Motorola Moto E3 Power Review: Baterai Tahan, Tahan Hujan, Dan Dompet Tenang


Judul diatas sangatlah tepat untuk menggambarkan smartphone terbaru Motorola sehabis dicaplok oleh Lenovo. Ya, Motorola Moto E3 Power sudah hadir di Indonesia untuk menjawab pertanyaan konsumen yang menginginkan smartphone yang awet baterainya. Lalu, apakah Motorola menyanggupi hal tersebut di Moto E3 Power ini?

Ihtisar Moto E3 Power

Tidak selamanya smartphone dilihat dari spesifikasi prosesor atau berapa besar RAM yang dimiliki. Hal paling mendasar seperti keawetan baterai sebenarnya banyak sekali yang menginginkannya. Masih ingatkah anda pada zaman dulu, dimana handphone dapat bertahan berhari-hari? Untuk saat ini, sangat jarang smartphone yang bisa bertahan 2 hari saja, dan bahkan makin banyak bermunculan aksesoris tambahan seperti power bank. Namun Power Bank bukanlah solusi, namun melainkan tambahan saja untuk smartphone.

Motorola mencoba menjawab hal tersebut dengan mengkombinasikan hardware dan software yang tepat sehingga daya tahan baterainya lebih awet daripada smartphone lainnya. Lalu, apakah hal itu saja yang ditawarkan Motorola? Mari kita bahas hal tersebut secara detail di Motorola Moto E3 Review dibawah ini.

Moto E3 Power Eksklusif hanya di Lazada! Rp. 1.799.000 – Beli Disini!

Sebelum anda membaca review Moto E3 Power ini, saat ini Lazada membuka penjualan eksklusif-nya, sehingga anda tidak akan menemukan di toko lainnya! Pastikan anda membelinya di Lazada dengan mengklik tautan diatas dengan harga Rp. 1.799.000. Lalu, apa yang bisa anda dapatkan dengan harga kurang dari 2 juta tersebut?

Lazada menawarkan garansi resmi Motorola untuk smartphone ini, sehingga kepuasan anda akan terjamin dengan kualitas after sale yang bagus. Selain itu, Lazada juga memberikan bonus 1x Starter Pack XL dan 1x Voucher Nida Rooms. Untuk bonus terakhir, anda bisa menggunakannya untuk menginap satu malam. Penawaran yang menarik bukan?

Sudah cukup dengan bonus, silahkan anda baca review Moto E3 Power dibawah ini.

Desain

Moto E3 Power Desain

Dengan mengambil desain yang sama dengan kakaknya yaitu Moto G4, tampilan depan dan belakangnya terkesan simpel namun nyaman saat digenggam. Walaupun body-nya belum ada material metal dimana metal saat ini lagi tren bahkan di ponsel murah sekalipun, hal tersebut tidak membuat Moto E3 tidak stand-out.

Ponsel metal memang terkesan membuat penampilan menjadi elegan, namun pengguna harus berhati-hati jika menggenggamnya. Metal biasanya lebih licin, sehingga mudah terjatuh dan menggunakan casing biasanya menjadi solusi akan hal tersebut.

Di Moto E3 ini, Motorola menggunakan bahan plastik. Walaupun hal ini membuat kesan premiumnya hilang, namun dalam hal penggunaan, ponsel ini nyaman digenggam, tidak licin dan anda tidak memerlukan casing tambahan. Namun semua itu diganti oleh Motorola dengan desain speaker yang berada di depan. Hal tersebut membuat pengalaman mendengarkan musik, menonton video maupun bermain game jadi lebih asik.

Cover Belakang Moto E3 Power

Beralih ke desain cover belakang, Motorola masih mempertahankan desain uniknya, yaitu logo M yang melengkung ke belakang. Jika anda melihat desain dari Moto G, Moto X, maupun seri smartphone Motorola lainnya, ciri khas ini tetap dijaga. Motorola pun tidak pernah mengatakan apa alasannya menggunakan desain tersebut. Namun dari berbagai pengguna smartphone Motorola, desain tersebut sangat membuat nyaman saat digenggam. Anda bisa menaruh jari telunjuk anda disana. Silahkan saja anda coba ketika anda jadi membelinya.

