Windowsku Review: Comodo Programs Manager


Comodo Programs Manager adalah sebuah aplikasi untuk melakukan proses uninstall program di komputer anda. Dengan memakai aplikasi ini, anda terbantu untuk melakukan penghapusan program yang tidak dibutuhkan lagi. Comodo Programs Manager sangatlah ampuh dalam melakukan penghapusan file dari program yang tidak bisa dihapus oleh uninstaller biasa.

Dalam Windows, anda juga bisa menghapus program dengan fitur “Uninstall Program” di Control Panel. Namun, jika anda menggunakan fitur tersebut, sebenarnya masih ada file yang tertinggal dan tidak bisa terjangkau untuk dihapus. Untuk itu, Comodo Programs Manager dapat membantu anda untuk melakukannya.
Mengunduh Comodo Programs Manager
 
Untuk melakukan unduh atau download, klik saja link dibawah ini:
Proses Instalasi
 
Seluruh proses instalasi Comodo Programs Manager cukup mudah dan tidaklah ribet. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Di Window pertama, silahkan anda pilih bahasa yang akan digunakan. Klik OK jika sudah.
  • Selanjutnya, klik “I Agree” untuk menyetujui EULA (End User License Agreement”.
  • Di Window selanjutnya, silahkan cari posisi dimana aplikasi ini terinstall. Lalu klik “Install”
  • Tunggu hingga proses Instalasi selesai.
  • Jika anda ingin mendapatkan informasi dari produk Comodo lainnya, tambahkan alamat E-mail anda dan klik Next.
  • Langkah terakhir, Comodo Programs Manager akan meminta anda untuk melakukan restart. Klik “Finish” untuk melakukan restart.
Total ada 6 langkah yang harus anda lalui untuk melakukan instalasi Comodo Programs Manager. Cukup sedikit dan tidaklah sulit.
Tampilan Utama Comodo Programs Manager
 
Untuk memulai menggunakannya, bukalah Comodo Programs Manager. Pada saat anda membuka programnya, Comodo Programs Manager akan mengecek komputer apa dan berapa program yang terinstall. Jika sudah, jumlah program yang terinstall akan muncul.
Menu Utama
 

Ada 4 menu utama yang bisa anda nikmati di program Comodo Programs Manager ini. Menu tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Programs: Menyediakan daftar program yang terinstall dan berbagai opsi untuk mengatur program tersebut.
  2. Drivers and Services: Menampilkan berbagai driver dan layanan yang terinstall di komputer anda.
  3. Windows Feature: Menampilkan fitur-fitur Windows apa saja yang aktif.
  4. Windows Update: Menampilkan update apa saja yang terinstall di komputer anda.

Mari kita bahas menu utama tersebut.

Programs

Disinilah anda bisa menghapus program yang tidak diperlukan kembali. Untuk memulai, klik menu “Programs”. Disana, akan ditampilkan daftar program yang terinstall di komputer anda.

Untuk memulai menghapus program, klik saja program tersebut. Nantinya, akan keluar informasi mengenai program tersebut dan opsi apa saja yang bisa anda lakukan untuk program tersebut.

Comodo Programs Manager mendukung pemonitoran program. Untuk program yang lama, anda belum bisa membersihkannya secara utuh menggunakan program ini, karena belum monitor. Jika anda melakukan instalasi program baru sekarang, Comodo Programs Manager akan memonitor program yang diinstall, apa saja file dan folder yang dibuat oleh program tersebut. Sehingga Comodo Programs Manager dapat menghapus file secara sempurna, tanpa meninggalkan jejak.

Drivers and Services

Selain menghapus program, anda juga bisa menghapus Driver dan layanan Windows yang tidak anda perlukan. Perlu diperhatikan bahwa, jika anda tidak tahu mengenai driver dan service ini, saya sarankan untuk tidak menghapusnya.

Untuk melihat layanan apa saja yang ada di Windows, klik saja “Drivers and Services”.

Jika anda klik driver atau layanan tersebut, akan ada opsi untuk melakukan uninstall. Mohon hati-hati dalam melakukan proses ini dan pastikan layanan tersebut tidak anda pakai.

Windows Features

Banyak sekali fitur-fitur di Windows yang aktif saat anda menggunakan komputer untuk pertama kalinya. Sebenarnya, ada beberapa fitur yang tidaklah terlalu berguna untuk diaktifkan dan akan memberatkan komputer jika tidak dimatikan. Untuk itu, anda bisa menghapus fitur Windows tersebut dengan mudah dengan bantuan Comodo Programs Manager.

Untuk melihat fitur apa saja yang aktif, klik saja “Windows Features.”

Yang ditandai dengan tanda centang merupakan fitur yang aktif di Windows. Anda bisa menghilangkan tanda centang tersebut untuk menghilangkan fitur tersebut di Windows.

Windows Updates

Disini, anda bisa melihat update apa saja yang terinstall di komputer anda. Untuk memulai, klik saja “Windows Updates”.

Kesimpulan

Aplikasi Freeware ini sangatlah membantu anda dalam menghapus program yang terinstall. Selain itu, Comodo Programs Manager bisa melakukan monitoring terhadap program yang baru saja anda install, agar di kemudian hari, program tersebut dapat dihapus dengan menyeluruh. Sekian artikel hari ini, semoga bermanfaat. Terus kunjungi Windowsku, Pusat Informasi Komputer dan Windows untuk mengetahui artikel menarik lainnya.

Artikel Terkait


Tentang Achmed Islamic Hernawan

Aku adalah seseorang yang menyukai teknologi. Bagiku, teknologi bukan membuat manusia menjadi malas. Namun tentang bagaimana menggunakan teknologi agar kita dapat mengerjakan hal lainnya, sehingga tidak menghabiskan waktu.

Ada tanggapan atau pertanyaan? Diam tidak selalu emas lho!

You have to agree to the comment policy.