Fakta Mencengangkan Tentang Klik Kanan > Refresh Di Windows. Stop Klik Tombol Tersebut!

Fakta Mencengangkan Tentang Klik Kanan > Refresh Di Windows. Stop Klik Tombol Tersebut!

Klik kanan dan klik Refresh. Atau agar lebih cepat, biasanya kita menekan tombol F5. Saya sarankan anda untuk berhenti melakukan hal tersebut. Apakah anda mengerti tentang arti sebenarnya dari Refresh yang ada di Windows? Mari kita bahas fakta mencengangkan tentang klik kanan > Refresh di Windows yang ada di artikel ini.

Fakta Mencengangkan Tentang Klik Kanan > Refresh Di Windows. Stop Klik Tombol Tersebut!

Latar belakang

Dari semua teman-teman yang saya tanyakan dan perhatikan, mereka menganggap bahwa dengan klik kanan > Refresh, komputer menjadi lebih cepat dengan cara membersihkan program yang tidak terpakai di RAM. Apalagi dengan bantuan Shortcut F5, Refresh bisa dieksekusi bahkan puluhan kali dalam satu sesi menggunakan komputer.

Lalu, apa sebenarnya fungsi dari Refresh?

Refresh Di Desktop Refresh Di File Explorer

Sebelum kita membahas apa fungsi dari Refresh, ada baiknya anda mengenal lokasi-lokasi dimana anda akan menemukan tombol Refresh. Anda bisa menemukannya di desktop maupun di File Explorer. Kedua tombol tersebut memiliki fungsi yang sama.

Mari kita bahas fungsi Refresh yang sebenarnya. Desktop dan File Explorer hanya berisi shortcut, file, dan folder. Windows akan melakukan ‘penyegaran’ dari waktu ke waktu untuk menampilkan perubahan konten. Misalnya, ketika anda menaruh shortcut atau menghapus shortcut di desktop, Windows akan ‘Refresh’ dan menampilkan keadaan desktop yang terbaru.

Namun, terkadang Windows tidak melakukan ‘Auto Refresh’ atau penyegaran otomatis. Untuk itulah, tombol “Refresh” ada untuk penyegaran secara manual.

Kapan kita perlu melakukan Refresh?

Anda harus melakukan penyegaran manual jika anda melakukan beberapa hal dalam desktop dan File Explorer, namun perubahannya tidak tampak. Berikut beberapa hal yang dapat anda lakukan di desktop:

  1. Desktop tidak menampilkan perubahan karena anda sudah menambahkan shortcut, file atau folder atau menghapus konten yang ada di desktop.
  2. Pada saat anda ingin mengubah posisi icon secara default.
  3. Anda tidak dapat menggunakan semua atau beberapa icon di desktop.
  4. File atau folder yang baru tidak muncul.
  5. Atau hal lainnya ketika konten yang ada di desktop tidak bekerja seperti yang seharusnya.

Selain daripada yang dijelaskan diatas, anda tidak perlu menggunakan Refresh. Tombol Refresh tidak akan mempercepat kinerja komputer anda. Ada banyak cara untuk mempercepat Windows anda, sehingga anda harus berhenti menggunakan tombol Refresh sekarang juga!

Apakah tombol Refresh bisa dihilangkan?

Tidak bisa. Refresh yang ada di desktop maupun di File Explorer sudah tertanam di sistem Windows, sehingga apapun aplikasi pihak ketiga yang anda gunakan, tombol Refresh tidak akan hilang. Yang perlu anda ubah adalah kebiasaan kita dalam menggunakan Refresh tersebut.

Kesimpulan

Setelah anda baca artikel ini, saya harapkan kebiasaan anda untuk menekan terus Refresh hilang, karena selain akibat dari penjelasan diatas, anda sama sekali tidak perlu menekan tombol Refresh. Sekian artikel Fakta Mencengangkan Tentang Klik Kanan > Refresh Di Windows. Stop Klik Tombol Tersebut!, semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa untuk Like Facebook Windowsku untuk mendapatkan artikel menarik lainnya.

Artikel Terkait


Tentang Achmed Islamic Hernawan

Aku adalah seseorang yang menyukai teknologi. Bagiku, teknologi bukan membuat manusia menjadi malas. Namun tentang bagaimana menggunakan teknologi agar kita dapat mengerjakan hal lainnya, sehingga tidak menghabiskan waktu.

Ada tanggapan atau pertanyaan? Diam tidak selalu emas lho!

You have to agree to the comment policy.