Resmi! ZenFone 4,5, dan 6 Lollipop Update! Ini Dia Cara Installnya

Kabar gembira bagi anda pemilik Zenfone 4,5, dan 6, karena update Lollipop sudah hadir. Namun, Asus tidak menggunakan update dengan OTA (Over The Air) dengan alasan yang belum jelas. Namun tidak mengapa, Windowsku akan mengulas cara update Zenfone 4,5 dan 6 dengan cara manual. Berikut ulasannya untuk anda:

Unduh Lollipop Update

Karena kita mengupdate dengan cara manual, berarti anda harus mengunduh terlebih dahulu updatenya. Berikut link unduh untuk masing-masing Zenfone:

  1. Zenfone 4 (CHT): http://www.asus.com/tw/Phones/ZenFone_4_A400CG/HelpDesk/
  2. Zenfone 5 (TW): http://www.asus.com/tw/Phones/ZenFone_5_A500CG/HelpDesk/
  3. Zenfone 5 (WW): http://dlcdnet.asus.com/pub/ASUS/ZenFone/UL-ASUS_T00F-WW-3.23.40.52-user.zip
  4. Zenfone 6 (TW): http://www.asus.com/tw/Phones/ZenFone_6_A600CG/HelpDesk/

Website yang anda buka merupakan bahasa Taiwan. Tapi tenang saja, Windowsku akan mengarahkan anda ke tempat unduh yang benar. Silahkan anda scroll kebawah dan cari bagian yang ini:

Gambar diatas merupakan halaman untuk Zenfone 4. Namun, semua halaman Zenfone 5 dan 6 juga sama seperti diatas. Silahkan klik saja link tersebut. Kemudian, akan ada menu drop down. Klik saja dan klik Android.

Setelah itu, akan muncul berbagai macam link. Klik saja yang paling atas, seperti pada gambar dibawah ini:

Ketika anda klik Link diatas, maka akan keluar daftar updatenya. Link unduhnya tepat di bagian update teratas, seperti pada gambar dibawah ini:

Maka, update anda akan segera diunduh. FIle yang anda unduh bertipe Zip.

Memindahkan update ke Root

Setelah anda selesai mengunduhnya lewat Zenfone anda ataupun PC, silahkan anda ekstrak updatenya. Perlu diingat, ketika anda unduh update-nya, file-nya berbentuk Zip. Ketika anda ekstrak, hasil ekstraknya adalah Zip juga. File itu yang harus anda pindah ke root.

Kemudian, pindahkan hasil ekstraknya ke memori Internal. Maksud dari Root adalah folder terluar dari memori internal. Biar tidak bingung, silahkan buka File Manager di Zenfone anda. Buka menu utama File Manager dan klik Memori Internal atau Internal Storage jika anda memakai bahasa inggris. Disanalah root dari memori internal. Pindahkan hasil ekstrak dari update yang anda unduh ke sana.

Nanti, struktur foldernya seperti dibawah ini:

FIle hasil ekstraknya itu, memiliki nama “UL-ASUS_T00F-TW-3.23.40.52-user.zip”. Lalu, astikan setelah anda pindahkan, ada sisa storage minimal 1 GB agar Zenfone anda bisa diupdate.

Notifikasi Update

Setelah file update yang diunduh di ekstrak dan dipindahkan ke memori internal serta sisa space untuk storage internal minimal 1 GB, akan ada notifikasi update. Sebelum melakukan update, pastikan sisa baterai Zenfone anda minimal 80%. Jika tidak, silahkan dicas saja walaupun belum sampai 80% dan biarkan terus di cas hingga selesai update. Silahkan sentuh “Update” atau “OK” saja untuk memulai update. Zenfone anda akan restart dengan sendirinya dan selesai.

Kesimpulan

Update lollipop dengan cara manual tidaklah terlalu sulit. Semoga, anda semua berhasil mengupdatenya. Artikel ini akan terus terupdate dan dilengkapi agar mudah dibaca. Terus kunjungi Windowsku, Pusat Informasi Teknologi Informasi.

Ekstra!!!

Ini dia penampakan Lollipop di ZenFone 5 yang saya miliki.



Artikel Terkait

Tinggalkan sebuah komentar

You have to agree to the comment policy.

64 pemikiran di “Resmi! ZenFone 4,5, dan 6 Lollipop Update! Ini Dia Cara Installnya”