10 Alasan Menggunakan Windows 10 Yang Harus Anda Ketahui!

10 alasan menggunakan Windows 10

Windows 10 sangat fenomenal, sehingga anda perlu tahu apa saja alasan menggunakan Windows 10. Ini pertama kalinya Microsoft menawarkan upgrade Windows gratis melalui Windows 10. Efeknya pun sangat terasa. Steam sebagai platform game mendapatkan statistik bahwa Windows 10 digunakan 25% di platform-nya. Selain itu, statistik lainnya mengatakan bahwa Windows 10 sudah terinstall lebih dari 67 juta PC dalam 1 minggu.

Di artikel ini, mari kita sama-sama bahas 10 alasan menggunakan Windows 10. Jika anda pengguna Windows 7 dan Windows 8, Microsoft sudah memberikan upgrade Windows 10 gratis. Apapun yang anda lakukan di Windows 7 dan 8, tentu saja bisa anda lakukan di Windows 10. Dan 10 alasan ini akan membuat anda segera pindah ke WIndows 10. Langsung saja, ini dia 10 alasan menggunakan Windows 10.

1. Action Center yang baru

Di Windows 7 dan 8, Action Center hanya berguna untuk memberikan notifikasi mengenai status komputer anda, apakah Windows sudah terproteksi atau tidak. Selain itu, status maintenance dan lainnya juga ada disana.

Action Center Di Windows 10

Namun di Windows 10, Microsoft membuat Action Center lebih lengkap. Selain yang disebutkan diatas, notifikasi lainnya seperti e-mail, jejaring sosial, dan notifikasi dari aplikasi lainnya akan dimunculkan disana. Keren!

2. Start Menu baru! (Windows 7 + Windows 8)

Yang saya suka juga dari Windows 10 adalah penggabungan desain Start menu di Windows 7 dan Start Screen di Windows 8. Banyak orang yang lebih menyukai Start Menu, namun bagi pengguna layar sentuh, Start Screen di Windows 8 terasa lebih berguna, karena ukurannya menyesuaikan ukuran jari anda.

Start Menu Di Windows 10

Daripada bingung, Microsoft menggabungkan kedua hal tersebut. Dan jadilah Start Menu seperti pada gambar diatas. Selain itu, anda bisa mengubah posisi aplikasi sebebas-bebasnya seperti Windows 8.

3. Quick Access di File Explorer

Microsoft memperkenalkan fitur baru untuk File Explorer, yaitu Quick Access. Fitur tersebut menampilkan folder yang paling anda sering akses, sekaligus menampilkan file yang terakhir anda akses.

Quick Access Di File Explorer Di Windows 10

Semakin sering anda mengakses sebuah folder, maka folder tersebut ditaruh semakin atas dan jika sebaliknya, maka folder tersebut akan ditaruh dibawah. Untuk yang bagian “Recent files”, apa saja file yang baru anda akses, akan ditaruh ke paling atas. Fitur ini tentu saja sangat berguna dan saya sering menggunakannya.

4. Continuum

Pada poin ke-2, saya menyebutkan Start Menu sebagai salah satu fitur yang saya suka. Dan ternyata, Start Menu tersebut bisa menjadi “Start Screen” sesuai perangkat yang anda gunakan. Misalnya anda menggunakan 2-in1 notebook, ketika anda berubah menjadi mode tablet, maka Windows 10 akan menyesuaikan tampilannya, termasuk Start Menu.

Semua ini dapat bekerja karena Windows 10 dapat mendeteksi ketika anda menggunakan mode tablet. Ketika terdeteksi, Windows 10 memberikan pilihan apakah anda ingin menggunakan mode tablet atau tidak. Jika iya, maka tampilan Windows 10 menyesuaikan, sehingga penggunaannya jadi lebih mudah untuk layar sentuh.

5. Battery Saver

Karena Windows 10 digunakan di berbagai perangkat seperti laptop, tablet, dan bahkan smartphone, maka Microsoft membuat fitur Battery Saver, jadinya anda dapat menggunakan perangkat anda lebih lama.

Battery Saver Di Windows 10

Cara kerja dari Battery Saver di Windows 10 adalah dengan membatasi aktivitas aplikasi yang berjalan di belakang. Selain itu, notifikasi dari aplikasi pun dibatasi, sehingga tidak terlalu memakan banyak daya.

6. Multiple Desktop

Multiple Desktop adalah salah satu fitur yang sangat meningkatkan produktivitas kerja. Dan fitur ini belum ada hingga Windows 10 muncul. Walaupun Microsoft telat menambah fitur ini, namun dengan adanya fitur ini, membuat alasan menggunakan Windows 10 menjadi lebih banyak.