BACA JUGA:  Cara Scan Dokumen Dengan Smartphone Menggunakan Office Lens

Selain itu, cover belakang dari Moto E3 Power ini dapat anda ganti, sehingga jika anda bosan, anda dapat membeli cover yang baru. Baterainya pun dapat dilepas. Hal ini memungkinkan anda untuk mengganti baterai ketika di tempat anda benar-benar tidak ada colokan untuk mengecas.

Moto E3 Power Desain Keseluruhan

Gambar diatas pun memperlihatkan 2 tombol. Tombol power bisa anda temukan di bagian paling atas dan tombol volume di bagian bawah. Dengan desain ramping dan nyaman digunakan dengan satu tangan, tombol tersebut dapat diakses dengan mudah. Jika ingin menggunakan headset, anda dapat menemukan 3,5mm jack di bagian atas Moto E3 Power dan USB port pada bagian bawah.

Microphone yang tertanam di Moto E3 Power jumlahnya ada 3. Satu dibagian bawah, satu dibagian atas, dan satu lagi dibagian belakang dekat kamera (digunakan untuk merekam video). Microphone tersebut sudah menyematkan teknologi dimana dapat menghilangkan suara bising ketika anda menelpon dengan teknologi Active Noise Cancellation.

Untuk opsi warna, Motorola menyiapkan warna hitam dan putih. Di Lazada, Moto E3 Power dijual dengan warna hitam. Jika anda ingin membeli warna putih, anda bisa tenang karena anda dapat mengganti cover belakangnya kapan saja.

Secara keseluruhan, desain simpel namun tetap elegan dari Moto E3 Power ini patut untuk diacungi jempol dan penulis pun sangat menyukainya. Meski tak berbahan metal, hal itu tak mengurangi nilai desain smartphone ini.

Layar

Layar Moto E3 Power

Di sektor layar, Motorola menggunakan layar panel LCD tipe IPS (In-Plane Switchcing) dimana tipe IPS memiliki sudut penglihatan yang sangat luas, sehingga sangat nyaman diiat dari sudut manapun. Dengan layar HD 1280×720 dan kerapatan pikselnya adalah 294 PPI (Pixel Per Inch). Akan sangat sulit bagi anda untuk melihat pikselnya, walaupun mata anda sudah sangat dekat dengan layar.

Memang banyak ponsel yang menawarkan layar dengan resolusi Full HD, namun Full HD menurut penulis tidak cocok digunakan di layar 5 inch di Moto E3 ini. Selain membuat boros baterai, Full HD di layar 5 inch tidak akan terlihat perbedaannya. Motorola sudah menggunakan opsi yang tepat di smartphone ini.

Moto E3 Power ini juga memberikan kecerahan layar hingga 553 Lux. Kecerahan ini sudah sangat cukup ketika anda menggunakannya di luar, ketika sinar matahari sedang teriknya.

Proteksi Fingerprint Moto E3 Power

Untuk perlindungan layar, Motorola memiliki proteksi anti gores dan juga proteksi sidik jari. Dengan anti gores, layar akan tahan dari berbagai goresan benda-benda. Proteksi sidik jari di layarnya membuat jejak sidik jari di layar terlihat berkurang dan tidak menempel banyak seperti kebanyakan smartphone lainnya.

Kesimpulannya, dengan harga yang dipatok terjangkau, layar Moto E3 Power tidaklah mengecewakan apalagi Motorola menawarkan proteksi anti gores di layarnya. Anda akan tetap mendapatkan layar yang terang dan jernih di berbagai kondisi sekalipun.

Performa

Performa Moto E3 Power

Di dalamnya, anda akan mendapatkan prosesor dari Mediatek seri MT6735P. Prosesor ini sudah menggunakan QuadCore dan mendukung komputasi 64 bit, sehingga performanya sangat pas untuk penggunaan sehari-hari. Dilengkapi dengan RAM 2 GB, itu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan multitasking, sehingga anda dapat membuka aplikasi lebih banyak lagi. Chip grafis Mali-T720MP2 di smartphone ini, membuat bermain game dengan resolusi hingga medium jadi lebih menyenangkan.

