Menghidupkan Advanced Host Controller Interface (AHCI) Untuk Meningkatkan Performa Komputer

Pembaca pernah mendengar AHCI itu apa? Penjelasan singkatnya AHCI merupakan komunikasi hardware terbaru yang dapat meningkatkan kinerja Harddisk. Sehingga, performa komputer menjadi lebih responsif. AHCI sudah bisa digunakan pada OS Windows Vista dan Windows 7. Tetapi, AHCI biasanya tidak terinstall pada saat kita menginstall Windows.

Apa itu AHCI?
Dengan semua hardware yang ada di komputer, kita memerlukan driver untuk menggunakan hardware tersebut dengan baik. AHCI adalah kumpulan driver yang dapat meningkatkan performa harddisk. Pada harddisk yang menggunakan driver AHCI, proses read dan write jadi lebih cepat, lebih tidak bising, dan konsumsi listrik berkurang. Tapi, AHCI terdapat pro dan kontranya. Banyak yang mengatakan kalau memakai AHCI akan memperlambat komputer. Tapi, disini kita asumsikan saja kalau AHCI dapat meningkatkan.
Native Command Queueing (NCQ)
NCQ membiarkan hard-drive menentukan di mana untuk membaca dan menulis data yang ditransmisikan untuk itu. Hal ini mengizinkan komputer anda untuk mendapatkan akses ke data yang disimpan di daerah yang sama pada disk sebelum pindah ke bagian lain dari disk.
Bagaimana cara mengaktifkan AHCI?
Pertama, kita lihat dulu apakah komputer kita sudah terinstall AHCI atau belum. Caranya adalah sebagai berikut:
  1. Buka start menu
  2. Ketik “Device Manager” dan tekan enter
  3. Lalu klik IDE ATA/ATAPI Controller
  4. Cari driver yang ada nama AHCI nya, misalnya: “Standard AHCI Serial ATA Controller”
Jika sudah ada, berarti komputer kamu sudah diaktifkan AHCI nya. Kalau belum, lihat cara – cara dibawah ini:
 
Mengaktifkan AHCI
Sebelum saya memberikan tutorialnya, saya asumsikan disini bahwa saya tidak bertanggung jawab jika terjadi error saat menggunakan cara ini. Jadi, lakukan dengan resiko anda sendiri.
Jika kamu menginstall AHCI, tapi Windows sudah terinstall, mungkin ada resiko terkena error atau bluescreen. Jadinya, kita akan mengaktifkan AHCI lewat Registry. Caranya adalah sebagai berikut:
  1. Buka start menu
  2. Ketik “regedit” dan tekan enter
  3. Arahkan ke HKEY_LOCAL_MACHINE | System | CurrentControlSet | Services | Msahci
  4. Lalu, cari yang namanya Start pada panel kanan
  5. Set valuenya menjadi nol (zero)
  6. Tutup Registry Editor
Sekarang, restart komputer kamu dan buka BIOS. Caranya, tekan tombol F2, F8, atau Del. Karena BIOS berbeda – beda tiap vendor komputer, jadinya kamu mungkin harus membaca manualnya dari komputer kamu. Setelah masuk BIOS, biasanya AHCI terdapat di menu Settings. Setelah selesai, save dan exit.
 
Selama restart, Windows akan menginstall Driver AHCInya. Silahkan cek di Device manager. Jika belum, kamu mungkin harus restart sekali lagi untuk mengaktifkannya.
Sekian, semoga bermanfaat…

Artikel Terkait

Tinggalkan sebuah komentar

You have to agree to the comment policy.

4 pemikiran di “Menghidupkan Advanced Host Controller Interface (AHCI) Untuk Meningkatkan Performa Komputer”