10 Tips Mempercepat Kinerja Windows 10

10 Tips Mempercepat Kinerja Windows 10

Apakah anda pengguna Windows 10? Saya juga tidak lebih dari sebulan sudah mengupgrade Windows 7 saya menjadi Windows 10. Banyak sekali fitur-fitur baru yang pastinya harus anda coba. Selain mencoba fitur-fitur baru tersebut, anda juga perlu mempercepat kinerja Windows 10 anda, agar komputer anda tidak membuang-buang waktu berharga anda.

Langsung saja, ini dia tipsnya untuk anda:

1. Mematikan Startup program yang tidak diperlukan

Daftar program yang berjalan di Taskbar

Startup program adalah semua aplikasi yang berjalan secara otomatis pada saat Windows dijalankan. Semua aplikasi tersebut bisa anda lihat pada taskbar. Jika anda merasa ada aplikasi/program yang semestinya tidak perlu untuk dijalankan, anda bisa mematikannya dengan mudah.

Mematikan program agar tidak berjalan saat Statup

Tekan kombinasi CTRL + SHIFT + ESC untuk membuka Task Manager. Masuk ke tab Startup dan disana, anda dapat melihat aplikasi apa saja yang berjalan pada saat Windows dihidupkan. Matika semua program yang anda rasa tidak diperlukan dengan cara mengklik Disable. Anda juga bisa mengklik kanan dan klik Disable.

Disana juga ada kolom Impact. Anda bisa menilai program apa yang paling banyak membuat Windows anda lambat pada startup. Jika statusnya Low, maka program tersebut hanya berdampak sedikit. Jika High, maka berdampak sangat berat. Prioritaskan untuk mematikan program yang memberikan dampak paling negatif.

2. Mematikan animasi di Windows 10

Setiap kali anda menggunakan Windows 10, ada berbagai animasi yang dimunculkan. Misalnya saja saat anda maximize atau minimize window yang sedang aktif. Hal tersebut memakan memori dan akan memperlambat komputer. Jika anda ingin mempercepat kinerja Windows 10, mematikan beberapa animasi tersebut akan sangat membantu.

Mencari Pengaturan Animasi Di Start Menu

Untuk mematikan animasi, buka Start Menu dan mulai ketik “adjust the” dan klik hasil pencarian pertama, yaitu “Adjust the appearance and performance of Windows” dan tekan enter.

Cara mematikan animasi di Windows 10

Anda bisa menghilangkan tanda centang pada beberapa animasi yang ada seperti pada gambar diatas. Atau, anda bisa langsung memiliih “Adjust for best performance”. Opsi ini memastikan performa Windows 10 anda akan meningkat.

3. Menghapus Crapware

Jika anda memiliki komputer atau laptop yang terinstall aplikasi perusahaan pihak ketiga atau sejenisnya, menghapusnya dapat menolong komputer anda berjalan lebih cepat. Terkadang, aplikasi tersebut akan memunculkan pop-up yang tidak penting.

Cara menghapus Crapware di Windows 10

Cara menghapusnya adalah dengan menuju Start dan mengetik “change or remove” dan tekan enter. Silahkan anda hapus program bawaan dari laptop anda. Seperti saya, saya ingin menghapus Lightworks. Aplikasi seperti Crapware tersebut berbeda-beda setiap komputer.

Tidak hanya Crapware saja, menghapus program yang tidak terpakai juga sangat membantu. Saya sarankan setiap 1-2 bulan sekali, anda mengecek apakah ada program yang jarang sekali anda pakai.

4. Membersihkan data-data yang tidak penting

Setiap harinya, Windows membuat data-data sementara di harddisk/SSD anda. Data-data itu diambil dari program yang anda gunakan dan berbagai faktor lainnya. Membersihkan data-data ini secara reguler juga dapat mempercepat kinerja Windows 10.

Menghapus data-data tidak penting di Windows 10

Untuk memulai membersihkan data-data yang tidak penting, buka Start dan ketik “disk cleanup” dan tekan enter. Tunggu hingga Windows selesai memindai harddisk/SSD anda. Beri tanda centang semua data-data yang menurut anda tidak penting. Jika sudah, klik saja Ok.

Anda juga dapat melakukan ini secara reguler. Lakukan setidaknya satu bulan sekali, untuk menjaga performa Windows 10 anda.

5. Mengecek virus dan malware jahat lainnya

Windows Defender di Windows 10

Virus dan malware jahat tentu saja berdampak buruk bagi performa Windows. Anda dapat menggunakan Windows Defender yang sudah built-in di setiap Windows 10, atau menggunakan antivirus lainnya seperti Avast atau BitDefender.

