BerandaDesktopWindowsWindows 88 FItur Yang Menghilang di Windows 8.1

8 FItur Yang Menghilang di Windows 8.1

Windows 8.1 memiliki banyak fitur baru yang keren. Salah satunya adalah dikembalikannya Start Button dan opsi untuk masuk ke desktop langsung, tanpa masuk ke Start Screen. Namun, tidak semua fitur di Windows sebelumnya ada di Windows 8.1. Agar anda mengetahui apa saja fitur yang menghilang, berikut Windowsku rangkumkan untuk anda.
Tapi perlu diingat, Windows 8.1 masih dalam tahap Public Preview dan mungkin fitur-fitur tersebut akan kembali jika Windows 8.1 sudah dalam tahap final.
Windows Experience Index
 
Sekarang, Windows Experience Index (WEI) sudah hilang dari Windows 8.1. Saya sendiri belum mengetahui penyebab Microsoft menghilangkan fitur ini, namun fitur ini diklaim tidak memiliki manfaat. WEI akan memberikan rating di background terhadap komputer anda dan akan memakan resource komputer, sehingga akan memberatkan komputer.
Mungkin karena itulah Microsoft menghilangkan fitur ini. Namun menurut saya pribadi, WEI sangatlah berguna untuk mengecek dan membandingkannya dengan komputer teman.
Windows 7 Backup & System Image Recovery
 
Dengan hadirnya Windows 8, Microsoft memperkenalkan solusi backup bernama File History. Disana juga tersedia berbagai tools sama seperti di Windows 7, yang bisa anda gunakan untuk membuat system image backup. Namun Microsoft mengatakan bahwa Windows 7 Backup tool sudah usang.
Dengan hadirnya Windows 8.1, tool yang usang ini tidak lagi disertakan. Akan tetapi, anda masih bisa melakukan import backup dari Windows 7 ke Windows 8.1, sehingga anda dapat mengakses file lama anda, namun anda tidak bisa membuat backup untuk Windows 7. Saat anda mengakses advance startup pun, anda tidak bisa mengemukan opsi “System Image Recovery” seperti dahulu.
Jadi, bagi anda yang ingin backup file anda, saya sarankan untuk menggunakan software lain.
 
Opsi untuk sinkronisasi di SkyDrive
 
Windows 8 menyediakan fitur sinkronisasi dengan bantuan SkyDrive. Di Windows 8.1, ada beberapa fitur yang dihilangkan. Fitur yang hilang antara lain anda tidak bisa mengatur lokasi tempat file offline dari SkyDrive anda. Kemudian, SkyDrive hanya mengunduh file jika anda membuka file tersebut, dan anda tidak bisa membedakan, mana file yang sudah ada di komputer dan mana file yang masih ada di SkyDrive.
Jika anda ingin opsi sinkronisasi yang lebih kaya di SkyDrive, anda dapat menginstall SkyDrive app di Windows 8.1.
 
Sebenarnya, fitur Library masih ada di Windows 8.1, namun shortcut untuk kesana sekarang sudah tidak ada. Library tidak hadir secara default, namun anda tetap bisa menggunakannya. Namun, akan diganti dengan folder SkyDrive. Ini artinya Microsoft ingin anda menggunakan SkyDrive untuk menyimpan data-data anda.
Menurut saya, ini langkah yang salah, karena Library masih dibutuhkan oleh berbagai apps di Windows 8.1. Jadinya, mudah-mudahan fitur ini dikembalikan di versi final dari Windows 8.1
Hilangnya Start Menu
 
Start menu tetap tidak diberikan oleh Microsoft, namun hanya Start Button. Jika anda klik Start Button, maka yang muncul adalah Start Screen. Jadi, bagi anda yang merindukan Start Menu, mungkin kerinduannya harus dihilangkan.
Jika anda ingin menggunakan Start Menu, banyak aplikasi dari perusahaan lain yang dapat menggantikan fungsi start menu. Contohnya adalah Start 8 dan Classic Shell.
Messaging App dan Facebook Chat
 
Messaging app dan Facebook Chat akan hilang dari Windows 8.1. Biasanya, messaging app berfungsi untuk mengirim pesan ke teman, menggunakan layanan Facebook atau jejarin sosial lainnya. Sekarang, yang ada hanya “Mail, Calender, and People”. Messaging app dan Facebook chat akan diganti sepenuhnya ke Skype. Skype tidaklah ada secara default di Windows 8.1, dan mungkin hadir di versi final di Windows 8.1.
Skype app ini tentu saja tidak mendukung Facebook chat. Microsoft mengatakan bahwa Facebook telah membuat app sendiri untuk Facebook. Jadinya, kita tunggu saja app baru ini.
Integrasi Layanan Foto
 
Photo app yang ada secara default di Windows 8.1 memiliki fitur editing foto dasar. Namun, Microsoft tidak lagi dapat menampilkan foto yang anda upload di Facebook, Flickr, dan SkyDrive. Photo app ini hanya akan berjalan dengan foto yang anda taruh di komputer anda.
Namun tak perlu khawatir, para developer dari Facebook akan membuat app sendiri di Windows 8 dan Yahoo! juga telah diundang untuk membuat app untuk Flickr.
Hub Apps
 
Banyak fitur di Windows 8.1 yang hanya memberikan layanan hanya dari Microsoft, seperti outlook, Skype, dan SkyDrive. Sehingga, untuk layanan lainnya seperti Flickr, Google Drive, Google Calender, dan lain-lain harus memiliki app tersendiri di Windows 8. Para developer sepertinya akan bersiap untuk membuat app mereka sendiri, tanpa mengandalkan app dari Microsoft.
Kesimpulan
 
Dari semua fitur yang hilang, manakah yang paling anda tidak sukai? Kalau menurut saya, Facebook chat yang dihilangkan itulah yang paling besar. Walaupun Facebook chat dapat kita lakukan di browser, tapi tampilan modern app di Windows 8 lebih intuitif. Sekian artikel hari ini, semoga bermanfaat. Terus kunjungi Windowsku, Pusat Informasi Komputer dan Windows untuk mengetahui artikel menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *