BerandaPenjelasan TeknologiApa itu Cloud Storage dan Cara Menggunakannya

Apa itu Cloud Storage dan Cara Menggunakannya

Apa Itu Cloud Storage Header

Pernah mendengar istilah Cloud Storage? Istilah ini semakin lama semakin sering digunakan, diiringi dengan semakin mudahnya kita mengakses internet. Apa itu Cloud Storage sebenarnya dan bagaimana hal tersebut membantu kita dalam bekerja. Yuk kita simak pembahasannya.

Apa itu Cloud Storage?

Ilustrasi Cloud Storage

Cloud Storage adalah tempat menyimpan file-file anda secara online, sehingga anda bisa mengaksesnya dimana-mana selagi anda punya akses internet. Perumpamaan termudah dari Cloud Storage adalah bayangkan anda memilih harddisk, namun harddisk tersebut bisa anda akses kapan saja dan dimana saja, asal anda memiliki jaringan internet.

Karena hanya bermodalkan internet, tidak peduli perangkat apapun yang anda pakai seperti komputer, tablet, smartphone, dan perangkat lainnya, tetap anda bisa mengaksesnya.

Apakah ada biaya dalam menggunakan Cloud Storage?

Membangun infrastruktur Cloud Storage tentu memiliki biaya. Namun, banyak yang menawarkan layanan Cloud Storage secara gratis, tapi dengan pembatasan layanan maupun fitur. Pembatasan yang paling terlihat adalah kapasitas penyimpanan.

Jika anda menggunakan layanan gratis, anda bisa mendapatkan tempat penyimpanan berkisar antara 1 GB hingga 15 GB. Jika anda hanya menyimpan dokumen-dokumen, seharusnya sudah cukup. Namun lain hal jika pekerjaan anda menuntut anda untuk menyimpan banyak file maupun ukuran file yang besar-besar, maka anda harus menggunakan layanan berbayar.

Daftar penyedia layanan Cloud Storage yang bisa kita gunakan

Setelah anda paham Cloud Storage, mungkin anda langsung tertarik mengenainya. Saat ini, ada banyak sekali penyedia layanan Cloud Storage yang bisa anda gunakan. Namun, saya akan menghimpunnya menjadi 4 Cloud Storage yang paling banyak digunakan beserta fitur-fitur yang ditawarkan. Berikut daftarnya.

1. OneDrive

Situs Onedrive

OneDrive merupakan layanan Cloud Storage yang sudah terintegerasi di Windows 10, sehingga anda tidak perlu meng-install-nya di komputer anda. Karena itu, OneDrive menjadi salah satu Cloud Storage yang paling banyak digunakan.

Selain terintegerasi dengan Windows, OneDrive juga sangat cocok digunakan jika dipadukan dengan Microsoft Office. Dengan saling terintegerasi, membuat OneDrive dapat menjadi pilihan nomor 1 bagi pengguna Windows.

Berikut fitur-fitur yang ditawarkan oleh OneDrive.

Penyimpanan gratis5 GB
Penyimpanan berbayar hingga1 TB
File VersioningYa
Pengeditan secara onlineYa
Aplikasi perangkat yang tersediaWindows, iOS, Android, Mac

2. Google Drive

Situs Google Drive

Bagi pengguna Android, Google Drive biasanya sudah terpasang di smartphone anda. Namun jika anda ingin meng-install-nya di komputer, tentu anda bisa melakukannya. Yang membuat Google Drive begitu menarik adalah kapasitas penyimpanan gratisnya cukup besar, yaitu sebesar 15 GB. Berikut informasi lengkapnya.

Penyimpanan gratis15 GB
Penyimpanan berbayar hingga200 GB untuk Google One
File VersioningYa
Pengeditan secara onlineYa
Aplikasi perangkat yang tersediaWindows, iOS, Android, Mac

3. IDrive

Situs Idrive

IDrive merupakan layanan penyedia Cloud Storage yang mungkin terdengar asing, namun memiliki fitur-fitur yang hampir sama bahkan lebih jika dibandingkan 2 pemain Cloud Storage papan atas yang telah saya sebutkan sebelumnya. Berikut penjelasan fitur-fitur singkatnya.

Penyimpanan gratis5 GB
Penyimpanan berbayar hingga12, 5 TB
File VersioningYa
Pengeditan secara onlineYa
Aplikasi perangkat yang tersediaWindows, iOS, Android, Mac

4. Dropbox

Situs Dropbox

Dropbox merupakan pemain lama dalam dunia Cloud Storage. Jumlah penggunanya pun semakin lama semakin banyak. Jika anda menggunakan akun gratis, anda tidak mendapatkan kapasitas penyimpanan yang besar jika dibandingkan dengan layanan lainnya. Berikut penjelasan singkatnya.

Penyimpanan gratis2 GB
Penyimpanan berbayar hingga3 TB (Akun Professional)
File VersioningYa
Pengeditan secara onlineYa
Aplikasi perangkat yang tersediaWindows, iOS, Android, Mac

Cara Menggunakan Cloud Storage

Seluruh layanan Cloud Storage yang saya bahas di artikel ini cara penggunaannya sangatlah mirip. Sehingga, saya hanya perlu mencontohkan satu saja. Disini, saya lebih sering menggunakan OneDrive karena saya sering bekerja dengan laptop saya.

Jika anda pengguna Windows 10, OneDrive sudah terpasang sehingga anda tinggal menggunakannya. Buka Start dan ketik “onedrive” dan tekan enter untuk membuka OneDrive. Untuk menggunakan OneDrive, anda perlu membuat akun Microsoft. OneDrive akan membantu anda membuat akun jika anda belum memilikinya.

Folder Onedrive

Setelah anda membuka OneDrive, maka akan muncul file dan folder yang ada di OneDrive. Jika anda menaruh file disini, maka secara otomatis akan terunggah ke OneDrive sehingga anda bisa mengaksesnya di semua perangkat yang menggunakan OneDrive.

  • Upload File Onedrive Windows
  • Onedrive Android

Untuk mengetesnya, silahkan anda taruh file apapun di OneDrive. Setelah terunggah, silahkan gunakan OneDrive di Android atau iOS anda. Setelah anda install dan login menggunakan akun Microsoft, maka seluruh file dan folder yang ada akan muncul.

Beberapa alasan kenapa anda harus menggunakan Cloud Storage

Dengan adanya Cloud Storage, hal ini membuka banyak peluang bagi kita untuk melakukan hal baru. Namun jika anda masih bingung hal apa saja yang bisa kita lakukan, anda bisa membaca artikel dibawah ini untuk menemukan idenya.

Selesai sudah artikel Apa itu Cloud Storage

Cloud Storage sangat saya sarankan untuk anda gunakan. Karena tentu akan membantu pekerjaan anda sehari-hari. Anda tidak perlu lagi menggunakan Flash Disk untuk transfer file antar komputer. Anda juga bisa meninggalkan komputer kantor dan langsung menggunakan komputer di rumah untuk lanjut mengerjakan pekerjaan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.