Review Lengkap Microsoft Office Word 2013

Sudah 3 tahun setelah Microsoft meluncurkan Office 2010. Pada saat rilis Office 2010, Microsoft juga menluncurkan Office versi web, yaitu Microsoft Office Web Apps. Microsoft Word merupakan salah satu pake dari Microsoft Office yang berguna untuk membuat dokumen yang profesional dan mudah untuk digunakan.
Dari Word 2003, kita melihat bahwa tampilannya masih menggunakan menu bar dan toolbar yang ada di sisi atas dan bawah. Dan digunakan juga oleh aplikasi office lainnya, seperti OpenOffice dan juga Kingsoft Office. Namun, saat Office 2007 diluncurkan, tampilan Microsoft Office sangat berubah. Microsoft memperkenalkan tampilan Ribbon. Banyak yang memiliki komentar negatif dan ada pula yang berkomentar positif.
3 tahun setelahnya, Microsoft mengeluarkan Office 2010 dan tetap mempertahankan Ribbon. Dengan sedikit perubahan dan penambahan beberapa fitur dan sangat mirip dengan Office 2007.
Dengan Office 2013, Ribbon tetap ada. Namun, tampilannya sangat berubah karena menggunakan Windows 8-style user interface, yang dikenal dengan nama Metro atau Modern dan ditambahkan beberapa fitur baru. Untuk itu, anda perlu mengetahui apa saja yang baru di Office Word 2013 ini.
5 Perubahan pada Word 2013
 
Jika anda meluncurkan Word 2013 untuk pertama kali, anda akan ditampilkan sebuah opsi untuk melihat apa yang baru dari Word 2013. Ada fitur baru yang membuat dokumen menjadi lebih mudah daripada menggunakan versi Office sebelumnya.
Live layout and alignment guides – Sering frustasi saat ingin memindahkan gambar di Word? Anda tidak sendiri, karena saya juga mengalami hal seperti itu. Ketika kita ingin memindahkan gambar, tempatnya mungkin tidak sesuai atau tidak seperti yang kita inginkan. Biasanya, kita harus mengklik gambar dan mengatur alignmentnya. Tetapi, di Word 2013 anda tidak perlu melakukan hal itu, karena jika anda klik dan drag saja, gambar akan otomatis menyesuaikan diri dengan paragraf di dokumen anda.
Collaborate in simple markup view – Berkolaborasi dengan penulis lainnya dibuat menjadi lebih mudah, dengan berbagai peningkatan fitur, seperti dukungan Cloud dan di dokumen, ditambahkan fitur “Comment” untuk bisa memberikan komentar dan juga melihat komentar dari penulis lainnya.
Insert online pictures and viideos – Dengan Word 2013, anda bisa menambahkan gambar dari internet. Biasanya, anda harus menyimpannya dulu ke hard drive, barulah anda copy dan paste ke Word. Sekarang, anda tidak perlu melakukan hal itu lagi. Dan anda juga bisa menambahkan Video untuk dokumen anda.
Read Mode – Dengan menggunakan Read Mode, anda bisa melihat dokumen dan membaca dokumen dengan leluasa. Anda dapat mengakses Read Mode dengan cara klik View > Read mode. Fitur ini sangat berguna bagi anda yang memiliki Tablet untuk memudahkan melihat dokumen.
Edit PDFs in Word – Pada versi Office 2007 dan 2010, Microsoft sudah menambahkan fitur untuk bisa membuat file PDF di Word yang diperkenalkan pada Office 2007 Service Pack 2. Tetapi, di Word 2013, anda tidak hanya bisa membuat namun bisa juga mengedit PDF.
Beberapa kelemahan Word 2013
 
Ada beberapa kelemahan yang ada di Word 2013. Seperti tampilannya yang serba “kotak-kotak”, yang mungkin anda tidak menyukainya. Jika anda menggunakan Tablet, walaupun tampilan Word 2013 sangat cocok untuk Touchscreen, anda pasti akan menemukan beberapa kesulitan dalam melakukan tap dengan jari.
Masalah lainnya juga yaitu untuk pengguna Windows XP. Di dunia, 41% orang masih menggnakan Windows XP. Sedangkan Office 2013 tidak mendukunga Windows XP atau Windows Vista. Jika anda pengguna Windows XP, anda harus menggunakan Office 2010 atau memakai software office lainnya. Ini terjadi karena Windows XP dan Windows Vista telah kehabisan Mainstream support dan memasuki masa Extended Support.
Di Windows, sebuah OS akan diberikan 10 tahun update. 5 tahun pertama yaitu Mainstream Support yang artinya akan diberikan dukungan penuh, jika Microsoft mengeluarkan software baru. Ketika Mainstream Support habis, maka Windows memasuki masa Extended Support. Artinya, Windows tersebut hanya akan diberikan update reguler melalui Windows Update.
Untuk masalah hardware, Office 2013 mengharuskan anda untuk memiliki komputer dengan prosesor 1 GHz atau lebih dual core CPU (x86 atau x64), I GB RAM (Di versi Office sebelumnya 256 MB untuk Word 2010) dan 3 GB Hard disk space. System Requirements diatas lebih tinggi daripada versi Office sebelumnya, sehingga bagi anda yang memiliki komputer yang lama, anda tidak bisa menggunakannya.
Harga
 
Memang harga untuk membeli Word 2013 saja merupakan pilihan terbaik, Microsoft sepertinya ingin konsumen membeli seluruh suite. Untuk versi Home and Student 2013 (terdapat Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote) harganya adalah $139 (sekitar Rp. 1.100.000). Untuk yang versi Home and Business dapat anda miliki dengan harga $219 (sekitar Rp. 2.000.000) dan versi Professional dengan harga $399 (sekitar Rp. 3.700.000).
Varian baru dari Office yaitu Office 365, ada dua paket yang ditawarkan, yaitu versi Home Premium yang dihargai $99 (sekitar Rp. 950.000) per tahun yang sangat tepat untuk kantor rumahan. Setelah anda membelinya, anda pun mendapatkan 20 GB storage di SkyDrive, 60 menit Skype Credit dan lisensi untuk digunakan di 5 PC.
Kesimpulan
 
Tentu, banyak sekali alasan untuk anda mencoba Office 2013 yang baru ini. Office yang baru ini sangatlah cepat, efisien, dan terintegrasi dengan SkyDrive, memungkinkan anda untuk mengakses dokumen dari mana saja, selama masih ada koneksi internet.

Artikel Terkait

Tinggalkan sebuah komentar

You have to agree to the comment policy.