Apa Itu Coding Header

Apa itu Coding dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Komputer merupakan benda canggih yang bisa melakukan banyak hal untuk membantu manusia. Dibalik kecanggihan tersebut, ada kode mesin yang hanya dimengerti oleh komputer sehingga komputer bisa melakukan sesuatu dengan atau tanpa komando dari manusia.

Orang yang membuat kode biasa disebut sebagai Programmer atau Developer. Seorang programmer biasanya memiliki kemampuan spesifik, seperti membuat aplikasi, game, atau situs web. Di artikel ini, anda akan mempelajari apa itu coding dan bagaimana cara kerjanya. Bahkan di artikel ini, saya akan mengajak anda membuat aplikasi sederhana dengan menggunakan kode!

Apa itu Code/Kode?

Kode Programming

Kode mesin yang kita sudah bahas sebelumnya mampu memberikan instruksi kepada komputer apa yang harus dilakukan. Jika kita mencoba membacanya, saya jamin anda akan pusing sendiri. Kenapa?

Komputer hanya mengenal 2 angka saja yaitu angka 0 dan angka 1. Kombinasi dari 2 angka tersebut membuat komputer dapat melakukan instruksi tertentu. Berikut salah satu kode mesin: 01000001. Jika anda membacanya, pasti anda tidak paham apa maksudnya. Lalu sebenarnya, apa arti kode tersebut?

01000001 kalau diterjemahkan di dalam komputer menjadi “A“. Ya, 8 kombinasi angka 0 dan 1 tersebut jika diterjemahkan menjadi huruf A saja. Baru saja anda mempelajari kode mesin dan tentu kita bisa mempelajari kode mesin lebih lanjut, namun ada cara yang lebih mudah.

Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman hadir untuk menyederhanakan proses membuat aplikasi untuk komputer. Karena membuat instruksi komputer dengan bermodalkan angka 0 dan 1 saja pastinya adalah mimpi buruk. Dengan bahasa pemrograman, anda tidak perlu mempelajari kode mesin yang hanya bermodalkan angka 0 dan 1 saja.

Contoh Perintah Bahasa Pemrograman Php

Bahasa pemrograman membuat pekerjaan membuat aplikasi, game, atau situs web menjadi lebih mudah. Karena bahasa pemrograman memiliki unsur bahasa manusia yang biasanya menggunakan bahasa Inggris. Seperti kode perintah diatas, bahasa pemrograman yang digunakan adalah bahasa PHP. Kata “echo” sendiri merupakan istilah bahasa Inggris yang artinya “gema” atau “gaung”. Itu artinya, perintah kode diatas memiliki arti bahwa gemakan atau gaungkan kalimat “ini adalah situs berbasis bahasa pemrograman PHP”. Jika dijalankan, maka kalimat tersebut akan muncul di layar komputer.

Apa itu Coding?

Coding adalah proses seorang programmer atau developer dalam mengetik bahasa pemrograman, sehingga komputer dapat melakukan sesuatu berdasarkan kode yang diketik. Seperti contoh sebelumnya, anda menginstruksikan komputer agar menayangkan sebuah kalimat.

Seorang programmer juga harus teliti dalam memberikan instruksi. Misalnya saja kita menginstruksikan komputer untuk berhitung dengan menambah angka 1. Namun jangan sampai lupa untuk menginstruksikan komputer untuk berhenti berhitung.

Hasil akhir dari proses Coding adalah sebuah produk berupa program atau aplikasi yang bisa digunakan oleh banyak orang yang tidak mengerti coding. Misalnya saja aplikasi Office di komputer anda seperti Microsoft Word. Aplikasi tersebut juga hasil dari banyak programmer yang terus menerus menambah fitur hingga saat ini.

Seberapa sulit mempelajari coding?

Layaknya keahlian yang lain, anda juga harus mempelajari dari dasar dan kemudian secara perlahan mempelajari hal yang lebih sulit. Sulitnya coding sangat tergantung dari minat ataupun keahlian dasar anda. Jika anda adalah seseorang yang menyukai permainan puzzle, atau suka berpikir logika, maka coding sangat tepat untuk anda.

Karena dalam membuat program aplikasi, keahlian logika kita sangat dibutuhkan. Namun bukan berarti bagi anda yang jarang bermain dengan logika-logika tidak cocok untuk ngoding. Membuat program dengan kode adalah sesuatu hal yang semua orang bisa pelajari dan buat.

