Samsung Mencoba Snapdragon 820 Untuk Galaxy S7

Samsung Mencoba Snapdragon 820 Untuk Galaxy S7

Samsung Galaxy S6 yang ada di pasaran sudah kita ketahui, kalau Samsung menggunakan prosesor buatannya sendiri, yaitu Exynos. Ini semua akibat prosesor Snapdragon 810, prosesor terkuat dari Qualcomm memiliki masalah, yaitu cepat panas.

Samsung Mencoba Snapdragon 820 Untuk Galaxy S7

Namun, Samsung ingin mencoba kembali menggunakan Snapdragon, khususnya Snapdragon yang baru yaitu 820 dan kemungkinan akan dipasang di Samsung Galaxy S7. Qualcomm saat ini menggunakan desain transistor milik Samsung yaitu 14nm FinFet Process.

Oleh karena itu, Samsung mencoba melakukan berbagai cara agar Snapdragon 820 ini lebih dingin, termasuk mengubah microprocessor control program. Jika cara ini tidak berhasil, Samsung akan menggunakan pipa yang dapat menghantarkan panas lebih cepat. Target Samsung untuk menyelesaikan semua ini adalah hingga akhir bulan ini. Bisa diperkirakan bahwa Samsung ingin sekali menggunakan Snapdragon 820 untuk smartphone flagship Samsung selanjutnya.

Galaxy S7 dengan 3 varian prosesor

Hingga saat ini, banyak spekulasi bahwa Samsung juga akan merilis Galaxy S7 dengan 3 varian prosesor. Berikut prosesor yang diklaim akan dipakai di Samsung Galaxy S7:

  1. Samsung Exynos 7422: Prosesor ini merupakan prosesor yang digadang-gadang akan dipakai di Samsung Galaxy Note 5, namun tidak jadi.
  2. Samsung Exynos 8890, dan
  3. Qualcomm Snapdragon 820

Seperti yang dikabarkan sebelumnya, Samsung saat ini sedang mencoba Snapdragon 820. Jika masih ada masalah di Snapdragon 820 yang akan menganggu penjualan Galaxy S7, maka pilihan terakhir dari Samsung yaitu hanya menggunakan Samsung Exynos 8890

Qualcomm Snapdragon 820

Samsung banyak berharap kepada prosesor terbaru dari Qualcomm ini. Peningkatan yang sangat signifikan dapat ditemukan diprosesor ini. Salah satunya adalah peningkatan kemampuan grafis sebanyak 40% jika dibandingkan dengan Snapdragon 810.

Walaupun kemampuan grafis meningkat, kebutuhan dayanya malah berkurang. Snapdragon 820 akan mengkonsumsi daya 40% lebih sedikit jika dibandingkan dengan Snapdragon 810. Dengan begitu, bisa dipastikan bahwa smartphone yang menggunakan prosesor ini akan lebih bertahan lama.

Sumber: SamMobile

Artikel Terkait


Tentang Achmed Islamic Hernawan

Aku adalah seseorang yang menyukai teknologi. Bagiku, teknologi bukan membuat manusia menjadi malas. Namun tentang bagaimana menggunakan teknologi agar kita dapat mengerjakan hal lainnya, sehingga tidak menghabiskan waktu.

Ada tanggapan atau pertanyaan? Diam tidak selalu emas lho!

You have to agree to the comment policy.