Jika menurut anda ada malware jahat yang susah sekali dibasmi, anda dapat menggunakan Malwarebytes. Antimalware ini gratis dan anda dapat menggunakannya kapan saja. Perlu diperhatikan, bahwa Malwarebytes ini bersifat pasif, karena tidak memiliki Real Time Protection atau pengamanan secara Real Time. Anda masih harus menggunakan Antivirus untuk menjaga komputer anda.

6. Mengubah pengaturan Power menjadi High Performance

Performa Windows 10 yang lambat bisa saja disebabkan karena pengaturan Power yang salah. Secara default, pengaturan power berada pada Balance. Anda dapat beralih ke High Performance, jika ingin peningkatan performa yang instan.

Cara memilih power plan menjadi High Performance di Windows 10

Silahkan anda buka Power Plan dengan cara klik Start dan ketik “choose a power” dan tekan enter. Lalu, silahkan anda pilih High Performance. Perlu diperhatikan bahwa menggunakan opsi ini akan menghabiskan daya dengan cepat jika anda menggunakan laptop.

7. Menggunakan Performance Troubleshooter

Jika anda bingung apa penyebab komputer anda lambat, anda bisa menggunakan Performance Troubleshooter. Program ini akan mencari secara otomatis apa saja yang membuat komputer anda lambat.

Mencari penyebab Windows 10 lambat

Untuk menggunakannya, ketik “trouble” dan tekan enter untuk membuka Troubleshooting. Masuk ke System & Security dan klik saja System Maintenance. Selain System Maintenance, anda juga dapat menggunakan opsi lainnya, agar masalah anda dapat dengan cepat teratasi.

8. Mematikan Search Indexing

Bagi anda yang memiliki komputer dengan spesifikasi yang kurang memadai, anda dapat mematikan Search Indexing. Search Indexing ini sebenarnya berfungsi untuk mengindeks seluruh file yang ada di komputer, sehingga anda dapat mencarinya dengan cepat.

Cara mematikan Search Indexing di Windows 10

Untuk mematikan Search Indexing, ketik “services” di Start dan tekan enter untuk membuka Services. Carilah Windows Search seperti pada gambar diatas. Klik kanan dan klik Stop untuk menghentikan Search Indexing di Windows 10 anda.

Cara Hardware

8 cara diatas merupakan 8 tips mempercepat kinerja Windows 10 melalui optimisasi Windows 10. Jika anda ingin mengeluarkan beberapa rupiah untuk membeli hardware, tips dibawah ini pastinya akan membantu komputer anda menjadi lebih cepat. Berikut tipsnya:

9. Menambah/Upgrade RAM

Berapakah ukuran RAM anda? Windows 10 dapat berjalan di RAM 1 GB jika anda menggunakan Windows 10 32 bit dan 2 GB jika anda menggunakan Windows 10 64 bit. Menambah atau Upgrade RAM adalah solusi yang tepat untuk mempercepat kinerja Windows 10, karena makin banyak program yang dapat ditampung di memori. Bagi anda yang suka menjalankan banyak program sekaligus, menambah RAM adalah opsi terbaik.

Jika anda menggunakan laptop, biasanya tersedia slot RAM tambahan. Sehingga, anda bisa menambah RAM anda dengan cara membeli RAM baru. Ada banyak sekali situs penjual RAM atau anda bisa membelinya lansung di toko-toko terdekat.

Beli RAM V-Gen 4 GB untuk laptop

Jika anda ingin membeli Online, anda dapat membeli V-Gen Memory Ram Notebook DDR3 PC12800 Sodimm – 4GB dengan harga Rp. 348.000. Harga tersebut sudah di diskon sebesar 34%. Silahkan anda cek untuk informasi lebih lanjut.

10. Upgrade HDD menjadi SSD

Apakah anda pernah mendengar SSD? SSD adalah tempat penyimpanan yang tidak menggunakan piringan seperti Harddisk. Saya sudah membahas HDD vs SSD, sehingga anda dapat cek di artikel tersebut.

Intinya adalah SSD jauh lebih cepat daripada HDD. SSD juga lebih tahan lama dan memiliki umur pakai yang lebih lama dan konsumsi dayanya sangat rendah, berkat tidak adanya komponen yang bergerak. Namun, harga SSD masih sangat mahal. Harga SSD dengan kapasitas 128 GB dijual dengan harga sekitar Rp. 1 juta. Ada yang kurang dan ada yang lebih.

Beli SSD Transcend 128 GB

Jika anda berencana untuk upgrade HDD menjadi SSD, anda bisa cek Transcend SSD D370 SATA III 6Gb/s 128GB dengan harga RP 920.000. Anda bisa memasangkannya di laptop anda.

Bagaimana menurut anda artikel Tips Mempercepat Kinerja Windows?

Dari semua tips yang diberikan, yang mana yang paling anda suka? Jika anda memiliki tips lain, silahkan tulis di kotak komentar. Kami sangat senang membaca komentar anda. Sekian artikel 10 Tips Mempercepat Kinerja Windows 10, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.