Apa itu CPU Header

Apa itu CPU (Central Processing Unit)?

Sering sekali kita mendengar istilah CPU, namun apakah anda mengetahui apa itu CPU dalam arti yang selengkap-lengkapnya? Memang perangkat keras yang satu ini bisa dibilang sebagai “otak” dari komputer. Karena kita semua menggunakan komputer (termasuk smartphone), ada baiknya kita mengetahui lebih lanjut mengenai CPU.

Apa itu CPU (Central Processing Unit)?

Dalam artikel ini, mari kita sama-sama bahas apa itu CPU (Central Processing Unit). Lalu, apa saja tugas-tugas CPU serta apa saja spesifikasi CPU, sehingga anda bisa memilih CPU yang sesuai dengan spesifikasi yang anda butuhkan. Langsung saja, ini dia ulasannya.

Pengertian CPU

CPU (Central Processing Unit) adalah sirkuit elektronik di dalam komputer yang membawa instruksi dari program komputer yang digunakan untuk operasi penghitungan dasar, logika, kontrol, dan input/output (I/O). Jika anda memiliki komputer desktop, maka banyak orang yang beranggapan bahwa keseluruhan desktop tersebut adalah CPU. Kenyataannya adalah CPU hanyalah sebuah prosesor saja.

Prosesor Atau CPU

Setelah anda mengetahui apa itu sebenarnya CPU, kini saatnya anda harus mengetahui bagaimana cara CPU/prosesor dibuat. Di artikel ini, saya akan menggunakan istilah CPU hingga artikel ini selesai. Ini dia cara pembuatan CPU atau prosesor.

Cara pembuatan CPU/Prosesor

Pembuatan sebuah CPU sangatlah kompleks! Namun, saya akan memberikan penjelasannya dengan bantuan video.

Pasir

Langkah 1: CPU dibuat seluruhnya oleh pasir. Ya, percaya atau tidak, pasir yang sering anda temui merupakan bahan utama CPU. Di dalam pasir, terdapan silikon yang dibutuhkan untuk pembuatan CPU. Dan silikon inilah yang merupakan bahan utama untuk manufaktur semikonduktor.

Batang Logam Monokristal

Langkah 2: Setelah pasir dikumpulkan, pasir tersebut dimurnikan dengan berbagai tahapan sehingga menjadi Electronic Grade Silicon yang digunakan di dalam semikonduktor. Bentuknya seperti tabung dengan bagian atap dan bawahnya seperti bentuk kerucut. Beratnya bisa mencapai 100 KG!

Pemotongan Silicon

Langkah 3: Kemudian, tabung silikon tersebut dipotong dengan gergaji bulat menjadi potongan-potongan silikon yang disebut Wafer. Kemudian Wafer tersebut akan di poles hingga membentuk permukaan yang seperti kaca.

Penembakan Ultraviolet Ke Wafer

Langkah 4: Cairan yang menolak foto akan di campur ke permukaan wafer dengan kecepatan tinggi. Cairan tersebut sama seperti cairan yang anda temukan ketika mencetak foto jaman dulu.

Kemudian, laser ultraviolet ditembakkan melewati lensa yang menyebabkan garis-garis UV pada permukaan wafer.

Pembentukan Permukaan Semi Konduktor

Langkah 5: Wafer yang sebelumnya sudah di lumuri cairan dan ditembak oleh sinar UV, permukaannya akan larut karena ditahap ini, akan diberikan pelarut kimia. Dari sana, larutan kimia lainnya digunakan untuk menghilangkan bekas material semikonduktor yang dinamakan The Substrate. Terakhir, sisa-sisa dari material pada langkah 4 dihilangkan dengan proses seperti mencuci. Akibatnya, permukaan wafer akan terbentuk seperti adanya bangunan yang muncul.

