8 Tips WhatsApp Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

8 Tips WhatsApp Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

Apakah anda pengguna WhatsApp? WhatsApp saat ini menjadi layanan messaging terpopuler di dunia. Dengan pengguna yang mencapai 1 miliar, Facebook sangat tepat jika mengakuisisi WhatsApp. Saya sendiri pun lebih menyukai WhatsApp daripada layanan lainnya. Untuk itu, silahkan nikmati 8 tips WhatsApp yang mungkin tidak anda ketahui.

8 Tips WhatsApp Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

Di artikel ini, mari kita bahas bersama apa saja tips WhatsApp yang mungkin tidak anda ketahui. Karena saya pengguna rutin WhatsApp, hampir semua hal di WhatsApp sudah saya ketahui. Dan saya ingin membagikan tipsnya kepada anda. Langsung saja, ini dia tipsnya.

1. Mengurangi pemakaian kuota pada saat menelpon

Smartphone memang sangat canggih. Tapi jadi tidak canggih jika anda kehabisan kuota internet anda. Tenang saja, dengan WhatsApp, anda dapat menghemat kuota pada saat anda telpon menggunakan WhatsApp.

Low Data Usage Whatsapp

Buka Settings > Data Usage. Kemudian, beri tanda centang pada “Low data usage”. Otomatis pemakaian kuota anda akan direndahkan.

2. Menambah Shortcut di Home

Jika anda memiliki seseorang yang sering anda hubungi, seperti keluarga ataupun sahabat, anda dapat dengan cepat menghubunginya dengan menambah shortcut di Home Android.

Menambah Shortcut Orang Yang Sering Di Whatsapp

Silahkan buka bagian Chat. Sentuh dan tahan hingga muncul pilihan. Langsung sentuh “Add chat shortcut”. Nantinya, anda tinggal sentuh saja shortcut di beranda anda dan anda langsung dapat chatting dengan orang tersebut.

3. Menggunakan WhatsApp di browser komputer anda

Agar mempercepat anda dalam membalas pesan di WhatsApp, anda dapat menggunakan browser di komputer anda.

Whatsapp Web

Caranya adalah buka https://web.whatsapp.com. Setelah itu, buka WhatsApp di smartphone anda. Buka menu WhatsApp > WhatsApp Web. Silahkan anda pindai QR Code di browser anda.

Chatting Di Whatsapp Web

4. Menyembunyikan kapan terakhir anda online

Secara default, WhatsApp menampilkan kapan terakhir kali anda terlihat online. Jika anda tidak menyukainya, anda dapat mematikan fitur tersebut dengan mudah.

Menyembunyikan Kapan Terakhir Online Di Whatsapp

Buka menu WhatsApp > Account > Privacy. Kemudian, sentuh “Last seen”. Ganti pengaturan tersebut menjadi “Nobody”.

5. Mengirim lokasi anda sekarang

Anda dapat mengirim foto dan video di WhatsApp dengan mudah. Dan update terakhir dari WhatsApp, anda sudah dapat mengirim dokumen.

Walaupun semua hal yang saya sebutkan berada di tempat yang sama, masih jarang orang yang menggunakan fitur kirim lokasi. Dengan fitur ini, seseorang dapat mengetahui dimana anda sekarang. Ini sangat berguna jika anda ingin mengajak teman anda ke suatu tempat.

Mengirim Lokasi Di Whatsapp

Anda bisa klik tanda “clip” pada saat anda membuka chatting dengan seseorang dan klik saja “Location”. Maka, lokasi akan segera dikirim ke teman anda. Anda harus menghidupkan fitur lokasi di smartphone anda untuk menggunakannya.

6. Melihat informasi kapan pesan terkirim dan dibaca

Setiap pesan yang anda kirim, WhatsApp menyimpan data-data kapan pesan tersebut terkirim dan kapan dibaca oleh teman anda.

Melihat Informasi Pesan

Jika anda ingin mengetahuinya lebih lanjut, anda dapat sentuh dan tahan terhadap pesan. Kemudian, klik saja icon “lingkaran dengan huruf i” di dalamnya.

Informasi Pesan Dji Whatsapp

Maka hasilnya akan seperti diatas.

7. Memberikan suara notifikasi yang berbeda untuk kontak

Secara default, WhatsApp menggunakan suara notifikasi yang sama untuk semua kontak. Anda bisa menerapkan tips ini untuk mengetahui siapa yang mengirim pesan ke anda dengan cara mendengarkan suara notifikasi yang berbeda dari yang lainnya.

Melihat Informasi Kontak

Silahkan anda klik foto dari teman di kontak anda. Maka akan keluar tampilan seperti diatas. Kemudian sentuh saja icon seperti pada gambar diatas. Kemudian, klik saja “Custom notifications”.

Menggunakan Custom Notifications Di Whatsapp

Berikan tanda centang pada “Use custom notifications” dan aturlah sesuai keinginan anda. Silahkan ganti nada pesan untuk kontak tersebut. Jika teman anda mengirimkan pesan, maka nada pesan yang baru saja anda pilih yang akan anda dengar.

8. Mengecek WhatsApp apakah beroperasi secara normal atau tidak

Jika pesan yang anda kirim tidak sampai ke teman anda, ada beberapa faktor kenapa hal tersebut bisa terjadi. Untuk itu, anda dapat mengecek status dari WhatsApp langsung.

Mengecek Status Whatsapp

Caranya adalah buka Menu WhatsApp > About and help > System status. Jika WhatsApp bermasalah, maka itulah penyebabnya pesan anda tidak terkirim. Jika berjalan normal, maka internet anda yang bermasalah.

Kesimpulan

Dari semua fitur yang disebutkan, adakah yang belum anda ketahui atau anda belum pernah pakai? Saya sendiri sering menggunakan fitur-fitur diatas agar sesuai dengan keinginan saya. Sekian artikel 8 Tips WhatsApp Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui, semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa untuk Like Facebook Windowsku. Tahukah anda bahwa WhatsApp saat ini bisa anda gunakan selama-lamanya tanpa membayar? Baca ulasannya di artikel ini: WhatsApp Menghilangkan Biaya Berlangganan: Apa Efeknya Bagi Anda?

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Satu pemikiran di “8 Tips WhatsApp Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui”