5 Alasan Kenapa Masih Banyak Orang Yang Menggunakan Windows XP dan Bagaimana Solusinya

Hampir 30% penduduk dunia masih menggunakan Windows XP. OS ini adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan, karena tampilannya yang mudah dimengerti, stabil, dan dapat diandalkan oleh pengguna komputer. Namun, semua itu harus kita kubur dalam-dalam, karena usia Windows XP yang sudah tua dan seperti yang anda ketahui, Microsoft tidak lagi mendukung Windows XP.

Kalau anda sudah mengupgrade komputer anda menjadi Windows 7 dan Windows 8, pasti anda penasaran, apakah alasan pengguna Windows XP yang masih setia dalam menggunakan Windows XP? Windowsku akan merangkumnya untuk pembaca sekalian. Berikut ulasannya:
Windows XP masih berjalan dengan lancar
Kalau anda adalah pengguna Windows XP, jika komputer anda masih lancar, tentu saja anda belum memiliki alasan untuk pindah ke versi Windows yang lebih baru. Kenapa harus membuang-buang waktu untuk pindah ke versi terbaru, kalau di Windows XP saja sudah bisa memberikan semua yang anda inginkan?
Memang, Windows XP masih didukung oleh para developer software maupun hardware. Software baru biasanya masih mendukung Windows XP dan para pembuat hardware biasanya masih menyediakan driver untuk hardware mereka. Contoh saja perangkat iPhone 5 yang masih bisa terkoneksi dengan iTunes di Windows XP.
Windows XP
Namun, anda sudah mengetahui bahwa Microsoft telah menghentikan dukungan terhadap Windows XP. Itu sebenarnya adalah tanda, bahwa software dan hardware developer akan berhenti mendukung Windows XP juga. Hal ini juga terjadi pada Windows 98 yang sekarang sudah tidak ada lagi yang mendukung sistem operasi tersebut. Bahkan, browser seperti Google Chrome akan menghentikan dukungannya terhadap Windows XP pada bulan April 2015. Anda tidak bisa menggunakan Windows XP lebih lama lagi dan ini saatnya untuk anda berpindah ke yang lebih baru.
Solusi: Karena Microsoft telah menghentikan dukungannya, yang artinya komputer anda akan semakin rentan terhadap serangan malware jahat dan tidak adanya update, sebaiknya anda harus memikirkan untuk melakukan upgrade sistem operasi ke Windows 7 atau Windows 8. Bagi anda yang takut akan serangan malware jahat, menggunakan Windows XP adalah mimpi buruk untuk anda.
Peringatan Keamanan di Windows XP
Tampilan Windows XP yang masih familiar daripada Windows 8
Jika komputer yang anda miliki pertama kali adalah Windows XP, tentu saja anda sudah sangat terbiasa dengan tampilannya, anggap saja seperti tas yang anda miliki. Ketika tas yang anda miliki rusak, tentu saja anda harus membeli yang baru. Tapi jangan kaget, karena Windows yang baru memiliki tampilan yang sangat berbeda dengan Windows XP.
Jika anda belum siap dengan perubahan yang sangat signifikan yang ditawarkan oleh Windows 8, mungkin anda dapat beralih ke Windows 7. Windows 7 masih didukung oleh Microsoft hingga tahun 2020 dan tampilan Windows 7 tidaklah jauh berbeda dari Windows XP. Komponen-komponen di Windows XP seperti Start menu, taskbar, control panel, dan lainnya masih ada di Windows 7. Bahkan, Windows 7 dapat dioperasikan oleh layar sentuh.
Selain itu, anda juga bisa merubah tampilan Windows 7 lebih familiar lagi. Caranya adalah mengganti tema Windows 7 menjadi Windows Classic. Dengan begitu, tampilan transparan Windows 7 akan berubah layaknya tampilan Windows 2000.
Tampilan Windows 7 yang dirubah ke Windows Classic
Solusi: Jika anda lebih familiar ke Windows 7, jangan pindah ke Windows 8 dan gunakan saja Windows 7. Windows 7 sama saja seperti Windows 7, namun dengan berbagai kelebihan lainnya dibandingkan dengan Windows XP.
