komentar. Siapa tahu komentar kalian akan masuk di artikel ini.

Sekian artikel 9 Easter Egg Dan Bug Aneh Di Windows Yang Harus Anda Lihat, semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa berlangganan dengan cara Like Facebook-nya atau berlangganan lewat email.

Artikel Terkait

Tinggalkan sebuah komentar

You have to agree to the comment policy.