Pembuatan Cpu Langkah Ke 6

Langkah 6: Pada proses ini, berbagai material tambahan akan ditambahkan kedalam chip yang ada di wafer. Proses ini setidaknya diulangi sebanyak 6 kali (berdasarkan arsitektur 45nm).

Tembaga Untuk Mengalirkan Listrik

Kemudian, tembaga kecil ditambahkan untuk mengalirkan listrik. Beberapa ada yang menyambung dengan yang lain, beberapa ada yang mengalirkan listrik ke tempat yang jaraknya sangat jauh.

Pengecekan Chip Di Wafer

Langkah 7: Kemudian, chip yang ada di wafer akan di cek. Karena pembuatan chip seperti ini sangatlah harus presisi, kesalahan kecil akan mengakibatkan chip tersebut tidak dapat digunakan. Tidak hanya dari tes fisik saja, tes seperti konsumsi daya pun dilakukan. Dan proses ini berlanjut untuk semua chip di wafer.

Pemotongan Wafer Sesuai Ukuran Chip

Langkah 8: Gergaji mesin dengan ujung yang sangat tipis akan digunakan untuk memotong wafer sesuai ukuran chip tersebut.

Penempatan Chip

Langkah 9: Chip yang yang sudah dipotong akan dimasukkan kedalam paket fisiknya seperti pada gambar diatas.

Anda bisa melihat video interaktif bagaimana CPU dibuat dengan menonton 2 video diatas. Video pertama merupakan video yang paling lama. Video kedua merupakan cara pembuatan CPU yang baru dengan arsitektur 22nm dan 3D transistor.

Tugas CPU

Setelah anda mengetahui bagaimana cara membuat CPU, sekarang anda akan mempelajari apa saja tugas CPU. Ada 4 tugas CPU, yaitu fetch, decode, execute, dan writeback. Mari kita sama-sama bahas.

Fetch

Setiap aplikasi yang anda jalankan, banyak sekali instruksi yang terkirim ke CPU yang sumbernya dari memori program. Setiap instruksi tersebut di simpan di alamat yang spesifik. Di dalam CPU, terdapat “Program Counter”, dimana ia dapat menghitung posisi CPU dalam program.

Decode

Mengolah Instruksi Di Cpu

Perlu anda ketahui bahwa CPU hanya mengerti bahasa Assembly. Sehingga, apapun bahasa pemrograman yang anda pakai di aplikasi anda, aplikasi tersebut akan diubah menjadi bahasa Assembly. Dengan bantuan “Assembler”, bahasa Assembly tersebut diubah menjadi kode biner. Sehingga, CPU dapat mengerti mengeksekusi instruksi yang diberikan.

Execute

Berdasarkan instruksi yang diberikan di proses sebelumnya, CPU dapat melakukan 3 hal sekaligus. Berikut apa saja yang CPU lakukan:

  1. Dengan menggunakan ALU (Arithmetic Logic Unit), CPU dapat mengkalkulasikan fungsi matematika yang kompleks.
  2. Memindahkan data dari memori ke lokasi lain.
  3. Berpindah dari satu alamat dalam program berdasarkan keputusan yang dibuat oleh CPU itu sendiri.

Writeback

Eksekusi Perintah

Setiap kali prosesor mengeksekusi perintah, biasanya akan menghasilkan sebuah keluaran yang harus ditulis kembali. Setelah perintah berhasil dieksekusi dan menghasilkan sebuah keluaran, maka CPU siap melaksanakan perintah selanjutnya.

Kesimpulan

Bagaimana dengan penjelasannya? Apakah ada yang ingin anda tanyakan? Jangan sungkan untuk berkomentar disini. Sekian artikel Apa itu CPU (Central Processing Unit)?, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk Like Faceobok Windowsku untuk mendapatkan artikel menarik lainnya. Jika anda ingin mengetahui prosesor Intel Core generasi ke-6, silahkan baca artikel ini: Prosesor Intel Core Generasi Ke-6: Semua Yang Perlu Anda Ketahui.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.