Penjelasan Lengkap Apa itu DirectX dan Bagaimana Perannya di Sebuah Game

Apa Itu Directx Header

Bagi anda yang sudah berkecimpung lama di dunia game menggunakan PC, banyak sekali yang pastinya mengenal DirectX namun tidak tahu apa itu DirectX sebenarnya. Karena sering sekali ketika memasang game di komputer, anda diminta untuk update terlebih dahulu DirectX agar game bisa berjalan. Lalu, apa itu DirectX dan bagaimana hal itu bisa berpengaruh di game yang anda mainkan?

Apa itu DirectX?

Directx Logo

Sebuah komputer merupakan kombinasi perangkat lunak dan keras yang saling berhubungan, sehingga dapat berfungsi dengan baik. Untuk menggunakan seluruh perangkat keras tersebut, seorang programmer dibutuhkan untuk membuat perangkat lunak yang tentunya harus dibuat seefisien mungkin.

Kenapa dibuat seefisien mungkin? Karena banyak sekali jenis komputer, mulai dari yang paling murah yang tentunya memiliki spesifikasi rendah hingga komputer mahal dengan spesifikasi tinggi. Jika membuat perangkat lunak yang efisien, maka perangkat lunak tersebut bisa digunakan di lebih banyak komputer.

Perangkat keras yang banyak, juga dibuat oleh banyak produsen sehingga memiliki karakteristik sendiri. Misalnya saja laptop Acer dan Asus. Walaupun sama-sama laptop, tentu menggunakan komponen yang berbeda.

Ketika programmer membuat sebuah game, programmer wajib membuatnya agar game-nya bisa dimainkan di banyak jenis komputer dengan komponen yang berbeda. Selain itu, programmer juga harus menentukan bahwa game-nya harus bisa dijalankan di performa maksimal, walaupun digunakan dengan komponen komputer yang berbeda.

Kita ambil contoh laptop dengan prosesor Intel dan AMD. Programmer tidak bisa hanya membuat game tersebut hanya berjalan dengan performa terbaik di prosesor Intel saja dan buruk di AMD. Lalu, bagaimana cara agar programmer dapat membuat game yang cocok untuk banyak komponen komputer?

Untuk itulah DirectX hadir untuk menjawab pertanyaan diatas. Apa itu DirectX? DirectX adalah sebuah kumpulan antarmuka pemrograman aplikasi atau dalam bahasa inggrisnya Applications Programming Interface (API) yang memungkinkan para pembuat game untuk membuat game di berbagai komponen komputer yang berbeda di komputer dengan sistem operasi Windows.

Komponen DirectX

Sebuah DirectX memiliki banyak API yang bisa programmer gunakan untuk membuat aplikasi yang bisa dijalankan di banyak komponen. Berikut beberapa komponen DirectX-nya.

  • Direct3D (D3D): digunakan untuk menggambar grafik 3D.
  • Direct2D (D2D): digunakan untuk menggambar grafis 2D.
  • DirectWrite: digunakan untuk font.
  • DirectCompute: digunakan untuk pemrosesan GPU.
  • XAudio2: digunakan untuk audio dengan API rendah.
  • XACT3: digunakan untuk audio API tinggi.
  • dan masih banyak lagi…

Kesimpulannya, para pengembang aplikasi atau programmer dapat menggunakan API diatas agar aplikasi berjalan dengan baik sesuai kebutuhan. Pengembang juga tidak perlu mengetahui jenis-jenis komponen perangkat keras dan cukup pengetahuan dasar komponen perangkat keras saja seperti berapa jumlah RAM yang diperlukan maupun minimal core yang ada di prosesor.

Versi DirectX

DirectX mulai diperkenalkan di Windows 95 dan menggunakan DirectX versi 9 di Windows XP. Pada tahun 1995 tersebut, DirectX versi 1 telah meluncur. Kemudian disusul pada tahun yang sama versi 2 dan ditambahkan secara bawaan ke instalasi Windows 95 yang baru.

