Lompat ke konten
BerandaDesktopWindowsWindows 812 Alasan Kenapa Windows Explorer di Windows 8 Sangat Keren

12 Alasan Kenapa Windows Explorer di Windows 8 Sangat Keren

Di Windows 8, Windows Explorer dirubah tampilannya sehingga mirip dengan Office 2010, yaitu menggunakan Ribbon. Banyak yang suka dengan hal tersebut, dan tidak sedikit juga yang komplain akan ribbon tersebut. Tapi, menurut saya penggunaan Ribbon di Windows 8 sangatlah bagus dan sangat simpel. Inilah 12 alasan tersebut:

Alasan 1: Ribbon Yang Simpel
Karena, kita tinggal mengklik tab yang menurut kamu yang akan kamu gunakan. Opsi – opsi yang akan muncul di Ribbon adalah Opsi yang memang bisa digunakan. Jadi, tombol yang tidak digunakan akan tidak muncul di menu pilihan Ribbon.
Hal itu sangat menghemat waktu. Seperti contoh dibawah ini. Jika kita bekerja dengan Network Folder, maka menu – menu pilihan di Ribbon akan berubah pula, sesuai dengan keadaan. Seperti gambar dibawah ini:

Jika kamu mengklik Computer, kamu akan melihat, menu – menu Ribbon akan berubah.

Alasan 2: Tampilan Copy dan Cut Yang Lebih Intuitif Dan Mudah
Mungkin ada pembaca yang bertanya, apa kegunaan animasi pada saat Copy di Windows Vista dan 7? Jika kita Copy, Cut, dan Paste, akan disediakan animasi, yang sebenarnya tidak berguna. Di Windows 8, animasi tersebut akan dihilangkan, seperti digambar dibawah ini:

Dan juga, saat kita mengcopy File dan menemukan File yang sama, menu – menu yang dimunculkan lebih mudah untuk dimengerti, seperti gambar dibawah ini:

Alasan 3: Fitur Copy Path
Di Windows Explorer pada Windows 8, kamu bisa mengcopy alamat dari File yang kamu mau. Caranya, cukup klik File atau Folder lalu klik Copy Path

Alasan 4: Tombol Up Ada Lagi
Di Windows XP, tombol Up sangat berguna untuk balik ke folder sebelumnya. Berbeda dengan tombol Back, yang kembali ke area sebelumnya.

Alasan 5: Mengatur Bagaimana Melihat File Dengan Mudah Sekali
Sering sekali saat kita ingin melihat gambar, kita ingin Thumbnail terlihat lebih besar atau mau lebih kecil. Di Windows Vista dan Windows 7, caranya terlihat sedikit agak rumit. Tidak di Windows 8, karena semua itu terangkum di Tab View dan kita tinggal memilih mana yang akan digunakan. Seperti gambar dibawah ini:

Alasan 6: Ada Quick Access Toolbar
Di Windows 8, juga terdapat Quick Access Toolbar yang berisi perintah – perintah yang sering digunakan oleh kita. Seperti Delete, Rename, Undo, Redo, dan lainnya.

Alasan 7: Pencarian Sangat Cepat Dan Hasil Yang Bagus
Search di Windows 8 terasa lebih cepat dan lebih relevan daripada Search yang ada di Windows 7.

Alasan 8: Membuka Command Prompt Dari Lokasi Tersebut
Fitur ini sebenarnya digunakan untuk para pengguna yang sudah expert. Saya sebenarnya juga tidak mengerti. Jadinya, kita bisa membuka Command Prompt melalui alamat folder tersebut.

Alasan 9: Mount ISO Image
Sering bekerja dengan file berekstensi ISO? Maka, di Windows 8 kita akan dipermudah, karena sudah bisa Mount ISO Image. Tidak perlu pakai Software lainnya. Jadi lebih mudah kan?

Alasan 10: Membuka Windows Explorer Dalam Proses Yang Terpisah
Di Windows XP, Windows Vista, dan Windows 7, jika kita membuka jendela Windows Explorer baru, maka tiap jendela memiliki proses yang sama. Jadinya, jika salah satu jendela Hang, maka yang lainnya juga. Tapi, tidak akan terjadi di Windows 8, karena tiap jendela Windows Explorer bisa kamu atur memiliki Proses yang berbeda. Sehingga, jika salah satu jendela Hang atau Not Responding, Jendela yang lainnya tidak akan ikutan.

Alasan 11: Pengaturan Mudah Ke Folder Favorit
Folder favorit memudahkan kita mencari folder atau file yang paling sering diakses. Tapi, di Windows 7, menambahkan folder atau file ke folder favorit cukup rumit. Maka di Windows 8, semua itu dirubah menjadi lebih gampang. Tinggal klik di menu Ribbonnya dan selesai sudah.

Alasan 12: Mudah Untuk Copy Dan Cut File Atau Folder
Masalah Cut dan Copy di Windows 8 sangatlah mudah. Tidak dibingungkan dengan pilihan yang banyak jika kita mengklik kanan file dan klik Cut atau Copy. Cukup kita klik di menu Ribbon.

1 tanggapan pada “12 Alasan Kenapa Windows Explorer di Windows 8 Sangat Keren”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Exit mobile version