Percepat Semua Browser Dengan Cara Menghapus Add-On/Plugin/Extension


Plugin atau Extension atau Add-on yang ada di browser tentu akan membuat browser anda lambat. Setiap browser yang anda pasang, akan menggunakan memori di RAM dan memberatkan kinerja browser. Menghapus beban tersebut memang mudah, namun akan menjadi sulit jika anda memiliki banyak browser.

Percepat Semua Browser Dengan Cara Menghapus Add-On/Plugin/Extension

Di artikel ini, anda akan mempelajari bagaimana menghapus plugin/extension/add-on di semua browser. Agar lebih ringkas, ke-3 hal tersebut penulis menyebutnya “Plugin”. Untuk melakukan hal ini, penulis akan menggunakan aplikasi CCleaner. Langsung saja, ini dia artikel Percepat Semua Browser Dengan Cara Menghapus Add-on/Plugin/Extension.

Apakah benar plugin membuat browser lambat?

Ya, ini dikarenakan plugin yang berjalan akan menambah beban browser tersebut. Jika anda menggunakan Google Chrome, anda bisa menekan tombol SHIFT + ESC, untuk membuka Task Manager milik Google Chrome.

Plugin Mengambil Memori Ram

Bisa dilihat dari gambar diatas, di browser Google Chrome yang saya miliki, semua plugin tersebut menggunakan memori di RAM yang akan memberatkan browser juga. Untuk itulah, anda perlu melakukan tips ini.

Download CCleaner

Untuk mengikuti tutorial ini, anda memerlukan aplikasi CCleaner. Jika sudah selesai mengunduh, segera install dan jalankan aplikasinya.

Menghapus Plugin

Browser Plugin Di Ccleaner

Untuk menghapus plugin menggunakan CCleaner, klik menu Tools > Browser Plugins. Maka tampilannya akan seperti diatas. CCleaner akan mendeteksi browser anda secara otomatis dan menyediakan menu pada bagian atas sesuai dengan browser yang terpasang di komputer anda.

Untuk berhenti menggunakan plugin, ada dua cara yang bisa anda pilih. Jika anda pilih “Disable”, maka plugin tersebut tetap ada di browser anda, namun tak dapat dipakai. Dan opsi “Delete” akan menghapus plugin secara permanen.

BACA JUGA:  Iklan Sindiran Dari Microsoft Dan Partnernya Untuk Mac

Mematikan Plugin Di Browser Dengan Ccleaner

Silahkan pilih browser anda dan klik plugin yang akan anda matikan. Seperti contoh diatas, penulis sudah mematikan salah satu plugin di browser Opera.

Silahkan lakukan hal ini juga terhadap browser lain, agar browser lain juga jadi lebih cepat!

Kesimpulan

Dengan bantuan aplikasi CCleaner, anda dapat dengan mudah mematikan plugin yang jarang atau tak terpakai lagi di semua browser. Apakah menurut anda cara ini sangat cepat? Bagikan pengalaman anda dalam menggunakan tips ini.

Sekian artikel Percepat Semua Browser Dengan Cara Menghapus Add-On/Plugin/Extension. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk Like Facebook Windowsku atau berlangganan lewat Email untuk mendapatkan update terbaru Windowsku.


Tentang Achmed Islamic Hernawan

Aku adalah seseorang yang menyukai teknologi. Bagiku, teknologi bukan membuat manusia menjadi malas. Namun tentang bagaimana menggunakan teknologi agar kita dapat mengerjakan hal lainnya, sehingga tidak menghabiskan waktu.

Tinggalkan komentar

Kami sangat senang sekali anda meninggalkan komentar. Silahkan tuliskan komentar atau bertanya apa saja mengenai topik yang sedang dibicarakan. Mari kita buat komentar ini lebih bermakna dengan tidak menaruh link/tautan. Terima kasih.