5 Cara Memperpanjang Umur dan Masa Pakai Laptop

5 Cara Memperpanjang Umur dan Masa Pakai Laptop

Laptop sepertinya bisa dikatakan barang wajib bagi kita yang sering bekerja dengan komputer. Laptop membuat menggunakan komputer jadi lebih menyenangkan, karena dapat dibawa kemana-mana. Karena dapat dibawa kemana saja, perangkat yang satu ini juga lebih rentan rusak daripada komputer desktop. Daripada membeli laptop baru, lebih baik anda mengetahui cara memperpanjang umur dan masa pakai laptop.

5 Cara Memperpanjang Umur dan Masa Pakai Laptop

Di artikel ini, anda akan mempelajari apa saja tips yang bisa anda lakukan untuk memperpanjang umur dan masa pakai laptop. Membeli laptop baru memang bukanlah ide buruk, namun jika anda merasa laptop anda sudah sangat cukup untuk melakukan pekerjaan anda, tentu saja anda tidak perlu membeli laptop baru dan tips di artikel ini merupakan cara hemat untuk memperpanjang masa pakai laptop.

1. Hati-hati dalam membawa laptop!

Tindakan preventif yang bisa anda lakukan saat ini juga adalah hati-hati dalam membawa laptop. Pada suatu hari, laptop saya pernah rusak akibat tas saya yang berisikan laptop jatuh. Ketika saya menyalakan laptop, layarnya masih tetap hitam dan tidak hidup. Dan akhirnya, saya membawanya ke tempat servis. Untung saja, laptop saya masih bisa diperbaiki. Silahkan anda ingat pula bahwa tidak semua komponen di laptop dapat diganti. Dan jikapun bisa, komponen tersebut haruslah cocok dengan laptop anda.

Laptop Rusak

2. Debu adalah musuh utama laptop!

Hampir semua laptop memiliki kipas di dalamnya, kecuali untuk laptop model baru seperti beberapa Ultrabook yang mengandalkan pendinginan pasif. Jika laptop anda masih menggunakan kipas, perhatikan ruangan tempat anda bekerja. Pastikan sebelum anda menaruh laptop, bersihkan terlebih dahulu tempatnya dengan tisu. Karena kipas laptop menyedot udara di bawah meja dan jika ada debu, maka debu tersebut akan masuk.

Debu tersebut nantinya akan menumpuk dan menganggu proses pendinginan. Akhirnya, laptop anda jadi lebih cepat panas. Dan anda pasti tahu kalau panas akan mempengaruhi performa keseluruhan laptop dan mengurangi masa pakai laptop anda.

Membersihkan Kipas Dari Debu

Anda bisa menggunakan kaleng semprot untuk membersihkan udara dari luar. Ingat, cari yang semprot udara, bukan yang menyedot udara. Dan alangkah lebih baiknya jika anda bisa membongkar laptop anda. Sehingga, anda dapat dengan seksama dalam membersihkannya.

3. Kurangi beban hardware dengan optimasi software

Semua hardware anda dapat bekerja berkat adanya software atau perangkat lunak. Selain 2 cara diatas, anda dapat memperpanjang masa pakai laptop dengan mengoptimalkan penggunaan software. Ada banyak cara untuk mengoptimalkan software anda. Software yang dimaksud tidak hanya software yang biasanya anda pakai seperti Microsoft Office, namun juga sistem operasinya.

Startup Di Task Manager

Contoh yang paling mudah yang bisa anda lakukan saat ini adalah mengurangi beban Start-up. Setiap kali anda menghidupkan laptop, beberapa aplikasi akan berjalan secara otomatis. Untuk pengguna Windows 8, 8.1, dan Windows 10, anda dapat membuka Task Manager dan klik Tab “Startup”. Untuk pengguna Windows XP hingga Windows 7, anda bisa klik Start dan ketik “msconfig” dan tekan enter. Kemudian, klik Tab “Startup”.

Ada banyak cara lainnya lagi untuk mengoptimasi software anda. Silahkan baca artikel-artikel dibawah ini untuk mengetahui caranya lebih lanjut.

4. Update seluruh software anda, termasuk driver!

Setiap aplikasi yang terpasang di Windows, Linux, ataupun Mac pastinya tiap waktu akan diperbarui oleh vendornya. Pembaruannya bisa jadi peningkatan performa maupun penambahan fitur. Silahkan update aplikasi dan sistem operasi yang anda pakai. Jika anda pengguna Windows 7 dan Windows 8/8.1, anda bisa upgrade ke Windows 10 secara gratis.

Windows Update Di Windows 10

Driver pun perlu anda update. Driver perannya sangat penting, karena driver-lah yang mengerti bagaimana cara menggunakan hardware anda dengan sebaik-baiknya. Setiap update-nya biasanya terdapat perbaikan penggunaan hardware, maupun optimasi hardware, sehingga laptop anda kinerjanya semakin baik. Anda bisa cek 6 Cara Cepat Dan Tepat Untuk Update Driver Komputer Anda untuk mendapatkan performa laptop yang terbaik.

5. Upgrade komponen laptop

Dari 4 cara diatas, anda bisa melakukan hal tersebut tanpa biaya. Namun untuk cara yang terakhir ini, anda harus mengeluarkan biaya. Ya, upgrade komponen laptop merupakan cara terakhir agar masa pakai laptop lebih panjang. Ada beberapa komponen laptop yang bisa anda upgrade, misalnya adalah RAM, Harddisk, layar, dan lain-lain.

Upgrade Komponen Laptop

Untuk RAM, misal sebelumnya anda memiliki hanya 2 GB saja di slot 1. Anda bisa menambahkan 2 GB lagi di slot 2, sehingga totalnya menjadi 4 GB. Jika laptop anda terbilang cukup lama, biasanya masih menggunakan HDD. Silahkan ganti ke SSD untuk performa yang meningkat hingga 10 kali lipat.

Kesimpulan

Dengan mengikuti cara diatas, bisa dipastikan masa pakai laptop anda akan jauh lebih lama, sehingga anda tidak perlu harus membeli laptop baru. Saran saya adalah belilah laptop ketika beban software yang anda pakai semakin berat dan laptop anda tidak mampu mengatasinya. Jika dirasa masih bisa, daripada membeli laptop baru, meng-upgrade laptop akan jauh lebih murah.

Sekian artikel 5 Cara Memperpanjang Umur dan Masa Pakai Laptop, semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa untuk Like Facebook Windowsku untuk mendapatkan artikel menarik lainnya. Jangan sungkan pula untuk berkomentar lewat komentar atau mem-posting di beranda Facebook Windowsku.

Artikel ini sebenarnya diterbitkan pada tanggal 7 September 2013 dan saat ini sudah diperbarui!

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 pemikiran di “5 Cara Memperpanjang Umur dan Masa Pakai Laptop”