8 Tips Super Mengatur Kabar Berita Di Beranda Facebook

8 Tips Super Mengatur Kabar Berita Di Beranda Facebook

Mengatur kabar berita di beranda Facebook sangat penting. Halaman beranda Facebook anda berisi berbagai berita maupun status dari teman-teman anda dan itulah yang dimaksud “kabar berita”. Namun saya yakin, anda pasti terkadang tidak menyukai satu atau beberapa berita yang ada di sana. Tak perlu khawatir, karena Facebook sebenarnya memiliki berbagai pengaturan untuk mengatur kabar berita sesuai keinginan anda.

Mari kita buat kabar berita di beranda Facebook sesuai dengan keinginan anda dengan 8 tips super mengatur kabar berita di beranda Facebook di artikel ini. Dengan mengikuti artikel ini, anda dapat mengatur bagaimana kabar berita serta status dari teman anda muncul hingga sesuai dengan keinginan anda. Berikut tipsnya untuk anda.

NB: Di artikel ini, penulis menggunakan Facebook berbahasa Indonesia, sehingga istilah-istilah untuk Facebook yang tertulis disini akan ditulis dengan Bahasa Indonesia. Bagi anda pengguna Bahasa Inggris, penulis akan menggunakan tanda garis miring ‘/’ diikuti istilah Bahasa Inggris untuk memudahkan anda. Contoh: Kabar Berita/News Feed.

1. Tidak Mengikuti/Unfollow Teman

Istilah follow/unfollow pertama kali penulis ketahui di jejaring sosial Twitter. Nah kedua istilah tersebut juga tersedia di Facebook. Lalu, apa fungsi dari kedua istilah tersebut?

Jika anda mengikuti/follow teman, maka anda akan mendapatkan berita dan status dari akun tersebut. Jika tidak mengikuti/unfollow, maka anda tidak mendapatkan berita dan status dari akun tersebut. Yang membuat sistem ini berbeda dengan Twitter adalah untuk melakukan semua hal itu, anda harus berteman/friend dengan orang tersebut.

Kesimpulannya, anda bisa saja berteman dengan siapapun di Facebook. Namun jika anda kurang menyukai isi status atau berita dari salah seorang teman, anda dapat dengan mudah untuk tidak mengikuti/unfollow orang tersebut. Status pertemanan anda masih tetap seperti biasa dan orang tersebut tidak akan mengetahui kalau anda sudah tidak mengikuti/unfollow.

Unfollow Teman Di Facebook

Caranya adalah silahkan anda pergi ke Kronologi/Timeline dari teman anda. Kemudian anda dapat klik tombol “Mengikuti/Follow” kemudian klik “Batal mengikuti/Unfollow [nama teman anda]”.

Dengan melakukan hal diatas, anda masih berteman dengan orang tersebut, namun anda tidak dapat melihat berita dan status dari orang tersebut.

2. Melihat lebih sedikit pos atau berita

Jika cara pertama diatas menurut anda terlalu ekstrim (karena anda sama sekali tidak akan melihat berita dari teman anda), anda bisa mengurangi frekuensi berita yang ditampilkan dari teman anda di Kabar Berita/News Feed.

Melihat Berita Lebih Sedikit Di Facebook

Caranya adalah ketika anda melihat salah satu berita atau pos dari teman anda, klik tanda panah ke bawah seperti gambar diatas. Kemudian klik “Hide Post, See fewer posts like this”. Opsi ini akan mengurangi berita yang anda terima dari akun tersebut.

3. Menghentikan notifikasi dari berita yang spesifik

Pastinya anda pernah mengalami hal ini. Anda menemukan berita yang menarik di sebuah grup Facebook. Grup tersebut memiliki ribuan dan bahkan ratusan ribu anggota. Ketika anda komentar di berita tersebut, otomatis anda akan mendapatkan notifikasi ketika ada komentar lainnya di berita tersebut.

Jika anggota yang dimiliki sedikit, notifikasi yang muncul pastinya tidak terlalu sering. Bagaimana kalau banyak? Maka notifikasinya akan terus muncul di Facebook anda (bahkan notifikasinya akan muncul di notifikasi smartphone anda jika anda memasang aplikasi Facebook).

Menghentikan Notifikasi Di Berita Yang Spesifik

Untuk melakukan tips ini, silahkan anda temukan berita dimana anda sudah komentar di grup. Kemudian klik tanda panah ke bawah seperti gambar diatas dan klik “Nonaktifkan pemberitahuan untuk kiriman ini/Turn off notifications for this post”. Dengan begitu, walaupun ada yang komentar di berita ini, anda tidak akan mendapatkan notifikasi lagi.

4. Menyematkan/Pin teman penting untuk melihat update terbaru pertama kali

Jika anda memiliki teman kerja atau seseorang yang penting yang ingin selalu anda ketahui bagaimana kabarnya, anda bisa menyematkan/pin orang tersebut, agar Facebook selalu menampilkan update terbaru di Kabar Berita/News Feed di beranda anda.

