4 Cara Ampuh Mengamankan Android Dari Pencurian

4 Cara Ampuh Mengamankan Android Dari Pencurian

4 Cara Ampuh Mengamankan Android Dari Pencurian – Smartphone sudah menjadi barang yang biasa dan tiap hari, kita selalu melihat orang-orang menggunakan smartphone. Angka pencurian smartphone dari tahun ke tahun pasti meningkat. Untuk itu, jangan gelar “smart” phone itu jadi tidak berguna ketika smartphone kita dapat dicuri dengan mudah.

4 Cara Ampuh Mengamankan Android Dari Pencurian

Di artikel kali ini, Windowsku akan membahas cara apa saja yang dapat anda lakukan untuk mengamankan smartphone anda. Saya juga akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi yang dapat anda coba untuk meningkatkan keamanan smartphone anda. Langsung saja, ini dia artikelnya.

1. Screen Lock, perlindungan pertama Android anda

Walaupun fitur Screen Lock sudah ada, banyak sekali pengguna Android yang tidak menggunakan fitur ini karena alasan kemudahan akses. Jika anda sangat memperhatikan data-data yang ada di Android anda, menggunakan Lock Screen merupakan kewajiban.

Menggunakan Screen Lock

Anda bisa membuka Settings > Security > Lock Screen. Lalu, pilih saja “Screen lock”.

Memilih Jenis Screen Lock

Kemudian, pilihlah jenis Screen Lock yang ingin anda pakai. Di tutorial ini, saya akan menggunakan “Pattern”. Silahkan anda gunakan opsi yang paling mudah. Ikuti petunjuk yang diberikan di Android anda.

Screen Lock Dengan Pattern

Jika sudah, maka setiap kali smartphone anda masuk Stand By dan anda membangunkannya, maka Android meminta anda untuk memasukkan “Pattern” yang sudah anda buat.

Dengan cara ini, siapapun yang membawa smartphone anda wajib memasukkan pattern yang anda buat. Namun, bagaimana jika pencurinya membawa kabur smartphone anda? Langsung saja terapkan cara nomor 2 dibawah ini.

2. Mengirimkan lokasi smartphone dan foto pencuri ke email anda dengan aplikasi Lockwatch

Membuat Screen Lock adalah langkah pertama anda dalam mengamankan smartphone anda. Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah menggunakan Lockwatch. Aplikasi ini mampu mengambil foto orang yang mengambil smartphone anda dan mengirimkan lokasi smartphone anda ke email yang anda berikan.

Cara kerja Lockwatch adalah mendeteksi kesalahan Lock Screen yang dimasukkan oleh pengguna. Jika pencuri memasukkan kode yang salah di Lock Screen yang baru saja anda buat, maka secara otomatis Lockwatch akan mengambil foto dengan kamera depan anda serta informasi lokasi smartphone anda saat ini.

Device Administrator Untuk Lockwatch

Setelah anda install aplikasi Lockwatch, masuk ke Settings > Security > Device Administrator. Berikan tanda centang pada Lockwatch, agar Lockwatch dapat memonitor Android anda.

Aplikasi Lockwatch

Buka aplikasi Lockwatch dan hidupkan opsi “Send alert email”. Jika anda ingin mengubah berapa kali kesalahan yang bisa ditolerir, anda bisa membuka opsi “Number of unlock attempts”. Pada gambar diatas, saya mengaturnya menjadi 1 kali. Maksudnya adalah ketika kita salah memasukkan kode Lock Screen 1 kali, maka Lockwatch langsung mengirimkan email.

Email Dari Lockwatch

Contoh email-nya bisa anda lihat pada gambar diatas. Lockwatch akan mengirimkan foto dan juga lokasi smartphone anda ketika ada yang mencoba mengakses Android anda. Mungkin, anda memiliki pertanyaan lagi. Bagaimana jika pencurinya tidak pernah membuka dan menggunakan Lockscreen? Bukannya Lockwatch hanya mengirimkan email jika setidaknya pencuri memasukkan kode yang salah sebanyak 1 kali? Untuk itulah Android Device Manager ada.

3. Lacak Android anda kapan saja dengan Android Device Manager

Ketika anda membeli smartphone dengan sistem operasi Android, maka pastinya anda diminta untuk masuk dengan menggunakan akun Google. Hal tersebut bukanlah yang tidak penting, namun sangat penting. Karena dengan masuk menggunakan akun Google, anda dapat melakukan banyak hal seperti menggunakan Play Store. Dan bahkan, anda dapat mengakses Android Device Manager.

