7 Alasan Menggunakan Virtual Machine Saat Ini Juga!

Alasan Menggunakan Virtual Machine Header

Kata “virtual” mungkin sering anda dengar. Kata virtual biasanya mengacu pada sesuatu yang tidak nyata. Dari kalimat “Virtual Machine”, bisa anda bayangkan sebagai mesin yang tidak nyata. Istilah Virtual Machine (VM) biasa digunakan dalam dunia komputer, dimana kita membuat komputer virtual di dalam komputer fisik. Jika anda tertarik dengan hal ini, kira-kira apa alasan menggunakan Virtual Machine yang orang lain lakukan?

7 Alasan Menggunakan Virtual Machine Saat Ini Juga!

Di artikel ini, anda akan mengetahui kenapa anda harus menggunakan Virtual Machine (VM) yang mungkin akan mengejutkan anda. Mungkin anda berpikir sangat sulit membuat sebuah VM. Namun kenyataannya tidak seperti itu. Sangat mudah jika anda ingin membuat VM dengan bantuan aplikasi VirtualBox yang gratis bisa anda pakai dan VirtualBox merupakan cara termudah bagi anda yang ingin membuat VM. Kami pun sudah menulis tutorial bagaimana cara menggunakan VirtualBox agar anda terbantu.

Cara Menggunakan VirtualBox (2018): Petunjuk Manual

Di artikel ini, anda akan mengetahui apa saja alasan menggunakan Virtual Machine dan mudah-mudahan bisa anda manfaatkan dalam pekerjaan anda. Berikut artikelnya.

1. Mencoba Sistem Operasi Baru

Setiap orang pasti memiliki rasa penasaran dan ingin coba-coba hal baru. Di dunia komputer, ada banyak hal yang bisa anda coba, termasuk mencoba sistem operasi yang belum pernah anda pakai. Biasanya ada satu masalah jika ingin melakukan hal tersebut, yaitu takut kalau komputernya ada masalah.

Dengan menggunakan Virtual Machine, anda sudah tidak perlu khawatir lagi karena sistem operasi yang baru akan terisolir dari sistem operasi utama. Anda dapat dengan bebas meng-install banyak sistem operasi tanpa mengganggu sistem operasi utama.

Cara Menggunakan Virtualbox Header

Bahkan di artikel cara menggunakan VirtualBox, penulis sudah berikan tutorial meng-install Windows 10 dan juga Linux Ubuntu sebagai contoh. Menggunakan VM adalah cara teraman dan tercepat, karena VM bertindak sebagai sebuah sandbox atau kurungan khusus. Jika VM yang anda buat ada kesalahan atau error di dalamnya ketika meng-install Ubuntu sebagai contoh, maka anda bisa menghapus VM dan membuat yang baru tanpa mengganggu yang lain.

2. Membuat Software untuk Platform Lain

Di zaman modern ini, jika anda seorang programmer atau developer, kita biasanya dituntut untuk membuat aplikasi yang bisa digunakan di banyak platform. Membuat aplikasi di satu sistem operasi membuat anda rugi karena potensi pengguna yang dapat dicapai semakin sedikit. Nah, peran Virtual Machine juga bisa mengatasi masalah itu.

Jika anda membuat software apapun, usahakan software tersebut bisa berjalan baik di Windows, Linux, maupun MacOS agar potensi pembeli semakin besar. Praktek ini sangat banyak developer lakukan. Tidak hanya software desktop, bahkan untuk website pun banyak yang menggunakan VM. Contohnya saja bahasa pemrograman PHP dengan framework Laravelframework ini sudah menggunakan Homestead dan Vagrant untuk membuat VM-nya sendiri untuk membuat aplikasi web.

3. Menjalankan Aplikasi Lama

Jika anda sudah menggunakan komputer sejak jaman Windows 95 sampai Windows XP, mungkin di benak anda ada aplikasi yang tidak bisa digunakan di sistem operasi baru seperti Windows 10. Jika anda rindu, anda bisa memasang Windows 95 di VirtualBox dan meng-install aplikasi favorit anda.

Situs Oldapps

Di situs Oldapps, anda bisa menemukan daftar aplikasi lama yang mungkin membangkitkan rasa rindu anda. Silahkan cek dan install di VM agar anda bisa teringat kembali aplikasi lama tersebut.

4. Menjalankan Malware

Cara Mendownload Virus Dan Malware Lainnya
Gambar: freeimages.com/photographer/Sarej-47901

Dulu, sering sekali Windows yang penulis miliki terkena virus, entah karena dari internet maupun dari flash disk. Itu karena Antivirus penulis yang tidak selalu di update. Di zaman modern saat ini, Windows yang penulis miliki selalu update, sehingga malware seperti virus dan trojan hampir tidak pernah penulis temukan.

Karena Virtual Machine itu terisolir atau sandboxed dari komputer fisik, tidak ada dampak negatif terjadi apabila anda menjalankan malware secara sengaja di VM. Misalnya anda mendapatkan sebuah file dari internet, anda bisa membuka VM anda dan mengunduhnya disana. Jika itu malware, anda bisa tenang karena yang terinfeksi cuma VM anda.

5. Mengutak-atik Sistem

Mengutak-atik sistem memang sangat tidak disarankan karena akan menyebabkan error dan masalah lainnya yang bisa jadi mengakibatkan anda harus install ulang sistem operasi. Namun hal ini tidak berlaku jika anda menggunakan VM.

Registry Editor

Walaupun anda utak-atik dan terjadi error, anda bisa saja menghapus VM dan membuatnya lagi. Misalnya saja, anda sering mengutak-atik Windows Registry. Atau anda penasaran dengan folder-folder terlarang yang ada di Windows. Jika anda meng-install Ubuntu di VM, anda juga bisa bermain-main dengan Terminal sesuka hati tanpa takut resiko Ubuntu error.

6. Membuat Backup Snapshot

Salah satu kehebatan dalam membuat VM misalnya menggunakan VirtualBox adalah anda bisa membuat backup berupa Snapshot. Snapshot ini bisa anda kembalikan sesuai permintaan, sehingga anda tidak perlu membuat ulang VM.

Restore Snapshot Virtualbox

Misalnya saja anda ingin memasang aplikasi versi beta yang belum stabil atau hal lainnya seperti yang dibahas di artikel ini. Anda dapat membuat snapshot keadaan saat ini. Ketika terjadi error, anda dapat dengan mudah restore VM tanpa harus membuat ulang dari awal. Setelah di-restore, keadaan VM anda akan balik seperti semula.

7. Melakukan Clone System

Jika anda menggunakan VM, VM tersebut bisa anda Copy & Paste di komputer lain. Karena VM hanyalah berbentuk sebuah file portabel yang bisa anda pindahkan.

Clone Virtualbox

Bahkan di VirtualBox, anda bisa membuat Clone dengan mudah berkat adanya fitur ini langsung.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, maka anda akan sadar betapa banyak hal yang bisa anda lakukan dengan VIrtual Machine. Lalu, alasan menggunakan Virtual Machine apa lagi yang anda pikirkan? Apakah ada yang kurang di artikel ini? Silahkan tulis di kotak komentar.

Sekian artikel 7 Alasan Menggunakan Virtual Machine Saat Ini Juga, semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa untuk Like Facebook atau berlangganan via Email agar artikel baru langsung dikirimkan.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.