Windows versi terbaru mahal
Tentu saja, jika ingin mengganti sistem operasi, anda harus bersiap-siap merogoh kocek. Kisaran harga untuk Windows 7 atau Windows 8 adalah Rp. 1.200.000. Jika dipikir-pikir, akan lebih menguntungkan jika anda membeli komputer baru daripada mengupgrade sistem operasi saja.
Di dalam dunia teknologi, setiap teknologi yang kita miliki pasti memiliki umurnya masing-masing, karena teknologi dari waktu ke waktu akan terus berkembang. Jika anda memiliki komputer yang dibuat pada tahun 2004, berarti komputer anda sudah ketinggalan 10 tahun. Jika anda bandingkan dengan komputer yang terbaru saat ini, pasti anda terkagum-kagum dengan teknologi komputer saat ini yang sudah sangat maju.
Jika anda memiliki komputer yang sangat mahal, mungkin anda masih merasa puas saat ini, karena mungkin anda pikir komputer anda tidak terlalu ketinggalan zaman. Namun, tentu saja banyak orang yang ingin memiliki komputer yang lebih canggih lagi. Jika anda adalah orang seperti itu, mungkin anda akan berpikir untuk membeli komputer baru.
Solusi: Beli komputer baru, daripada membeli sistem operasi saja.
Windows 8 Retail Box
Memakan waktu lama untuk melakukan upgrade
Jika anda melakukan upgrade, anda harus berpikir keras bagaimana cara melakukan backup data. Tentu saja, melakukan backup memakan waktu cukup lama. Langkah-langkah yang harus anda lakukan adalah melakukan backup, melakukan instalasi Windows baru, menginstall driver hardware, menginstall software yang sering anda gunakan, melakukan copy kembali data yang tadi sudah dibackup, dan melakukan konfigurasi. Itu bukanlah hal yang hemat waktu.
Karena hal itulah, banyak orang yang tidak ingin melakukan upgrade ke Windows versi terbaru. Seperti pada pembahasan sebelumnya, mungkin anda lebih baik membeli komputer baru. Melakukan konfigurasi di komputer baru terasa sangat menyenangkan, daripada anda berkutat dengan komputer lama.
Jika anda berminat, anda sebenarnya bisa menggunakan aplikasi khusus untuk melakukan transfer data dari komputer lama ke komputer baru. Aplikasi tersebut adalah PCMover Express yang merupakan aplikasi migrasi data. Tentu saja ada aplikasi lain yang mirip dengan aplikasi tersebut. Contohnya saja Apple yang masih menyediakan aplikasi untuk beralih dari Windows XP ke Mac.
Solusi: Beli komputer baru dan gunakanlah aplikasi backup atau migrasi data untuk mempercepat proses transfer data.
PCmover Express
Dukungan software dan hardware lama
Misalnya saja anda memiliki aplikasi atau program lama yang hanya berjalan di Windows XP, dan anda masih memiliki hardware lama yang drivernya hanya bisa digunakan oleh Windows XP, pastinya anda tidak berniat untuk pindah ke sistem operasi yang baru.
Sebenarnya, tidak ada salahnya untuk mengganti program lama anda dengan cara mencari versi yang lebih baru, ataupun mencari program alternatif lainnya yang mendukung sistem operasi Windows yang baru. Jika anda memiliki perangkat hardware yang lama, mungkin anda harus mulai memikirkan untuk membeli yang baru, karena tidak mungkin anda terus menggunakan hardware yang sudah usang.
Solusi: Gunakan saja VirtualBox untuk menjalankan Windows XP di komputer baru anda. Sehingga anda bisa menjalankan Windows XP di komputer baru anda dan semua software anda dapat berjalan. Windowsku sudah memiliki artikelnya yang bisa anda lihat di link di bawah ini:
Solusi lainnya, coba saja gunakan Compatibility Options di Windows 7 atau di Windows 8. Caranya bisa anda ikuti di artikel Windowsku dibawah ini:
Menjalankan Windows XP di Windows 7
Kesimpulan
Apapun alasan anda, anda tidak mungkin terus menggunakan Windows XP. Ini saatnya anda mengganti Windows XP ke sistem operasi yang lebih baru. Sekian artikel hari ini, semoga bermanfaat. Terus kunjungi Windowsku, Pusat Informasi Komputer dan Windows untuk mengetahui artikel menarik lainnya.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.