Cara Menghapus Desktop Di Windows 10

Untuk informasi lebih lengkap, Windowsku sudah mengulas Multiple Desktop ini di artikel terpisah.

7. Snap

Ingin melakukan komparasi atau bekerja dengan monitor lebih dari 1? Snap akan membantu anda. Dengan fitur ini, anda dapat membuka 2 aplikasi bahkan lebih di dalam 1 layar. Namun di Windows 10, ketika anda sudah berhasil menggunakan Snap di satu aplikasi, maka Windows 10 akan menampilkan kembali aplikasi apa saja yang dapat di-Snap.

Snap Di Windows 10

Fitur ini sebenarnya sudah ada semenjak Windows Vista. Namun di Windows 10, ada beberapa fitur tambahan lagi. Misalnya saja di Windows 10, anda dapat membuka 4 program sekaligus dalam 1 layar. Selain itu, anda bisa merubah ukuran jendela setiap aplikasi. 2 hal tersebut tidak bisa anda lakukan di versi sebelum Windows 10.

8. Scroll di jendela yang tidak aktif

Mungkin hal ini belum pernah anda melakukan. Namun jika anda mencobanya, hal tersebut sangatlah membantu anda.

Scroll Di Windows Yang Tidak Aktif

Contohnya saja ketika anda menggunakan fitur Snap yang sudah dibahas sebelumnya. Jendela yang aktif saat ini adalah File Explorer. Anda dapat melakukan scroll disana. Dengan fitur ini, anda juga dapat melakukan scroll di aplikasi Mail tanpa harus anda mengklik jendela Mail.

Mengaktifkan Fitur Scroll Di Window Yang Tidak Aktif

Untuk mengaktifkannya, anda bisa membuka Settings > Devices > Mouse & Touchpad. Secara default, opsi ini sudah hidup. Jika tidak, silahkan klik saja menjadi “On” pada “Scroll inactive windows when I hover over them”.

9. Command Prompt yang makin kaya fitur

Apakah anda sering menggunakan Command Prompt? Command Prompt yang ada di Windows 10 pastinya lebih anda sukai, karena menawarkan beberapa fitur baru. Walaupun tidak sekuat PowerShell ataupun Bash Terminal yang ada di Linux, tidak ada salahnya menggunakan Command Prompt untuk tugas yang mudah-mudah saja.

Copy Dan Paste Direktori Di Command Prompt

Fitur baru Command Prompt di Windows 10 salah satunya adalah anda dapat menggunakan keyboard CTRL + V untuk melakukan paste perintah. Misalnya saja anda mengikuti tutorial Command Prompt di Internet dan sekarang, anda dapat Copy & Paste perintahnya. Selain itu, anda dapat klik dan drag folder ke Command Prompt untuk memasukkan direktorinya kedalam perintah.

10. Software tambahan yang sudah terinstall di Windows 10

Hadirnya Windows 10 membawa beberapa aplikasi baru yang patut anda coba. Di update terakhir Windows 10, Microsoft membuat OneNote dapat digunakan oleh semua pengguna secara gratis. Sebelumnya, anda harus menggunakan Microsoft Office agar dapat menggunakannya.

3D Builder Di Windows 10

Selain itu, anda dapat membuat objek 3D dengan aplikasi 3D Builder. Game pun disematkan di Windows 10 seperti Solitaire. Jadinya, pengalaman anda menggunakan Windows 10 untuk pertama kalinya lebih menyenangkan walaupun belum memasang aplikasi-aplikasi pihak ketiga lainnya.

Bagaimana menurut anda artikel 10 Alasan Menggunakan Windows 10?

Dari semua 10 alasan menggunakan Windows 10 tersebut, yang mana yang paling anda sukai? Semua hal diatas sangat saya sukai dan tentu saja hal tersebut membuat saya menggunakan Windows 10. Bagikan pengalaman anda menggunakan Windows 10 di kotak komentar. Sekian artikel 10 Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan Windows 10, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Dan jangan lupa untuk Like Facebook Windowsku untuk mendapatkan update terbaru seputar teknologi seperti artikel ini. Jika anda ingin mempercepat Windows 10 anda, anda bisa membaca artikel berikut ini:

Tinggalkan sebuah komentar

You have to agree to the comment policy.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Satu pemikiran di “10 Alasan Menggunakan Windows 10 Yang Harus Anda Ketahui!”