Bagi yang belum tahu apa itu Android Device Manager (ADM), ADM adalah sebuah fitur yang dibenamkan di setiap Android untuk melacak smartphone. Tidak hanya melacak, ADM juga dapat membunyikan smartphone walaupun smartphone di-silent dan juga dapat mengunci smartphone.

Device Administrator Untuk Lockwatch

Sebelum menggunakan ADM, anda harus memberikan izin agar ADM dapat mengakses Android anda. Caranya sama seperti anda menggunakan Lockwatch dan bisa anda lihat pada gambar diatas.

Jika sudah, langsung saja buka Android Device Manager di komputer atau di smartphone Android lainnya. Pastikan anda Sign in menggunakan akun yang sama seperti pada Android yang anda gunakan.

Cara Menggunakan Android Device Manager

Ada 3 hal yang bisa anda lakukan dengan Android Device Manager.

  1. Ring: Langkah pertama yang harus anda coba adalah dengan menggunakan opsi Ring. Opsi ini akan membunyikan smartphone anda dengan volume paling keras. Smartphone akan tetap berbunyi walaupun anda sudah masuk ke mode Silent. 
  2. Lock: Jika anda tidak menemukan smartphone anda setelah anda membunyikannya, langkah awal yang bisa anda lakukan adalah mengunci smartphone anda dengan password. Usahakan berikan password yang sulit agar ketika pencuri membuka smartphone anda, pencuri tersebut tidak bisa membukanya.
  3. Erase: Anda juga dapat menghapus seluruh data yang ada di smartphone anda dengan opsi ini.

Cara Menghidupkan Location Di Android

Untuk melakukan ini semua, Android anda harus menghidupkan deteksi lokasi dan juga mobile data, sehingga anda harus menghidupkan 2 opsi tersebut kapan pun dan dimana pun.

Satu lagi pertanyaan yang mungkin ada di benak anda. Apakah anda pernah mencoba mematikan smartphone anda ketika berada pada Lock Screen? Ya, anda dapat mematikan smartphone anda langsung tanpa harus membuka kode terlebih dahulu di Lock Screen. Jika pencuri melakukan hal tersebut, maka anda tidak dapat melacak keberadaan smartphone anda. Lalu, apa yang anda lakukan? Tak perlu khawatir, anda harus mengikuti tips ampuh selanjutnya.

4. Mematikan fungsi Power Button pada saat Lock dengan Smart Lockscreen Protector

Mematikan Android Pada Saat Lock Screen

Bisa anda lihat pada gambar diatas, anda dapat mematikan Android anda walaupun anda belum memasukkan kode. Hal itu sangat berbahaya, karena anda tidak dapat melacak keberadaan smartphone anda.

Namun anda tak perlu khawatir, karena anda dapat menggunakan aplikasi Smart Lockscreen Protector. Aplikasi ini dapat mematikan opsi Power Button, sehingga pencuri tidak dapat mematikan smartphone anda bagaimanapun caranya. Mau tidak mau, pencuri harus membuka kode yang ada di smartphone anda agar dapat mematikan Android anda.

Cara Menggunakan Smart Screen Protector

Setelah anda selesai memasang Smart Lockscreen Protector, langsung hidupkan opsi “Enable lockscreen”. Dengan cara semudah itu, maka pencuri tidak dapat mematikan smartphone anda tanpa membuka kode Android anda terlebih dahulu.

Kesimpulan

Dengan menggunakan 4 cara ampuh ini, diharapkan smartphone Android anda dapat diamankan dan didapatkan kembali setelah terjadinya pencurian. Dari 4 cara ini, yang mana yang paling anda sukai? Atau apakah anda memiliki cara yang lebih ampuh lagi? Bagikan pengalaman anda di kotak komentar dibawah ini.

Jika anda mencari bagaimana menghemat kuota internet anda, temukan caranya di artikel Cara Menghemat Kuota Internet Di Android Dengan Opera Max.

Sekian artikel 4 Cara Ampuh Mengamankan Android Dari Pencurian, semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa untuk berlangganan Windowsku melalui Facebook sehingga anda tidak tertinggal dengan tips dan trik menarik lainnya.

Gambar: eric gross Melalui FreeImage

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.