Apa Itu Folder System32 Windows Header

Apa itu Folder System32 di Windows?

Bagi anda yang sudah berkecimpung lama di dunia komputer, tidak menutup kemungkinan anda mengenal dengan istilah System32. Ya, System32 merupakan sebuah folder yang ada di setiap komputer yang menggunakan sistem operasi Windows. Lalu, apa itu folder System32 sebenarnya?

System32 adalah sebuah folder yang pertama kali ada di sistem operasi Windows 2000 yang berisi beragam file agar Windows anda bekerja dengan normal. Banyak sekali file yang ada di folder tersebut, namun ada 2 jenis file yang paling signifikan jumlahnya, yaitu:

1. DLL (Dynamic Link Library)

File Audio Dll System32

File jenis ini membuat aplikasi yang anda jalankan berfungsi normal. Misalnya saja ketika anda membuka aplikasi Spotify, maka Spotify akan mencari file DLL yang tepat agar suara bisa keluar dari speaker komputer anda. Seperti gambar diatas, ada banyak sekali file dengan nama “audio” di dalam folder System32.

2. Exe (Excutable File)

File Exe System32

File jenis ini biasanya kita gunakan untuk menjalankan aplikasi layaknya anda menjalankan browser anda. Didalam folder System32, ada banyak juga jenis file tersebut, salah satunya adalah aplikasi rahasia untuk menghapus malware di Windows seperti gambar dibawah ini:

Microsoft Windows Malicious Software Removal Tool Aug 2019

Mungkin masih ada pertanyaan di benak anda, kenapa namanya “System32”? Kenapa tidak dengan angka yang lain?

Jawabannya adalah direktori ini merupakan folder yang harus diakses ketika suatu aplikasi dijalankan dengan arsitektur 32 bit. Jika anda menggunakan Windows dengan arsitektur 64 bit, maka akan ada folder lain selain folder System32.

Folder SysWOW64

System32 Syswow64 Windows

Jika anda membuka isi folder System32 dan SysWOW64, maka sekilas isi foldernya terlihat sama. Lalu, kenapa seperti itu?

Disini, Windows mencoba agar seluruh aplikasi yang masih berjalan di 32 bit tetap berjalan walaupun anda sudah menggunakan Windows 64 bit. Bahkan kepanjangan dari SysWOW64 sendiri adalah “System Windows 32 bit On Windows 64 bit”. Pertanyaan selanjutnya adalah kenapa masih ada folder System32 jika folder SysWOW64 bisa menjalankan 32 bit?

Ini dikarenakan masih banyak aplikasi lama yang membutuhkan System32, menulis secara kasar direktori tersebut, sehingga Windows tidak bisa mengarahkannya ke folder SysWOW64. Sehingga, peran folder System32 ini masih digunakan hingga saat ini.

Folder System32 merupakan folder sangat penting di Windows

Terjawab sudah apa itu folder System32. Menghapus satu atau bahkan seluruh file yang ada di folder tersebut bisa membuat komputer anda tidak bekerja dengan normal. Untuk itu, selalu hindari mengakses folder tersebut apapun alasan anda. Jika komputer anda bersikap aneh, silahkan gunakan Antivirus maupun Antimalware agar bisa ditemukan sumber masalahnya.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.