BACA JUGA:  Menggunakan Fitur Baru Graph Search di Facebook

Hardware

Memori Internal Moto E3 Power

Sumber: 91Mobiles

Di sektor perangkat keras, mari kita lihat memorinya. Untuk memori internal, Motorola membenamkan-nya sebanyak 16 GB. Tentu saja, 16 GB itu termasuk sistem operasi Android-nya sendiri. Jika anda penasaran berapa kapasitas yang anda dapatkan, anda bisa melihatnya pada gambar diatas. Sekitar 11,96 GB yang akan anda dapatkan. Jika kurang, anda bisa menambahnya dengan MicroSD dan Moto E3 Power ini mendukung hingga 32 GB. Dengan teknologi Adoptable Storage di Android 6.0 Marshmallow, MicroSD anda bisa dijadikan internal storage. Namun pastikan MicroSD anda memiliki kecepatan Class 10 atau lebih untuk menggunakan fitur ini.

Google Photos Di Moto E3 Power

Di setiap Moto E3 Power, Motorola sudah memberikan akses Google Photos, dimana anda dapat mengunggah foto yang anda tangkap secara otomatis dan gratis ke Google. Selama 2 tahun, resolusi yang anda tangkap akan diunggah dengan resolusi penuh. Google Photos pun sangatlah pintar, sehingga semua foto anda dapat diorganisir, diatur, dan dicari dengan mudah. Bahkan Google Photos dapat menganalisa sisa memori dan dapat memberikan rekomendasi untuk menghapus foto, setelah foto tersebut berhasil diunggah.

Tahan Air Moto E3 Power

Smartphone terjangkau ini juga dilengkapi dengan teknologi nano coating, sehingga Moto E3 Power dapat bertahan walaupun ditumpahi air dan anda dapat menggunakannya ketika hujan tiba.

Tidak ketinggalan juga bahwa Moto E3 Power sudah mendukung 4G. 2 slot SIM-nya pun bisa digunakan untuk 4G, sehingga apapun kartu yang anda pakai, anda bisa menikmati pengalaman berinternet yang cepat.

Dari sisi konektivitas, Motorola melengkapi smartphone ini dengan Wi-Fi 802.11 b/g/n dan tentu saja dapat membuat hotspot. Versi Bluetooth yang digunakan adalah versi 4.0 dengan fitur LE (Low Energy). GPS, FM Radio, sensor Accelerometer dan Proximity juga sudah dibenamkan.

Daya tahan baterai

Daya Tahan Baterai Moto E3 Power

Sumber: 91Mobiles

Sekarang kita beralih ke sektor yang dibanggakan oleh Motorola yaitu daya tahan baterai. Motorola Moto E3 Power dilengkapi dengan baterai sebesar 3.500 mAh. Tentu saja baterai sebesar itu di layar 5 inch sangatlah besar. Motorola mengklaim dapat menemani anda seharian penuh tanpa perlu anda membawa charger selama anda beraktivitas.

Dengan penggunaan normal, Moto E3 Power sanggup menemani anda sepanjang hari, bahkan bisa anda gunakan hingga keesokan harinya. Dengan penggunaan berat seperti bermain game secara intensif, memang akan membuat baterai cepat habis. Tergantung dari kekuatan sinyal dan faktor lain seperti kecerahan layar, smartphone ini juga sanggup melakukannya.

Nilai plus lain lagi dari sektor baterai adalah Moto E3 Power mendukung Fast Charging. Di dalam paket penjualannya, Motorola memberikan charger sebesar 10 Watt yang diklaim Motorola mampu memberikan 5 jam penggunaan dengan mengecas hanya selama 15 menit.

Kesimpulannya, anda dapat tenang dan tidak perlu membawa charger ataupun power bank selama menggunakan Moto E3 Power ini. Anda hanya perlu mengecasnya ketika anda tidur di malam hari dan bangun pagi dengan baterai yang sudah penuh dan anda bisa langsung memulai aktivitas.

Kamera

Di bagian kamera, memang Motorola tidak mengiklankan smartphone ini untuk fotografi. Dibekali kamera belakang 8 MP dengan apertur f/2.2, ternyata smartphone ini dapat menghadirkan kualitas gambar yang cukup bagus. Bisa dilihat dari hasil kamera diatas, Moto E3 Power sanggup menangkap kontras warna dengan kecerahan yang pas.

BACA JUGA:  Cara Menampilkan Lirik Lagu Di Windows Menggunakan Minilyrics

Kamera depannya pun sudah dilengkapi sensor dengan resolusi 5 MP. Bagi anda penyuka selfie, resolusi ini sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan anda.

Kesimpulannya, kamera Moto E3 Power tidak bisa anda anggap remeh. Kualitas gambarnya sudah cukup, walaupun pastinya anda tidak bisa membandingkannya dengan smartphone flagship atau smartphone mahal lainnya.

Software

Android Di Moto E3 Power

Dengan menggunakan Android 6.0 Marshmallow, dipastikan anda dapat merasakan semua fitur Android yang ada. Di Marshmallow, ada fitur seperti Doze untuk menghemat baterai anda ketika dalam keadaan Stand-by. Google Now On Tap yang membuat mencari informasi di aplikasi yang anda buka jadi lebih mudah dan berbagai fitur lainnya. Fitur-fitur menarik lainnya bisa anda baca di artikel Apa Itu Android 6.0 Marshmallow.

Aplikasi bawaan pihak ke-3 di smartphone ini pun tak ada. Ya, biasanya jika kita membeli smartphone Android baru, beberapa vendor biasanya membenamkan aplikasi lain, yang tentu saja membuat Android melambat. Di Moto E3 Power, anda tidak akan menemukannya, sehingga Android 6.0 Marshmallow anda jadi lebih cepat.

Spesifikasi Motorola Moto E3 Power

JaringanGSM /HSDPA / LTE

2G Bands: GSM 850/900/1800/1900

3G Bands: HSDPA 850/900/1900/2100

LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900), 20(800), 38(2600), 40(2300), 41(2500)

HSPA, LTE Cat4 150/50 Mbps

Ukuran143.8 x 71.6 x 9.6 mm (5.66 x 2.82 x 0.38 in)
Berat153,5 gr
Dual SIMYa (Nano dan Micro SIM) – Dual Stand-by
LayarIPS LCD capacitive touchscreen, 16 juta warna

5.0 inch (~66.9% screen-to-body ratio)

720 x 1280 pixel (~294 pixel per inch)

Dengan proteksi anti gores dan proteksi sidik jari

Sistem OperasiAndroid OS, v6.0 (Marshmallow)
ProsesorMediatek MT6735P Quad-core 1.0 GHz Cortex-A53
GPUMali-T720MP2
MemoriROM: 16 GB | RAM: 2GB
MicroSDYa, hingga 32 GB
Kamera8 MP Autofocus, LED Flash. Fitur: Geo-tagging, panorama, HDR.

Video: [email protected]

Kamera depan: 5 MP, Beautification Mode

WiFiWi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Fitur LainnyaGPS dengan A-GPS, FM Radio, USB MicroUSB v2.0. Bluetooth 4.0 Low Energy
SensorAccelerometer, Proximity, dan Ambient Light
Baterai3.500 mAh tipe Li-ion

Harga dan pembelian

Seperti yang tertulis pada awal artikel, saat ini Motorola menjual secara eksklusif Moto E3 Power di Lazada. Setelah anda membaca ulasan ini, apakah harga Rp. 1.799.000 sudah sepadan dengan apa yang anda dapatkan? Kalau menurut penulis, harga seperti itu sudah pas, apalagi dengan berbagai fitur yang ditawarkan.

Anda bisa mendapatkannya sekarang juga dengan mengklik tautan ini dengan harga Rp. 1.799.000.

Kesimpulan

Dengan menawarkan smartphone dengan ketahanan baterai yang lama, bisa digunakan walaupun terkena air, dan harga yang terjangkau, tidak ada salahnya anda membeli smartphone besutan Motorola ini. Dengan garansi resmi dan bonus voucher menginap di hotel, tentu saja ini menjadi deal yang menarik.

Sekian artikel Motorola Moto E3 Power Review: Baterai Tahan, Tahan Hujan, Dan Dompet Tenang, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk Like Facebook Windowsku untuk mendapatkan artikel terbaru langsung di beranda Facebook anda.


Tentang Achmed Islamic Hernawan

Aku adalah seseorang yang menyukai teknologi. Bagiku, teknologi bukan membuat manusia menjadi malas. Namun tentang bagaimana menggunakan teknologi agar kita dapat mengerjakan hal lainnya, sehingga tidak menghabiskan waktu.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *