Fitur Baru Android 7.0 Nougat: Sudah Dirilis Untuk Nexus Dan Android One


Kabar bahagia bagi anda yang menggunakan Android, karena Google hari ini sudah merilis Android versi 7.0 dengan nama Nougat. Di Indonesia, manisan nougat dapat anda temui di Nano-Nano Nougat. Dan Android Nougat dapat anda rasakan hari ini, jika anda menggunakan perangkat Nexus dan Android One. Lalu, apa saja fitur baru Android 7.0 Nougat?

Fitur Baru Android 7.0 Nougat: Sudah Dirilis Untuk Nexus Dan Android One

Patung Android 7 Nougat

Di artikel ini, anda akan mengetahui apa saja fitur keren yang diperkenalkan oleh Google untuk rilis ini. Langsung saja, ini dia fitur baru Android 7.0 Nougat.

Emoji baru

Bagi anda penggemar emoji, Google menambahkan emoji baru untuk setiap perangkat Android dengan Nougat. Daftar emoji barunya bisa dilihat di gambar dibawah ini.

Emoji Baru Android 7 Nougat

Multi-window sekarang tidak hanya untuk tablet

Dan Google memang secara resmi belum ada fitur untuk Multi-window, baik untuk smartphone maupun tablet. Jika anda membeli tablet dari Samsung, fitur multi-window disediakan oleh Samsung sendiri.

Multi Window Di Android 7 Nougat

Akhirnya setelah lama dinanti-nanti, Multi-window hadir untuk semua perangkat Android, bahkan untuk smartphone.

Vulkan API: Bawa game anda ke level selanjutnya

Vulkan Api Di Android 7 Nougat

Anda suka bermain game di Android? Di Android 7.0 Nougat ini, dahaga bermain game anda akan dituntaskan. Beberapa smartphone yang mendukung Vulkan API akan merasakan serunya bermain game dengan grafis tingkat tinggi yang setara dengan game konsol.

Video grafis Vulkan API juga bisa anda lihat di video diatas. Perangkat yang digunakan adalah Samsung Galaxy S7.

Virtual Reality semakin asik

khusus untuk Android 7.0 Nougat, fitur DayDream resmi digunakan untuk Virtual Reality. Sebelumnya, Daydream adalah fitur untuk menampilkan informasi kecil seperti jam dan notifikasi ketika layar mati. Dan fitur tersebut sekarang diubah menjadi Screen Saver.

BACA JUGA:  Menambah Feed dan Konten Jejaring Sosial di People App

Virtual Reality Daydream Di Android 7 Nougat

Dengan Daydream ini, Virtual Reality makin asik karena anda dapat menikmati lebih banyak konten dengan mode VR.

Group Notification

Apakah anda menggunakan aplikasi Facebook? Pastinya anda sering sekali menerima banyak notifikasi sekaligus. Namun yang membuat jengkel adalah setiap notifikasi tersebut muncul satu-persatu dan tidak di grup menjadi satu notifikasi.

Group Notification Di Android 7

Sekarang di Android 7.0, hal tersebut tidak akan terjadi lagi karena Google sudah memperkenalkan Group Notification, sehingga semua notifikasi dari aplikasi yang sama secara otomatis dijadikan satu. Jika anda ingin membuka salah satu notifikasi tersebut, cukup anda sentuh dan geser kebawah untuk melihatnya.

Quick Settings yang bisa diubah lokasinya

Quick Settings Android 7 Nougat 2

 

Fitur ini sebenarnya sudah diperkenalkan oleh OnePlus lewat Oxygen OS. Dan secara resmi, Google sudah mengimplementasikan fitur tersebut, sehingga anda bisa mengatur posisi Quick Settings. Selain itu, anda juga akan melihat Quick Settings pada mode notification. Hal ini mirip dengan TouchWiz milik Samsung.

