Kuasai Kiat Window Management Ini Untuk Anda Yang Multitasker

Kuasai Kiat Window Management Ini Untuk Anda Yang Multitasker

Kiat Window Management sangat diperlukan jika anda seorang multitasker? Multitasker disini maksudnya adalah sering mengerjakan 2 pekerjaan atau lebih dalam waktu yang bersamaan. Konteks kali ini yang dibahas adalah dalam mengerjakan pekerjaan menggunakan komputer anda. Jika anda pengguna Windows, menguasai trik ini akan sangat membantu anda.

Kuasai Kiat Window Management Ini Untuk Anda Yang Multitasker

Pada artikel kali ini, saya akan membahas bagaimana menjadi seorang multitasker sejati dengan menggunakan berbagai fitur yang ada di Windows untuk pengelolaan Window. Trik yang akan anda pelajari ini dapat anda terapkan di Windows 7, 8, dan Windows 10. Berikut ulasannya untuk anda.

Snap (Sebelumnya: Aero Snap untuk Windows 7)

Apakah anda sering melakukan komparasi 2 dokumen? Atau anda ingin melihat 2 gambar sekaligus dalam 1 layar? Anda dapat melakukannya dengan mudah berkat adanya fitur Snap di Windows. Fitur ini sebenarnya sudah lama diperkenalkan dengan nama Aero Snap di Windows 7. Dan fitur ini terus dibawa hingga Windows 10.

Snap Di Windows

Yang perlu anda lakukan adalah klik dan bawa Window ke arah kanan layar ataupun ke kiri layar. Pada gambar diatas, saya akan membawa Window-nya ke bagian kiri.

Snap Untuk Windows

Alhasil, Window tersebut akan otomatis mengambil setengah layar anda. Dan anda bisa membuka aplikasi lain untuk menaruhnya di sebelah kanan layar anda.

Snap Di Windows 10

Khusus untuk Windows 10, ketika anda memindahkan Window ke sebelah kanan atau kiri layar, maka secara otomatis Windows akan merekomendasikan Window yang dapat anda snap seperti pada gambar diatas. Anda dapat langsung klik Window yang anda inginkan.

Klik dobel di Title Bar

Klik Dobel Pada Title Bar

Sekarang, silahkan anda coba klik dobel pada Title Bar. Jika anda klik dobel pada saat Window berada pada full screen, maka Window akan mengecil. Jika sebaliknya, maka Window akan berada pada full screen. Trik kecil ini akan membuat anda melupakan tombol Restore/Maximize yang ada pada pojok kanan atas layar anda.

Shake: Hilangkan semua Window kecuali Window yang anda ‘Goyang’

Di Windows 7, fitur ini dinamakan Aero Shake. Dengan Shake, anda dapat menyembunyikan semua Window yang ada, kecuali Window yang anda goyang.

Shake Di Windows

Silahkan anda geser Title Bar dari kiri ke kanan atau sebaliknya secara terus menerus, hingga Window lainnya disembunyikan.

Window Lain Disembunyikan

Jika sudah, maka hasilnya sama seperti pada gambar diatas. Window yang tersisa hanya aplikasi yang anda goyang. Trik ini dapat anda lakukan jika anda ingin fokus terhadap aplikasi yang anda goyang.

Preview/Show/Hide Desktop

Pernahkah anda memperhatikan pojok kanan bawah layar anda? Seperti ada garis batasan dan jika anda mencoba mengarahkan kursor kesana, maka semua Window akan disembunyikan. Fitur ini sebenarnya sudah lama diperkenalkan di Windows yaitu Windows 7 dengan nama Aero Peek.

Melihat Sementara Desktop

Selain itu, jika anda klik maka secara permanen, semua aplikasi akan hilang namun masih berjalan di background. Jika di klik lagi, maka Window yang tadi hilang akan muncul lagi. Gunakan cara ini untuk melihat desktop secara instan.

Menggunakan Task View (Hanya Windows 10)

Task View merupakan fitur baru yang diperkenalkan di Windows 10. Dengan Task View, anda dapat berpindah aplikasi dengan mudah. Bahkan, anda dapat membuat Virtual Desktop seperti yang ada di Ubuntu! Kunjungi artikel cara menggunakan Virtual Desktop di Windows 10 untuk mengetahui info lebih lanjut.

Kesimpulan

Dengan menguasai tips-tips ini, diharapkan anda dapat menghemat banyak waktu dan dapat meningkatkan produktivitas. Dapatkan informasi baru di Windowsku dengan cara Like di Facebook dan Follow di Twitter. Sekian artikel Kuasai Kiat Window Management Ini Untuk Anda Yang Multitasker, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Jika anda mencari cara mempercepat Windows 10, kunjungi artikel 10 Tips Mempercepat Kinerja Windows 10.

Gambar: Sergio Peñaloza Melalui FreeImage

Artikel Terkait


Tentang Achmed Islamic Hernawan

Aku adalah seseorang yang menyukai teknologi. Bagiku, teknologi bukan membuat manusia menjadi malas. Namun tentang bagaimana menggunakan teknologi agar kita dapat mengerjakan hal lainnya, sehingga tidak menghabiskan waktu.

Ada tanggapan atau pertanyaan? Diam tidak selalu emas lho!

You have to agree to the comment policy.