BerandaWebBrowser13 Firefox Hack Yang Harus Anda Kuasai

13 Firefox Hack Yang Harus Anda Kuasai

13 Firefox Hack Yang Harus Anda Kuasai

13 Firefox Hack Yang Harus Anda Kuasai – Mozilla Firefox adalah salah satu browser yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Jika anda juga pengguna Firefox, anda harus menguasai seluruh hack yang akan Windowsku berikan untuk anda. Semua hack ini tentu saja akan membantu anda menggunakan Firefox dan menghemat banyak waktu.

Berikut adalah 13 Firefox Hack yang harus anda kuasai. Jika anda ingin menguasai Firefox secara keseluruhan, jangan sampai anda tidak membaca 13 tips ini.

1. Menggunakan Reader Mode

Cara menggunakan Reader Mode di Firefox

Pada Firefox versi terbaru, Mozilla menambahkan fitur Reader Mode, dimana anda bisa membaca situs kesayangan anda dengan menghilangkan beberapa konten yang tidak penting. Kemudian, Firefox akan menampilkan hanya artikelnya saja.

Menggunakan Reader Mode

2. Gunakanlah Keyboard Shortcut

Menggunakan keyboard tentu saja jauh lebih cepat daripada anda memegang mouse dan mengklik icon yang ada. Seperti browser lainnya, Firefox juga memiliki berbagai macam keyboard shortcut yang dapat menghemat waktu berharga anda.

Berikut beberapa keyboard shortcut yang dapat menghemat waktu.

  • Spacebar – Page down
  • CTRL + F – Find
  • CTRL + T – Tab baru
  • F5 – Refresh
  • F11 = Layar penuh

Sebenarnya, masih banyak shortcut yang bisa anda pakai di Firefox. Namun, anda bisa melihat di Mozilla Support untuk daftar keyboard shortcut yang lebih lengkap.

3. Mencari Add-ons

Mengakses Add-ons di Firefox

Firefox memiliki banyak sekali Add-ons untuk menunjang dan menambah fungsionalitas. Untuk membuka Add-ons, anda bisa menekan kombinasi CTRL + SHIFT + A, atau anda bisa mengetikkan about:addons pada address bar.

Di Firefox, ada 2 tipe dari Add-ons itu sendiri. Berikut penjelasannya:

  1. Themes – Add-ons ini berfungsi untuk mengubah tampilan dari Firefox.
  2. Functions – Add-ons jenis ini dapat menambah fitur yang sebelumnya belum ada atau meningkatkan fitur yang sudah ada.

Mencari Add-ons ShareThis di Firefox

Silahkan anda cari Add-ons yang menurut anda akan membantu anda. Misalnya, anda ingin Add-ons yang dapat membagikan website ke teman-teman di jejaring sosial. Saya sarankan anda untuk menggunakan ShareThis. Silahkan anda cari ShareThis dan kemudian install.

Membagikan website ke jejaring sosial

Dengan mengklik icon ShareThis, anda dapat berbagi ke jejaring sosial dengan mudah. Selain itu, anda juga dapat menambah jejaring sosial lainnya, seperti Pinteres dan Instagram.

4. Cache

Apakah anda pernah mendengar mengenai Cache? Cache adalah tempat untuk menyimpan berbagai media yang didapatkan melalui website yang anda kunjungi. Agar lebih mengerti, coba saja anda bandingkan kecepatan membuka situs pada saat pertama kali dan kemudian anda mengaksesnya kembali. Pastinya, akses yang kedua lebih cepat dari yang pertama.

Itu dikarenakan pada saat anda pertama kali mengunjungi situs, Firefox secara otomatis mengunduh beberapa gambar dan disimpan di komputer anda. Jika anda mengakses situs tersebut kembali, Firefox tidak harus mendownload ulang gambar-gambar tersebut. Cukup mengaksesnya lewat Cache.

Cara mengatur Cache di Firefox

Anda dapat mengatur Cache melalui menu Preferences, namun anda dapat lebih cepat masuk ke Cache dengan cara mengetik about:preferences#advanced.

Secara default, Firefox akan mengatur berapa ukuran dari Cache yang harus disimpan di komputer anda. Atau, anda bisa membatasi ukuran Cache dengan memberi tanda centang pada “Override automatic cache management”. Lalu, spesifikasikan ukuran Cache yang diinginkan.

5. Mengganti Search Engine

Biasanya, anda menggunakan Google untuk mencari situs yang tepat. Jika anda juga menggunakan Search Engine lainnya seperti Bing atau Yahoo, anda dapat merubah Search Engine di Firefox.

Cara mengatur Search Engine di Firefox

Anda bisa mengetikkan “about:preferences#search” dan tekan tombol enter di Address Bar untuk langsung membuka pengaturan Search Engine. Anda bisa memilih Search Engine default ke Search Engine lainnya.

