5 Tips Agar Browser Makin Cepat dan Jarang Nge-‘Hang’

Google Chrome isn’t responding”. Jika ada pesan seperti ini, apa yang anda rasakan? Pasti kesal, mungkin marah, dan hal lainnya. Itu hal yang biasa, karena saya pun seperti itu (hehehe). Namun, tak perlu khawatir dengan hal tersebut. Windowsku merangkum beberapa tips agar browser anda stabil dan makin cepat. Ini dia tipsnya.
1. Update Browser
 
Ada banyak hal yang mempengaruhi browser tersebut nge-‘hang’. Salah satu penyebabnya adalah adanya bug yang masih ada di browser tersebut. Bug disini maksudnya adalah lubang keamanan yang mungkin masih bisa ditembus, sehingga browser tersebut tidak stabil.
Solusi awal agar browser anda makin cepat adalah melakukan update browser. Saat artikel ini turun, versi browser yang paling baru adalah Internet Explorer 10, Mozilla Firefox 22, Google Chrome 27 dan Opera 15. Jadi, pastikan browser anda dalam keadaan paling baru.
Untuk keempat browser tersebut, sudah tertanam automatic update, sehingga nantinya browser tersebut akan otomatis di update. Jika anda penasaran dengan update tersebut, anda bisa mengklik menu “about” dan nantinya browser tersebut akan mencari updatenya secara otomatis. Untuk Firefox, anda bisa mengklik Firefox menu > Help > About Firefox
Maka, jendela baru akan keluar seperti pada gambar dibawah ini:
Disana, Firefox akan mencari update secara otomatis. Begitu juga dengan Chrome dan Opera.
2. Melakukan Update Add-on/Extension/Accelerator
 
Pastikan add-on yang anda pasang di browser anda selalu pada versi terbaru. Dengan begitu, kestabilan browser semakin meningkat dan jarang nge-hang. Add-on/Extension/Accelerator di browser berfungsi untuk menambahkan fitur yang tidak ada di browser bawaan. Jadi, sangatlah penting melakukan update.
Untuk melakukan update add-on di browser, caranya sangat mudah. Di Firefox, klik Firefox Menu > Add-on
Lalu klik bagian “Extensions”. Disana, akan ada daftar add-on yang terpasang di browser anda. Klik kanan add-on tersebut dan klik “Find update”.
Tunggu beberapa saat sampai Firefox selesai melakukan pencarian update. Jika ada, lakukanlah update. Jika tidak, berarti add-on anda sudah dalam keadaan paling baru.
3. Menonaktifkan Add-on yang tidak perlu
 
Semakin banyak add-on yang anda pasang, performa browser pun semakin lambat. Itu dikarenakan add-on membawa beban baru terhadap proses load browser itu sendiri. Sehingga, sangat disarankan untuk anda mematikan add-on, agar browser semakin cepat.
Di Firefox, anda bisa melakukan hal tersebut dengan cara klik kanan pada add-on dan pilh Remove (seperti pada gambar sebelumnya). Untuk di Internet Explorer, anda bisa klik IE menu > Manage add-on
Di Internet Explorer, setiap add-on memiliki dampak tersendiri terhadap browser itu sendiri. Internet Explorer sudah menghitung waktu load time setiap add-on tersebut dijalankan. Sehingga, anda dapat dengan bijak mematikan add-on yang tidak diperlukan.
Untuk mematikan add-on, klik kanan add-on tersebut dan klik “Disable”.
Dengan begitu, browser anda jauh lebih cepat dan lebih stabil. Lakukan juga di browser yang anda suka.
4. Melakukan scanning terhadap malware jahat
 
Faktor eksternal juga bisa menyebabkan browser menjadi lambat dan tidak responsif. Faktor eksternal tersebut seperti hadirnya virus atau malware jahat. Virus dapat menyebar di dalam komputer dan membuat browser menjadi lambat.
Solusinya pasti adalah Antivirus. Pastikan Antivirus anda dalam keadaan paling baru dan selalu up to date. Lakukan scanning virus setidaknya 2 minggu sekali, untuk mengecek malware jahat.
5. Menutup program lain saat membuka browser
 
Browser sangatlah memakan memori RAM anda. Setiap website yang anda buka, setiap tab yang anda buka akan membawa beban di RAM. Semakin banyak, peforma browser semakin lambat dan nantinya akan terjadi “hang”. Untuk itu, tutuplah program yang tidak berguna, agar ruang RAM menjadi lebih banyak.
Kesimpulan
 
Dengan melakukan tips yang saya berikan, pastinya performa browser anda meningkat dan jarang terjadi error. Yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah memastikan browser anda dalam keadaan paling baru. Sekian artikel hari ini, semoga bermanfaat. Terus kunjungi Windowsku, Pusat Informasi Komputer dan Windows untuk mengetahui artikel menarik lainnya.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.