BerandaPenjelasan TeknologiApa itu eSim dan Kelebihan Dibandingkan Kartu SIM Standar

Apa itu eSim dan Kelebihan Dibandingkan Kartu SIM Standar

Di dunia teknologi, apalagi teknologi smartphone, semakin kecil sebuah komponen, maka semakin bagus. Mengapa? Karena ruang komponen di smartphone sangat terbatas, tidak seperti komputer yang sangat luas. Untuk itulah banyak smartphone baru saat ini mengecilkan atau bahkan menghilangkan komponen yang sekiranya sudah jarang orang pakai, seperti 3,5 mm Headphone Jack yang sudah semakin jarang. Lalu, apa itu eSIM sebenarnya?

Salah satu komponen yang berhasil dikecilkan saat ini adalah slot kartu SIM. Kita bisa melihat adanya kartu SIM, Mikro SIM, bahkan Nano SIM. Dari namanya saja, Nano itu sudah sangat kecil dan semakin banyak smartphone yang menggunakannya. Saat ini, ada yang lebih hebat lagi yaitu eSIM. Langsung saja, ini dia penjelasannya.

Apa itu eSIM?

Rf Board Iphone Ifixit
eSIM ditandai dengan kotak berwarna kuning yang ada di perangkat iPhone XS. Gambar oleh: iFixit

eSIM adalah kartu SIM yang tertanam (embedded SIM). Itu artinya, kartu SIM tersebut sudah ada semenjak anda beli smartphone tersebut. Karena tertanam, ukuran eSIM sangat kecil, bahkan 3x lebih kecil dibandingkan Nano SIM yang biasa kita gunakan saat ini. Seperti gambar diatas, komponen eSIM sangatlah kecil dibandingkan komponen lainnya.

Dengan eSIM, produsen smartphone tidak perlu membuat komponen slot kartu SIM dan cukup membuat komponen eSIM yang jauh lebih kecil. Kelebihan ruang tersebut bisa dipakai untuk komponen lain seperti baterai yang lebih besar.

Cara menggunakan eSIM

Saat ini di Indonesia ketika artikel turun, hanya operator Smartfren yang mendukung penggunaan eSIM. Dan perangkat yang didukung saat ini hanyalah iPhone. Diharapkan semakin banyak perangkat dan bahkan operator selular lain yang ikut serta.

Cara Mengaktifkan Esim Smartfren

Untuk cara menggunakan eSIM, bisa anda lihat di situs resmi eSIM Smartfren. Intinya, anda hanya perlu melakukan scan QR Code yang tersedia di Smartfren dan otomatis smartphone anda akan menggunakan layanan Smartfren. Sangat mudah bukan? Dan jika operator selular lain nantinya mendukung eSIM, maka anda hanya scan ulang saja QR Code atau install aplikasi tertentu milik operator tersebut dan anda langsung bisa menggunakannya.

Dikutip dari CNNIndonesia, operator lain selain Smartfren belum tertarik dengan eSIM. Ini bisa dipahami karena perangkat dengan eSIM biasanya adalah perangkat flagship dengan harga mahal.

Jika anda pemilik perangkat iPhone, anda bisa melihat video diatas bagaimana cara menggunakan eSIM di iPhone.

Keunggulan eSIM

Berikut keunggulan kartu eSIM dibandingkan kartu SIM tradisional:

  1. Tidak perlu komponen ekstra atau besar untuk kartu SIM.
  2. Karena lebih kecil, produsen smartphone bisa menggunakan ruang ekstra untuk komponen lain seperti baterai.
  3. Komponen eSIM adalah rewritable atau bisa ditulis ulang. Ini artinya jika anda nantinya ingin mengganti operator selular, anda hanya tinggal scan QR Code atau install aplikasi dari operator lain.
  4. Produsen smartphone dapat membuat perangkat yang tahan rendaman air (water resistant) dengan mudah. Karena produsen tidak perlu membuat slot kartu SIM.

Kekurangan eSIM

Berikut kekurangan eSIM:

  1. Ada kemungkinan ketika anda membeli smartphone dengan eSIM langsung dari operator selular, anda tidak bisa mengganti ke operator lain.
  2. Masalah keamanan, dimana eSIM adalah komponen yang dapat di tulis ulang. Untuk kartu SIM tradisional, mereka tidak di desain untuk diakses dari jarak jauh dan anda harus menanamkannya di slot kartu SIM.
  3. Kesulitan jika anda memiliki masalah jaringan yang lambat. Jika pakai kartu SIM tradisional, anda bisa mencobanya di smartphone lain. Jika pakai eSIM, anda tidak bisa melakukannya.

Apa itu eSIM akhirnya sudah terjawab

Saya bisa membayangkan bahwa eSIM kedepannya sudah pasti menggantikan kartu SIM tradisional. Seperti biasa, fitur baru seperti eSIM biasanya hadir dulu di perangkat yang mahal terlebih dahulu, baru lama-lama akan muncul di smartphone menengah ke bawah. Lalu, bagaimana pendapat anda mengenai eSIM? Apakah masih ada pertanyaan mengenai apa itu eSIM? Yuk berikan komentar anda di bawah ini.

Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.