6. Mengakses Configurations Firefox

Cara mengakses menu Config di Firefox

Tips berikutnya adalah mengakses Configurations di Firefox. Hack ini harus anda perhatikan dan ikuti semua cara yang ada di artikel ini. Anda dapat mengetikkan “about:config” untuk membuka pengaturan ini. Sekali lagi, ikuti cara-cara di artikel ini, agar Firefox anda tidak mengalami masalah.

Jika anda setuju, anda bisa mengklik “I’ll be careful, I promise!”.

7. Menampilkan hasil pencarian di Tab baru

Cara membuka Tab baru pada saat menggunakan pencarian

Ini adalah pengaturan Config yang pertama kalinya. Anda harus mengikutinya satu-persatu, agar tidak terjadi masalah di Firefox anda. Dengan menggunakan about:config tadi, anda bisa mengatur untuk membuka Tab baru jika anda melakukan pencarian. Caranya sangat mudah. Silahkan anda ketik “search.open”. Kemudian, klik dobel pada “browser.search.opentab”, sehingga Value berubah menjadi True.

Jika anda mencari sesuatu di Firefox melalui kolom Search, nantinya Firefox akan membuka Tab baru dan memberikan hasil pencariannya.

8. Meningkatkan kecepatan Page Load dengan Pipelining

Hack kedua yang bisa anda lakukan dengan about:config adalah meningkatkan kecepatan Page Load. Secara default, Firefox menggunakan hanya 1 request saja agar website tampil. Dengan menggunakan metode Pipeline, Firefox dapat menggunakan lebih dari 1 request, agar kecepatannya meningkat.

Cara mengkonfigurasi Pipeline di Firefox

Sekarang, carilah di about:config dengan kata kuncu “pipelining”. Kemudian, aturlah value-nya seperti pada gambar diatas. Pastikan anda mengikuti gambar tersebut, agar pengaturannya benar.

9. Menggunakan Cache Back End

Hack selanjutnya adalah dengan menggunakan Cache Back End. Cara ini akan memperhalus dan mempercepat pengalaman browsing. Silahkan anda cari browser.cache.use_new_backend dan berikan value-nya menjadi 1.

10. Membersihkan memori yang digunakan Firefox

Mozilla Firefox pastinya akan menggunakan RAM anda ketika anda membuka website. Apalagi anda membuka banyak website. Tentunya akan membuat performa Firefox menurun.

Cara membersihkan memori di Firefox

Anda dapat membersihkan memori, agar Firefox mendapat kecepatan tambahan. Caranya adalah dengan mengetikkan “about:memory” dan tekan enter pada Address Bar. Kemudian, klik saja “Minimize memory usage”.

11. Menjalankan Firefox dengan Safe Mode

Jika Firefox anda bermasalah, anda dapat meluncurkan Firefox dengan Add-ons yang dimatikan. Biasanya, Firefox dapat terjadi masalah akibat adanya Add-ons.

Cara menjalankan Firefox dalam Safe Mode

Untuk menjalankan Firefox dalam Safe Mode, anda bisa menekan tombol SHIFT dan mengklik dobel pada shortcut Firefox. Atau, anda bisa mengakses menu Firefox kemudian mengklik icon Help dan klik “Restart with Add-ons Disabled…”.

12. Backup dan mengembalikan data ke Firefox

Bookmark, History, dan data-data lainnya tentu saja sangat penting. Jika perlu, anda bisa mem-backup seluruh data tersebut dengan mudah.

Cara Refresh Firefox Dan Membuka Direktori Data Firefox

Anda bisa mengetik “about:support” dan mengklik “Show Folder” jika anda menggunakan Windows dan mengklik “Open Directory” jika anda menggunakan Linux. Setelah anda klik, maka anda akan dibawa ke data-data personal anda. Anda dapat meng-copy seluruh data tersebut dan taruhlah di tempat yang aman.

Untuk mengembalikannya di kemudian hari, anda hanya harus meng-copy kembali ke direktori yang sama seperti sebelumnya.

13. Refresh Firefox

Jika cara pada nomor 11 tidak membuat Firefox anda membaik, anda dapat melakukan Refresh terhadap instalasi Firefox. Proses ini akan menghapus seluruh data-data yang ada, termasuk add-ons, bookmark, dan file lainnya. Pastikan anda melakukan backup seperti cara sebelumnya.

Buka “about:support” dan klik “Refresh firefox”. Perlu diperhatikan, bahwa saya asumsikan anda sudah mem-backup seluruh data anda. Jika belum, silahkan anda lakukan terlebih dahulu.

Bagaimana menurut anda artikel Firefox Hack Yang Harus Anda Kuasai?

Akhirnya, semua hack sudah Windowsku bagikan kepada pembaca. Dari seluruh hack tersebut, yang mana yang paling anda suka? Silahkan bagikan ke teman-teman anda dan tulis di kotak komentar jika anda memiliki saran atau pertanyaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.