 

Melihat Update Pertama Kali Untuk Teman Di Facebook 1

Caranya adalah silahkan anda menuju Kronologi/Timeline teman anda. Kemudian, klik saja “Lihat Pertama, Lihat kiriman baru di atas Kabar Berita/See first, see new posts at the top of News Feed”. Dengan mengaktifkan fitur ini, anda mendapatkan kiriman terbaru ketika orang tersebut update status di Facebook.

5. Melihat berita terbaru di Kabar Berita/News Feed

Secara default, Facebook menampilkan berita yang populer di kurun waktu tertentu untuk semua teman anda. Jika anda tidak suka hal ini dan ingin menggantinya agar Kabar Berita/News Feed mengurutkan dari yang terbaru hingga terlama, anda bisa melakukannya.

Melihat Berita Terbaru Di Kabar Berita Facebook

Silahkan anda pergi ke Kabar Berita/News Feed, kemudian klik tanda panah bawah seperti gambar diatas. Kemudian klik saja “Terbaru/Newest”. Dengan memilih opsi tersebut, semua berita akan diurutkan berdasarkan dari yang terbaru hingga terlama.

6. Mendapatkan notifikasi ketika teman membagikan berita baru

Jika anda tidak ingin ketinggalan update terbaru dari teman dekat ataupun orang penting lainnya, anda dapat menghidupkan notifikasi ke orang tersebut.

Mendapatkan Notifikasi Dari Teman Di Facebook

Caranya adalah pergi ke Kronologi/Timeline dari teman anda. Kemudian arahkan kursor ke Teman/Friends seperti gambar diatas. Kemudian klik saja “Dapatkan Pemberitahuan/Get Notifications”.

7. Menggunakan Daftar Teman/Friend List

Anda dapat melihat update terbaru dari teman anda berdasarkan daftar teman yang bisa anda buat sendiri. Artinya teman yang ada di Facebook bisa dikategorikan. Misal anda ingin membuat daftar teman kerja dan teman saat kuliah. Dengan Daftar Teman/Friend List, anda bisa melakukan hal tersebut.

Menambahkan Teman Ke Daftar Teman Di Facebook

Untuk melakukannya, silahkan menuju Kronologi/Timeline dari teman anda. Arahkan kursor ke Teman/Friends, kemudian klik “Tambahkan daftar lain/Add another list”.

Memilih Daftar Teman Di Facebook

Kemudian, pilih saja kategori yang cocok untuk teman anda. Jika anda berkenalan di tempat anda bekerja, silahkan tambahkan di daftar tempat anda bekerja seperti gambar diatas. Jika tidak ada, anda dapat membuat daftar baru dengan klik “Daftar baru/New list”.

Daftar Teman Friend List Facebook

Setelah selesai, anda bisa melihat berita terbaru berdasarkan daftar yang baru saja anda buat. Silahkan anda pergi Kabar Berita/News Feed. Kemudian di sebelah kiri layar anda, temukan kolom “Teman/Friends” seperti gambar diatas. Jika anda klik salah satu, maka berita terbaru seputar teman anda di daftar tersebut akan muncul.

8. Menyembunyikan dan melaporkan berita yang mengganggu ke Facebook

Tips terakhir untuk mengatur kabar berita di beranda Facebook ini sangat penting. Facebook memang sebuah tempat yang tepat mendapatkan kabar terbaru mengenai teman anda maupun halaman yang sudah anda sukai. Namun, tidak semua berita tersebut bagus untuk kita. Apalagi terkadang kita dapat melihat berita mengenai pornografi dan berbau SARA lainnya. Ini sangat menyalahi kode etik dalam menggunakan jejaring sosial.

Melaporkan Berita Yang Tidak Semestinya Di Facebook

Anda bisa menyembunyikan dan melaporkan berita tersebut jika menurut anda berita tersebut tak seharusnya di sebarkan. Caranya adalah klik saja tanda panah bawah pada berita, kemudian klik “Laporkan kiriman/Report a post”.

Melaporkan Berita Di Facebook

Kemudian berikan alasan kenapa berita ini harus diblokir oleh Facebook. Jika sudah, klik saja “Lanjutkan/Continue” dan ikuti petunjuk selanjutnya.

Bagaimana menurut anda artikel 8 Tips Super Mengatur Kabar Berita di Beranda Facebook?

Dari semua tips yang diberikan, manakah yang paling anda sukai atau sudah pernah anda lakukan? Jika anda memiliki tips keren lainnya dan mau tanya sesuatu, silahkan tulis di kotak komentar dibawah ini. Sekian artikel 8 Tips Super Mengatur Kabar Berita Di Beranda Facebook, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk Like Facebook Windowsku untuk mendapatkan artikel menarik lainnya.

Tinggalkan sebuah komentar

You have to agree to the comment policy.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.