Saat Microsoft meluncurkan Windows XP, versi DirectX sudah mencapai versi 9. Versi ini pun mendapatkan update lagi dengan huruf dibelakangnya, yaitu versi 9.0a, 9.0b, dan terakhir 9.0c. Dan versi terakhir hingga saat artikel ini diturunkan yaitu DirectX 12 hadir dengan berbagai fitur untuk membuat aplikasi maupun game yang lebih interaktif.

DirectX juga digunakan untuk konsol dari Microsoft yaitu Xbox

DirectX 12

DirectX diumumkan oleh Microsoft pada tanggal 20 Maret 2014 dan secara resmi diluncurkan bersamaan dengan Windows 10 pada tanggal 29 Juli 2015. Dengan menggunakan DirectX, beberapa game mengalami peningkatan performa hingga 70% bila dibandingkan dengan DirectX versi sebelumnya.

Fitur utama yang ditawarkan oleh DirectX 12 yaitu penggunaan 2 atau lebih GPU dalam satu komputer. Contoh paling nyatanya yaitu di laptop dimana biasanya laptop memiliki GPU terintegrasi (APU) dengan prosesor serta adanya discrete graphics. Dengan DirectX 12, 2 GPU tersebut dapat bekerja sama dan meningkatkan performa aplikasi serta game.

Cara kerjanya cukup sederhana. Jika anda bermain game dengan DirectX 12 dan komputer anda memiliki 2 GPU atau lebih, Windows akan memberikan beban kerja terberatnya ke discrete graphics anda. Kemudian untuk komputasi ringan, Windows akan memberikan beban kerjanya ke GPU di prosesor anda.

Cara mengecek DirectX anda

Sangat mudah untuk mengecek versi DirectX anda. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Tekan tombol Windows + R di keyboard anda.
  2. Ketik “dxdiag” dan tekan enter.

Informasi Directx Windows 10

Seperti gambar diatas pada bagian terbawah, ada bagian “DirectX Version” dan disana anda bisa lihat versi DirectX yang terpasang di Windows anda. Informasi lain seperti prosesor, memori, sistem operasi, dan informasi lainnya juga bisa anda lihat.

Jika anda klik tab “Display”, maka Windows akan menyajikan informasi GPU yang digunakan saat ini untuk tampilan. Karena penulis memiliki laptop dengan 2 GPU, GPU utama yang digunakan untuk keseharian saat ini yaitu GPU milik Intel yang pada dasarnya memang tidak kuat. Pada tab “Render”, anda bisa melihat bahwa GPU AMD Radeon 520 digunakan untuk pemrosesan grafis berat seperti game.

Cara update/upgrade DirectX

Jika versi DirectX yang anda gunakan versi lama, anda bisa update atau upgrade menggunakan link ini. Perlu diperhatikan bahwa sistem operasi seperti Windows XP hanya mendukung DirectX maksimal versi 9.0c, sehingga anda tidak bisa memasang DirectX 12 di Windows XP.

Apakah ada alternatif lain untuk DirectX?

Jawabannya adalah ada. OpenGL merupakan saingat berat DirectX saat ini. OpenGL memiliki fungsi yang sama dengan DirectX namun memiliki kelebihan dimana OpenGL bisa digunakan untuk banyak sistem operasi seperti MacOS dan Linux serta Windows.

Penulis tidak memiliki kemampuan untuk membandingkan DirectX dengan OpenGL, sehingga anda bisa melihat perbedaannya di video diatas. Selain OpenGL, ada saingan lain dengan nama Vulkan yang juga menjadi API untuk grafis populer saat ini.

Apakah pertanyaan Apa itu DirectX sudah terjawab?

Dengan DirectX, komputer khususnya yang menggunakan Windows bisa memaksimalkan perangkat keras yang ada sehingga aplikasi serta game dapat berjalan dengan maksimal walaupun berbagai komponen hardware yang berbeda. Lalu, DirectX versi apa yang anda gunakan saat ini? Apakah anda pernah mencoba alternatif lain seperti OpenGL maupun Vulkan? Yuk ketik komentar anda dibawah ini.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.