Fitur Doze makin membuat baterai anda hemat

Doze yang pertama kali diperkenalkan di Android 6.0 Marshmallow kini semakin membuat perangkat anda lebih lama dipakai. Doze bekerja pada saat anda tidak menggunakan smartphone, dengan cara membuat aplikasi yang berjalan dalam keadaan tidur yang dalam. Hanya aplikasi dengan prioritas tinggi lah yang dapat membangunkan perangkat.

Dengan Doze, Android tidak akan mengizinkan aplikasi untuk terus-terusan membebani perangkat ketika dalam keadaan sleep. Sebagai gantinya, Android hanya memberikan waktu-waktu tertentu agar aplikasi itu dapat bekerja. Doze untuk Marshmallow tidak mendukung penggunaan pada saat perangkat bergerak.

Dan di Nougat ini, Doze akhirnya dapat bekerja walaupun digunakan saat bergerak dan ditaruh di dalam kantong ataupun tas.

BACA JUGA:  5 Fitur Terbaik Android M

Membalas pesan langsung dari Notifikasi

Membalas Pesan Langsung Dari Notifikasi

Fitur ini memang sudah dibenamkan di beberapa aplikasi di Android. Dan di Android 7.0 Nougat, fitur ini secara default sudah didukung. Sehingga, anda dapat dengan nyaman membalas pesan langsung dari Notifikasi.

Semakin aman dengan 3 fitur baru

Tentu saja Google tidak melupakan tentang keamanan untuk semua perangkat Android-nya. Pada rilis ini, Android memperkenalkan 3 fitur baru untuk mengamankan Android anda.

Seamless Updates

Dengan fitur ini, Android 7.0 Nougat dapat memasang pembaruan baru di background. Dengan fitur ini, anda tidak perlu menunggu perangkat anda untuk memasang semua pembaruan tersebut. Perlu diperhatikan bahwa fitur ini hanya berlaku untuk perangkat baru yang sudah terpasang Android 7.0 Nougat secara default.

Untuk perangkat yang dapat meng-upgrade ke Nougat, instalasi update nantinya akan jauh lebih cepat daripada Marshmallow.

File-based encryption

Fitur enkripsi saat ini sudah lebih aman. Di versi Android ini, Nougat dapat mengisolasi dan melindungi data untuk pengguna secara individual.

Direct Boot

Dengan Direct Boot, aplikasi akan di-load langsung setelah perangkat Android anda dihidupkan. Proses ini juga membuat perangkat jadi lebih aman, walaupun pada saat perangkat anda reboot.

Kesimpulan

Baru saja anda membaca fitur-fitur keren yang diperkenalkan Google di Android 7.0 Nougat. Yang manakah yang paling anda sukai? Jika anda menggunakan perangkat non-Nexus dan Android One, update-nya bisa jadi datang lebih lama. Silahkan anda lihat informasinya di situs resmi dari vendor smartphone anda.

Sekian artikel Fitur Baru Android 7.0 Nougat: Sudah Dirilis Untuk Nexus Dan Android One, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk berlangganan Windowsku dengan cara Like Facebook Windowsku atau lewat email untuk mendapatkan artikel baru.

BACA JUGA:  Cara Mengetahui Perangkat Android Palsu Atau Tidak

Terakhir di-Update: 23 Agustus 2016, 20:38


Tentang Achmed Islamic Hernawan

Aku adalah seseorang yang menyukai teknologi. Bagiku, teknologi bukan membuat manusia menjadi malas. Namun tentang bagaimana menggunakan teknologi agar kita dapat mengerjakan hal lainnya, sehingga tidak menghabiskan waktu.

Tinggalkan komentar

Kami sangat senang sekali anda meninggalkan komentar. Silahkan tuliskan komentar atau bertanya apa saja mengenai topik yang sedang dibicarakan. Mari kita buat komentar ini lebih bermakna dengan tidak menaruh link/tautan. Terima kasih.