Semakin anda mempelajarinya, secara tidak langsung anda melatih otak anda untuk berpikir kritis dan mengingat pola-pola dalam membuat program. Bahkan di beberapa negara seperti Swedia membuat programming menjadi kurikulum yang wajib dipelajari oleh anak-anak kecil. Jika anak kecil saja bisa, anda juga pasti bisa.

Seperti apa coding tersebut?

Hasil Mengubah Tampilan Depan Laravel

Jika anda penasaran bagaimana seorang programmer membuat program atau aplikasi, anda bisa dengan mudah mempelajarinya sekarang. Karena kebetulan saya juga adalah seorang programmer yang membuat aplikasi Web.

Mengubah Tampilan Depan Laravel

Seperti artikel cara menginstall Laravel ini, anda bisa membuat Web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa pemrograman yang di spesifikasikan khusus untuk web, bahkan situs ini juga dibuat dengan bahasa pemrograman tersebut.

3 Level pemrograman

Untuk menulis sebuah program, ada 3 level bahasa pemrograman yang bisa kita pakai. Berikut penjelasannya.

1. Machine Language – Bahasa Mesin

Secara tidak langsung, kita sudah membahas bahasa mesin sebelumnya. Ya, mesin hanya mengenal angka 0 dan 1 saja. Bahasa mesin merupakan bahasa dengan level terendah karena sangat sulit membuat kode hanya bermodalkan 0 dan 1 saja. Bisa dikatakan sangat mustahil manusia dapat membuat program jadi menggunakan bahasa mesin. Oleh karena itu, ada level lainnya.

2. Assembly Language – Bahasa Assembly

Bahasa Assembly bisa menjadi jawaban agar programmer bisa membuat program lebih cepat. Dengan bahasa ini, programmer dapat menyimpan konstanta atau data lain yang bisa digunakan di tempat lain. Misalnya saja pi = 3,14. Anda hanya tinggal memanggil pi saja tanpa harus mengetik 3,14.

Bahasa Assembly

Bisa dilihat pada gambar diatas, kode tersebut merupakan bahasa Assembly. Kode yang banyak tersebut fungsinya hanyalah memunculkan kata “Hello World” saja! Namun jangan berkecil hati, karena ada 1 level lagi yang membuat belajar bahasa pemrograman menyenangkan.

Bahasa Assembly merupakan Low Level Programming Language atau Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah

3. High Level Programming Language – Bahasa pemrograman tingkat tinggi

Bahasa pemrograman tingkat tinggi adalah bahasa pemrograman dengan yang sangat mudah dimengerti dan dipelajari karena berbagai elemen menggunakan bahasa manusia. Bahasa manusia yang paling banyak digunakan dalam bahasa pemrograman adalah bahasa Inggris.

Bahasa Pemrograman Phyton

Seperti contohnya kode diatas. Nama bahasa pemrogramannya adalah Phython. Saat ini, Phython merupakan bahasa pemrograman yang paling mudah dipelajari dan bisa dilihat pada gambar diatas. Bagian atas merupakan kode Phython dan dibawahnya adalah hasil eksekusinya. Cukup mengetik perintah “Print” dimana artinya adalah “Cetak” diiringi oleh “Hello, Phython!”. Artinya, kode tersebut memerintahkan komputer mencetak kalimat tersebut. Sangat mudah bukan?

Bahasa Pemrograman C++

Contoh lainnya adalah bahasa pemrograman C++. Kalau dibandingkan dengan Phython, sangat jauh sekali tingkat kerumitannya karena C++ memiliki cara tersendiri. Jika Phython menggunakan perintah “Print”, C++ menggunakan perintah “cout” untuk mengeluarkan kalimat. Intinya, 2 bahasa pemrograman tersebut menggunakan bahasa manusia.

Dalam hal kemudahan dalam membuat program, bahasa tingkat tinggi jauh lebih mudah dibandingkan bahasa Assembly. Namun kekurangannya adalah anda kontrolnya lebih rendah dibandingkan bahasa Assembly. Bahasa Assembly lebih luwes dan dapat menyentuh hal terkecil sekalipun.

Terjawab sudah apa itu Coding

Menjadi seorang programmer di Indonesia saat ini adalah pilihan yang tepat. Karena bahkan Indonesia saat ini sangat kekurangan programmer menurut artikel dari CNN Indonesia. Jika anda memiliki anak, mengarahkan anak anda menjadi seorang programmer adalah pilihan yang tepat. Apalagi Indonesia sekarang memasuki era digital Industri 4.0 yang digaungkan oleh presiden.

Lalu, bagaimana menurut anda artikel apa itu Coding? Apakah masih ada pertanyaan di benak anda? Silahkan ketik di kotak komentar dibawah.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.