BerandaPenjelasan TeknologiApa itu Cloud Hosting dan Kenapa Memilih Cloud Hosting?

Apa itu Cloud Hosting dan Kenapa Memilih Cloud Hosting?

Apa Itu Cloud Hosting Header

Di saat pandemi seperti saat ini, memiliki situs pribadi sangat menguntungkan. Keberadaan kita di dunia maya semakin membuat usaha atau bisnis lebih terpercaya dan mengikuti perkembangan zaman. Untuk itu, anda memerlukan sebuah hosting agar dapat memuat website anda. Salah satu varian dari hosting adalah Cloud Hosting. Lalu, apa itu Cloud Hosting dan kenapa memilih Cloud Hosting? Mari kita bahas bersama.

Apa itu Hosting?

Hosting adalah sebuah server yang terkoneksi dengan jaringan internet, sehingga anda atau perusahaan dapat menyediakan konten melalui koneksi internet. Anggap saja Hosting adalah rumah, sedangkan alamat website seperti alamat rumah. Jika di analogikan, rumah Windowsku berada pada alamat https://windowsku.com.

Ketika anda mengetik windowsku.com dan menekan enter di browser, maka anda akan langsung terhubung dengan server Windowsku dan server mengirimkan data tampilan sehingga anda bisa melihat situs seperti saat ini juga.

Apa itu Cloud Hosting?

Cloud Hosting merupakan salah satu varian dari Hosting. Cloud Hosting adalah salah satu jenis hosting yang menggunakan lebih dari satu server untuk menyeimbangkan muatan situs dan memaksimalkan uptime. Daripada menggunakan 1 server saja, Cloud Hosting dapat secara paralel menggunakan server lain. Sehingga ketika 1 server gagal, server lain siap menggantikannya.

Kegagalan server pastinya dapat terjadi kapan saja, entah karena kesalahan perangkat lunak hingga mati listrik. Menggunakan lebih dari 1 server adalah solusi yang tepat, sehingga situs anda tetap dapat diakses kapanpun.

Keunggulan Cloud Hosting

Banyak sekali keunggulan yang dimiliki Cloud Hosting dibandingkan hosting biasa. Berikut keunggulan Cloud Hosting.

1. Pembayaran fleksibel

Pembayaran awal untuk Cloud Hosting biasanya menggunakan mekanisme per bulan. Namun, Cloud Hosting bisa lebih fleksibel karena dapat meningkatkan resource ketika trafik ke situs lebih banyak daripada biasanya.

Misalnya saja jika anda memiliki situs e-Commerce dan situs anda mengalami kenaikan trafik akibat anda menerapkan diskon di produk, anda bisa meningkatkan resource sehingga situs anda memiliki performa yang tinggi.

Ketika diskon telah selesai, maka anda bisa menurunkan resource sehingga anda hanya perlu menambah biaya ketika trafik sedang tinggi saja.

2. Banyak Server

Seperti yang dikatakan sebelumnya, dengan banyaknya server yang digunakan, maka anda bisa lega ketika satu server tidak bisa diakses, maka secara otomatis situs anda akan di akses di server lainnya.

3. Situs yang lebih cepat

Karena menggunakan banyak server, resource atau sumber daya yang digunakan bisa terbagi dengan banyak server tersebut sehingga performanya lebih tinggi. Hal itu juga akan berdampak pada kecepatan situs diakses. Apalagi dikombinasi dengan teknologi caching dan CDN, maka situs anda pastinya jauh lebih cepat.

4. Pengaturan situs yang mudah

Cloud Hosting biasanya menawarkan pengaturan situs yang sangat mudah. Berbeda dengan Cloud Hosting pada saat pertama kali muncul, anda diwajibkan untuk mengetahui bagaimana pengaturan Cloud Hosting. Saat ini, penggunaan Cloud Hosting sangatlah mudah. Bagi anda yang sudah mengenal hosting yang paling dasar sekalipun, anda akan begitu mudah juga konfigurasi Cloud Hosting.

Jenis situs yang menggunakan Cloud Hosting

Prakteknya, seluruh jenis website bisa menggunakan Cloud Hosting mulai dari situs kecil seperti portofolio pribadi, blog, hingga situs e-Commerce besar. Namun, anda dapat memilih Cloud Hosting dengan beberapa alasan.

Alasan yang paling utama adalah ketika situs tersebut memuat informasi yang sangat penting dan jika tidak bisa diakses 5 detik saja, maka akan mempengaruhi orang banyak. Misalnya saja situs e-Commerce, jika 5 detik saja situs seperti itu tidak bisa diakses, maka penjualan akan otomatis menurun karena bisa jadi di rentan waktu 5 detik itu, ada orang yang ingin membeli produk.

Intinya, jika situs yang anda miliki untuk bisnis, menggunakan Cloud Hosting adalah pilihan yang tepat. Karena Cloud Hosting menawarkan stabilitas yang tinggi dibandingkan hosting biasa. Serta anda juga mengatur sumber daya dengan mudah ketika kunjungan tinggi.

Jenis situs yang membutuhkan Cloud Hosting adalah sebagai berikut:

  1. e-Commerce
  2. Situs Perusahaan
  3. Situs B2B (Business to Business)
  4. Dan situs yang memiliki kunjungan yang tinggi

Penyedia Cloud Hosting di Indonesia

Di Indonesia, ada beberapa penyedia layanan hosting yang menawarkan Cloud Hosting. Salah satu penyedia Cloud Hosting murah di 2021 ini adalah Domainesia. Harga yang ditawarkan juga bervariasi, sehingga anda bisa menyesuaikan dengan kantong anda. Anda bisa membayarnya per bulan maupun per tahun. Dan jika anda memesannya untuk waktu yang cukup lama, maka anda akan mendapatkan diskon lebih.

Jika sudah memilih hosting, anda bisa menggunakan WordPress misalnya untuk membuat situs dengan cepat. WordPress memungkinkan anda untuk membuat blog, situs pribadi, hinggan e-Commerce tanpa anda mengetahui coding sama sekali. Namun, jika anda membuat situs custom yang membutuhkan fungsionalitas khusus, anda bisa mengetaui cara belajar coding dengan mudah disini.

Untuk blog ini, saya menggunakan WordPress. Sudah lebih dari 5 tahun saya menggunakan WordPress untuk situs ini. Karena saya juga bekerja sebagai programmer, saya juga biasa membuat situs web custom. Bahasa pemrograman yang biasa saya gunakan adalah PHP dengan menggunakan framework Laravel.

Apa itu Cloud Hosting sudah terjawab

Memilih hosting yang tepat sesuai kebutuhan sangatlah penting. Mengingat pentingnya keberadaan sebuah website untuk perusahaan maupun untuk diri anda sendiri, anda sangat rugi jika tidak memilikinya hari ini juga. Lalu, bagaimana menurut anda artikel ini? Silahkan tulis di kotak komentar jika ada yang kurang ya.

Tag:hosting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *