Hemat Waktu Dengan 10 Keyboard Shortcut Di Ubuntu


Untuk meng-copy, tekan CTRL + C. Untuk paste, CTRL + V. 2 shortcut tersebut sudah umum kita gunakan dan sudah menjadi standar di sistem operasi apapun. Agar anda dapat lebih cepat, saatnya anda mempelajari shortcut baru untuk menghemat waktu dengan 10 Keyboard Shortcut di Ubuntu.

Hemat Waktu Dengan 10 Keyboard Shortcut Di Ubuntu

Di artikel ini, anda akan mempelajari berbagai shortcut untuk mempercepat anda dalam menggunakan Ubuntu. Dan semua shortcut ini pantas untuk anda hapalkan dan dijadikan sebuah kebiasaan baru. Langsung saja, ini dia caranya.

Pemberitahuan: Jika anda menggunakan Ubuntu dengan keyboard untuk Windows, tombol SUPER di Ubuntu adalah tombol WINDOWS.

1. Membuka Dash Menu

Dash disini bisa dibilang “start menunya Ubuntu”. Dengan Dash, anda bisa mencari semua file yang ada di komputer anda. Iconnya berada di pojok kiri atas layar anda.

Dash Ubuntu

Daripada anda mengambil mouse anda dan menggeser kursor kesana, lebih baik anda menggunakan tombol Super di komputer. Jika anda menggunakan komputer dengan keyboard untuk Windows, cukup tekan tombol Windows. Silahkan anda ketik apa saja untuk mencari data maupun meluncurkan aplikasi.

2. Mengunci Ubuntu secara instan

Jika data anda tidak ingin dicuri atau tidak mau seseorang jahil dengan laptop anda, jangan lupa untuk mengunci komputer anda ketika anda ingin pergi untuk sementara waktu.

Tekan saja tombol SUPER + L untuk mengunci Ubuntu anda. Tanpa password, tidak ada seorang pun yang dapat menggunakan komputer anda.

3. Membuka jendela Teriminal

Jika anda adalah seseorang yang lebih menyukai menulis baris perintah di Terimal daripada melakukannya lewat GUI, maka ini adalah tombol shortcut yang tepat untuk anda.

BACA JUGA:  Mengganti DNS Server di Windows 7

Membuka Terminal Di Ubuntu

Tekan saja tombol CTRL + ALT + T untuk membuka Terminal dan anda bisa langsung memberikan perintah di Ubuntu.

4. Mengambil screenshot

Ingin menggunakan desktop Ubuntu sebagai referensi di tulisan anda? Jangan lupa untuk menggunakan tombol PrntScreen untuk menangkap seluruh layar anda.

Mengambil Screenshot Di Ubuntu

Atau jika anda ingin mengatur sendiri bagian dari layar yang mana yang ingin anda tangkap, tekan tombol SHIFT + PrntScreen. Dan jika anda ingin mengambil screenshot dari jendela yang aktif, tekan saja ALT + PrntScreen.

5. Mengecilkan jendela

Tombol minimize bisa anda temukan di setiap jendela di pojok kirinya. Jangan repot-repot mengarahkan kursor anda kesana. Cukup tekan CTRL + SUPER + Bawah.

Jendela yang aktif akan mengecil jika anda menekan tombol tersebut. Jika anda menekan sekali lagi, jendela akan disembunyikan.

6. Menyembunyikan semua jendela

Jika shortcut sebelumnya hanya mengecilkan atau menyembuyikan satu jendela saja, maka dengan cara ini, anda bisa menyembunyikan semua jendela.

Silahkan anda tekan CTRL + SUPER + D dan desktop anda akan langsung muncul.

7. Membagi layar untuk 2 aplikasi

Jika anda ingin melakukan komparasi antara 2 file atau ingin membuka 2 dokumen secara bersamaan, anda bisa menerapkan shortcut ini untuk membagi layar untuk 2 aplikasi.

Membagi Layar Untuk 2 Aplikasi 1

Cukup tekan CTRL + SUPER + Kiri untuk membuat jendela yang aktif berada di paling kiri dan CTRL + SUPER + Kanan untuk membuatnya menjadi paling kiri.

8. Memaksimalkan ukuran jendela

Setelah anda bisa mengecilkan dan menyembunyikan jendela, maka yang terakhir adalah membesarkan layar. Tekan saja CTRL + SUPER + Atas untuk membesarkan jendela yang aktif.

9. Memberikan perintah dengan cepat

Memberikan Perintah Dengan Cepat Di Ubuntu

Dengan tombol ALT + F2, anda bisa meluncurkan aplikasi apa saja yang terpasang di Ubuntu anda. Selain itu, anda juga bisa menutup aplikasi yang error dengan menggunakan perintah khusus. Ketik saja “killall [nama aplikasi]” untuk menutup aplikasi tersebut secara paksa. Contohnya adalah “killall nautilus”, maka aplikasi Nautilus untuk membuka File & Folder akan ditutup.

BACA JUGA:  13 Firefox Hack Yang Harus Anda Kuasai

10. Membuka atau memilih aplikasi di Unity Launcher

Semua aplikasi yang sudah anda sematkan/pin di Launcher dapat diakses melalui keyboard dengan mudah, sehingga anda tidak perlu lagi mengarahkan kursor anda.

Membuka Atau Memilih Aplikasi Di Unity Launcher

Silahkan tekan dan tahan tombol SUPER. Kemudian, akan muncul angka pada icon-nya. Tekan saja angkanya di keyboard untuk membuka aplikasi tersebut. Selain itu, anda juga akan dipersembahkan dengan berbagai keyboard shortcut yang bisa anda pilih.

Kesimpulan

Dari semua keyboard shortcut yang ada di artikel ini, yang mana anda suka? Jika anda memiliki tips lain untuk mempercepat kita dalam menggunakan Ubuntu, langsung saja tulis di kotak komentar. Sekian artikel Hemat Waktu Dengan 10 Keyboard Shortcut Di Ubuntu, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Jangan lupa berlangganan Windowsku. Anda bisa berlanggan lewat Facebook dengan cara Like halamannya, atau mendaftar lewat email. Semuanya bisa anda lakukan di website di samping kanan layar anda.


Tentang Achmed Islamic Hernawan

Aku adalah seseorang yang menyukai teknologi. Bagiku, teknologi bukan membuat manusia menjadi malas. Namun tentang bagaimana menggunakan teknologi agar kita dapat mengerjakan hal lainnya, sehingga tidak menghabiskan waktu.

Tinggalkan komentar

Kami sangat senang sekali anda meninggalkan komentar. Silahkan tuliskan komentar atau bertanya apa saja mengenai topik yang sedang dibicarakan. Mari kita buat komentar ini lebih bermakna dengan tidak menaruh link/tautan. Terima kasih.