BerandaDesktopWindowsWindows 108 Penggunaan Microsoft HoloLens di Dunia Nyata

8 Penggunaan Microsoft HoloLens di Dunia Nyata

penggunaan-microsoft-hololens-head

Microsoft HoloLens merupakan perangkat terbaru dari Microsoft, dimana Microsoft mencoba menggabungkan dunia nyata dengan dunia virtual dengan bantuan teknologi Augmented Reality. Dengan cara tersebut, banyak hal yang bisa anda lakukan. Kegiatan anda sekarang tidak hanya sebatas dunia nyata, namun dapat ditambahkan oleh dunia virtual.

Bayangkan saja, bagaimana anda bisa mendesain secara langsung produk yang akan diluncurkan oleh perusahaan anda secara real-time. Untuk lebih jelasnya, berikut Windowsku berikan 8 penggunaan Microsoft HoloLens di dunia nyata:

1. Remote Instruction

Misalnya anda memiliki komputer yang keyboardnya rusak, bagaimana anda memperbaikinya? Biasanya, anda akan langsung mencari di internet dan memperbaikinya sendiri. Atau anda membawanya ke tukang servis dan memintanya untuk memperbaikinya.

Dengan Microsoft HoloLens, anda bisa berkomunikasi 1 on 1 dengan teknisi. Dan teknisi tersebut dapat membantu anda memperbaiki keyboard yang rusak langsung, tanpa harus anda datang ke tempat servis. Microsoft sudah mendemokannya pada ajang CES 2015.

Diperlihatkan pada gambar dibawah ini bahwa teknisi dapat memandu anda dalam memperbaiki wastafel.

Keuntungan yang bisa anda dapatkan adalah anda dapat belajar langsung dari teknisinya serta membantu anda menghemat waktu. Menarik kan?

2. Mendesain obyek 3D

Blender dan 3DSMax adalah salah satu perangkat lunak untuk mendesain obyek 3D. Lalu, bagaimana Microsoft HoloLens merubah semua itu? Ya, anda bisa mendesain obyek 3D hanya dengan sentuhan tangan dan perintah suara.

Untuk lebih lengkapnya, anda bisa menonton video dibawah ini:

Bisa anda lihat di video tersebut, bahwa kita dapat mendesain obyek 3D dengan mudah dan langsung di-print dengan menggunakan printer 3D. Lebih keren lagi kan?

3. Pembelajaran 3D

Anda ingin menjadi seorang dokter? Atau anda ingin mempelajari obyek luar angkasa? Semua itu bakalan lebih menarik jika menggunakan Microsoft HoloLens. Bayangkan, jika anda ingin mempelajari dunia kedokteran, anda bisa memunculkan obyek 3D dari manusia dan anda bisa mencoba melihat anatomi manusia.

Selain itu, anda bisa berolahraga dengan menggunakan HoloLens. Anda tentu bisa memunculkan kantong pasir yang bisa anda gunakan untuk berolahraga. Dan masih banyak lagi yang bisa anda dapatkan dengan HoloLens.

4. Game

Main game dengan Microsoft HoloLens pastinya jauh lebih seru. Karena, anda bisa melihat secara langsung karakter dan dunia game di rumah anda. Contoh nyata yang diberikan oleh Microsoft yaitu memainkan Minecraft dengan HoloLens.

Bisa anda lihat pada gambar bahwa karakter dan objek Minecraft dapat dilihat langsung dan semuanya berada di lingkungan sekitar anda.

5. Dekorasi

Apakah anda membayangkan dekorasi rumah anda? Ya, dengan Microsoft HoloLens, anda bisa berimajinasi dan bereksperimen dalam mendekorasi rumah. Anda bisa menaruh objek virtual ke dinding dan tembok, atau mengubah tata letak peralatan.

Ketika anda menemukan desain yang cocok untuk kamar atau rumah anda, anda bisa segera mendesainnya.

6. Entertainment tanpa perangkat tambahan

Nonton TV, melihat cuaca, bermain, game, dan lain-lain. Untuk melakukan semua itu, anda harus memiliki perangkat yang berbeda. Dengan HoloLens, anda bisa menampilkan semua itu langsung di mata anda. Anda tidak perlu membeli TV dan perangkat lainnya.

Selain itu, dengan implementasi entertainment dari HoloLens, anda bisa menikmati hiburan seperti layaknya Taman Impian Jaya Ancol. Anda bisa memasuki rumah hantu, melihat Roller Coaster, dan lain-lain.

7. Internet di lingkungan anda

Menonton Youtube, atau membaca artikel dari website jauh lebih menarik lagi dengan HoloLens. Bayangkan, website yang anda buka akan muncul di lingkungan anda. Jika anda menonton film, anda tidak perlu khawatir dengan resolusi layar. Anda dapat mengatur resolusi layar dengan mudah tanpa harus membeli monitor yang sangat mahal.

8. Tersesat? HoloLens dapat membantu anda

Jika anda tersesat, HoloLens juga dapat memberikan navigasi mana rute yang benar dengan peta yang bisa anda lihat. Tidak perlu menggunakan smartphone atau perangkat lainnya.

Kesimpulan

Sampai saat ini, Microsoft belum mengumumkan berapa harga dari perangkat super ini. Namun, kalau saya taksir, harganya mungkin bisa mencapai $1000 USD. Apalagi, perangkat ini hanya satu-satunya yang dapat menggabungkan dunia nyata dan dunia virtual. Bagi para pembaca, bagaimana menurut anda?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *