Android N Developer Preview Header

Android N Developer Preview Sudah Tiba! Ini Dia Fitur Barunya

Android N Developer Preview sudah tiba! Google I/O 2016 sebenarnya masih cukup lama untuk digelar, namun Google memiliki rencana lain. Biasanya, Google mengumumkan versi terbaru Android di Google I/O, namun untuk kali ini tidak demikian. Android N saat ini sudah bisa diunduh oleh developer dan hanya tersedia untuk perangkat Nexus.

Android N Developer Preview Sudah Tiba! Ini Dia Fitur Barunya

Di artikel ini, kita akan sama-sama bahas apa saja fitur-fitur baru yang diperkenalkan di Android N Developer Preview. Tentu saja, Android N ini masih dalam keadaan awal dan pastinya masih banyak bug. Tidak menutup kemungkinan kalau Google akan menambahkan fitur lainnya. Langsung saja, ini dia ulasannya.

Multiwindow – 2 aplikasi dapat dimunculkan dalam 1 layar

Multitasking Di Android N

Jika anda memiliki smartphone dari Samsung seperti keluarga Galaxy Note ataupun tablet Samsung, anda bisa membuka 2 aplikasi secara bersamaan. Google pun tidak mau ketinggalan dan akhirnya membenamkan fitur ini secara default di Android N. Seperti terlihat pada gambar diatas, Android N sudah membuka Settings dengan aplikasi lainnya dibawahnya.

Multitasking Dengan Mode Langscape

Selain itu, fitur Multiwindow ini juga bisa dilakukan pada saat landscape.

Notifications baru Android N yang mirip seperti Samsung

Notification Di Android N

Notifikasi di Android N pun memiliki perubahan. Jika anda lihat pada gambar diatas, beberapa tombol cepat seperti Wifi, alarm, dan lain-lain memiliki bentuk seperti notifikasi di Samsung. Namun, jika anda tarik lagi notifikasinya, maka akan sama saja seperti Android 6.0 Marshmallow. Selain itu, anda juga bisa mengubah posisi icon yang ada di Notification agar sesuai dengan keinginan anda. Terakhir, Notifications di Android N sekarang berbentuk halaman, sehingga anda bisa menggeser ke halaman baru untuk mengakses icon lainnya.

Settings dengan menu bilah samping

Settings Di Android N

Settings hingga saat ini hanya dirubah desainnya saja. Di Android N ini, Google menambahkan menu bilah samping untuk memudahkan navigasi anda dalam mengatur Android.

Data Saver di Android N: Jadi lebih hemat kuota!

Data Saver Di Android N

Di Android N, anda dapat menghemat kuota internet berkat adanya fitur Data Saver. Fitur ini bekerja dengan cara membatasi aplikasi menggunakan data berlebih di latar belakang. Belum ada informasi yang lebih jelas mengenai fitur ini, namun adanya fitur ini sudah sangat membantu para pengguna Android.

Lalu, apa lagi?

Animasi yang ada di Android N terasa lebih cepat dari sebelumnya. Tentu saja, perubahan yang ada di Android N tidak berhenti sampai ini saja. Google pastinya akan mengumumkan fitur baru lainnya di ajang Google I/O pada tanggal 18-20 Mei 2016. Hingga saat ini, kita hanya bisa melihat beberapa fitur saja.

Untuk lebih lengkapnya, anda bisa melihat video diatas yang diulas oleh TheVerge.

Kesimpulan

Lalu, bagaimana menurut anda fitur baru yang ada di Android N? Fitur mana yang paling anda sukai? Silahkan tulis di kotak komentar dibawah. Sekian artikel Android N Developer Preview Sudah Tiba! Ini Dia Fitur Barunya, semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa untuk Like Facebook Windowsku untuk mendapatkan artikel menarik lainnya seperti artikel ini.

Jika anda belum merasakan Android 6.0 Marshmallow, anda bisa mengunjungi artikel berikut ini untuk mengetahuinya lebih lanjut: Apa Itu Android 6.0 Marshmallow Dan Perangkat Apa Saja Yang Akan Mendapatkannya.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.