BerandaDesktopWindows5 Cara Cepat Membuka Aplikasi Di Windows

5 Cara Cepat Membuka Aplikasi Di Windows

Bagaimana cara anda membuka aplikasi jika menggunakan komputer? Biasanya anda mencari shortcut di desktop dan melakukan klik 2 kali. Atau, anda mencari di Start menu. Disini, saya akan membahas 5 cara cepat membuka aplikasi di Windows yang bisa saja tidak pernah anda tahu sebelumnya.

Di artikel ini, anda akan mempelajari berbagai cara dalam membuka aplikasi di Windows. Sehingga, anda tidak terpaku dengan cara-cara lama dan mungkin cara alternatif ini dapat digunakan untuk berbagai situasi dan kondisi. Langsung saja, ini dia 5 cara cepat membuka aplikasi di Windows yang saya urutkan berdasarkan yang paling mudah.

1. Membuka aplikasi lewat Kotak Pencarian Start

Cara ini mungkin masih sangat jarang digunakan dan saya yakin, anda lebih menyukai cara ini dibandingkan cara lainnya. Caranya adalah tekan tombol Start di keyboard anda dan mulai ketik nama aplikasi yang ingin anda buka dan tekan tombol enter. Misalnya saya membuka aplikasi Notepad. Dengan mengetik, anda tidak perlu mencari shortcut di desktop maupun di Start Menu.

Bahkan tidak hanya aplikasi, anda bisa mengetik nama dokumen, foto, musik, maupun video dan konten yang anda mau akan muncul. Saya sangat sering menggunakan cara ini dan saya sudah tidak pernah lagi repot mencari file maupun aplikasi.

2. Membuka aplikasi yang berada di Taskbar

Tidak seperti cara sebelumnya, dimana anda bisa membuka aplikasi apapun asalkan aplikasi tersebut sudah terinstall, cara ini hanya dapat dilakukan terhadap aplikasi yang berada di Taskbar.

Caranya adalah dengan menggunakan tombol Windows kemudian diikuti dengan urutan icon dari aplikasi yang ada di Taskbar. Pada gambar diatas, urutan aplikasinya adalah sebagai berikut:

  1. Microsoft Edge
  2. File Explorer
  3. Store
  4. Task Manager

Jika anda ingin membuka “Store”, maka tekan tombol WIN + 3. Lakukan hal tersebut untuk aplikasi lainnya.

Untuk memindahkan aplikasi yang terpasang ke Taskbar, anda bisa mencarinya dengan cara pada tips pertama. Kemudian, klik kanan pada aplikasi tersebut dan klik “Pin to taskbar”.

3. Membuka aplikasi dengan tombol shortcut

Cara ini sebenarnya lebih cepat daripada tips pertama Namun, anda harus mengatur tombol shortcut-nya untuk setiap aplikasi yang ingin anda jalankan.

Untuk mengatur shortcut untuk aplikasi yang diinginkan, silahkan gunakan tips sebelumnya. Namun yang berbeda adalah anda klik kanan aplikasinya dan klik “properties” seperti gambar diatas.

Pada kolom “Shortcut key:”, silahkan berikan tombol shortcut untuk aplikasi tersebut (dalam contoh ini, aplikasi yang digunakan adalah Windows Media Player). Tombol shortcut harus berawalan CTRL + ALT. Seperti gambar diatas, saya membuat shortcut CTRL + ALT + W. Jika sudah, klik OK.

Setelah anda mengaturnya, anda bisa membuka aplikasi Windows Media Player kapanpun anda membutuhkannya dengan tombol shortcut yang baru saja dibuat.

Namun, cara ini mewajibkan anda untuk menghafal shortcut keyboard yang anda buat. Tapi kalau anda sering menggunakan cara ini, pastinya lama kelamaan akan hafal dengan sendirinya.

4. Membuka jendela baru dari aplikasi yang terbuka

Banyak aplikasi yang mengizinkan anda untuk membuka 2 atau lebih jendela untuk satu aplikasi. Contohnya adalah File Explorer. Anda bisa membuka aplikasi tersebut sebanyak apapun.

Agar lebih cepat, anda bisa menggunakan tombol scroll untuk membuka jendela baru di aplikasi yang sama. Arahkan kursor anda ke aplikasi yang terbuka di Taskbar dan tekan tombol SCROLL/GULIR yang ada di mouse anda layaknya anda mengklik kiri maupun kanan mouse anda.

5. Membuka aplikasi lewat Run (WIN + R)

Run adalah aplikasi yang sudah ada di semua Windows yang dapat membuka direktori, meluncurkan aplikasi, dan menjalankan beberapa perintah. Dari judulnya saja, anda bisa membuka Run dengan cara menekan tombol WIN + R.

Setelah dibuka, anda bisa membuka aplikasi dengan mengetik nama file aplikasi yang ingin dibuka. Misalnya saja anda ingin membuka Windows Media Player, anda cukup mengetikkan “wmplayer” dan tekan enter.

Sebelumnya, saya mengatakan ribet karena anda harus tahu nama file aplikasi tersebut jika ingin membuka aplikasi lewat Run. Untuk mengetahui nama file-nya, anda bisa  membuka Task Manager kemudian klik tab “Details”. Untuk Windows Media Player, nama file-nya seperti pada gambar diatas.

Cara ini sebenarnya bagus untuk membuka aplikasi, namun anda harus mengetahui nama file-nya. Cara ini sengaja saya taruh paling bawah dan mungkin bisa anda gunakan ketika anda tidak bisa mengakses Start Menu atau desktop sama sekali ketika Windows anda error.

Artikel cara cepat membuka aplikasi di Windows pastinya sangat menghemat waktu bukan?

Dari semua cara diatas, yang mana yang paling anda suka? Jika anda punya cara lain, jangan sungkan untuk menulisnya di kotak komentar. Siapa tahu cara anda kami masukkan ke artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.