Apa itu ROM Android dan 3 Hal yang Harus Anda Ketahui

Apa Itu Rom Android Header

Sudah berapa lama anda mengenal Android? Mungkin selama anda mengenal Android, anda mendengar istilah ROM Android. Sebenarnya, apa itu ROM Android? Android sebagai sistem operasi berbasis Open Sourcememang merupakan sistem operasi dengan varian yang banyak dan digunakan oleh produsen yang berbeda-beda pula.

Di artikel ini, mari kita bahas apa itu ROM Android dan beberapa hal yang harus anda ketahui mengenainya.

Apa itu ROM Android?

Kepanjangan ROM sendiri adalah Read Only Memory. Di Android, istilah ROM digunakan dengan definisi yang berbeda. Karena biasanya ROM merujuk kepada perangkat keras. ROM Android ini berbentuk perangkat lunak.

Android One

Maksud dari ROM Android adalah sistem operasi Android itu sendiri. Namun, karena Android berbasis open source, banyak produsen yang mengambil kode asli Android dan mengubahnya sesuai kemauan produsen tersebut. Jika anda membeli smartphone Samsung, maka ROM Samsung akan berbeda dengan smartphone ber-merk Asus yang memiliki ROM Android Asus.

Android Di Samsung

Hal ini tentu berbeda dengan sistem operasi iOS milik Apple. Sistem operasi ini hanya bisa digunakan oleh iPhone, sehingga apapun iPhone yang anda miliki, maka tampilannya sama. Misalnya anda pengguna Android di Samsung, bisa jadi anda merasa ada yang berbeda walau tidak terlalu signifikan ketika menggunakan Android di Asus.

Selain istilah ROM Android, anda mungkin mendengar juga istilah Custom ROM. Lalu, apakah Custom ROM di Android?

Apa itu Custom ROM Android?

Garis besarnya Custom ROM Android dan ROM Android menunjukkan hal yang sama yaitu sama-sama ROM Android. Namun Custom ROM merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukkan ROM Android yang bukan dibuat oleh produsen smartphone. Jadi, anda bisa mengubah ROM Android anda sendiri dengan custom ROM yang bukan dibuat oleh produsen anda.

Dukungan Smartphone Lineageos

Contoh Custom ROM yang terkenal yaitu Cyanogenmod (sekarang bernama Lineage OS). Sistem operasi ini dapat anda pasang di beberapa merk smartphone. Bahkan Lineage memiliki halaman khusus yang menyediakan daftar perangkat yang didukung.

Setelah membaca tulisan diatas, anda jadi mengerti apa itu ROM Android serta Custom ROM Android. Sekarang, mari kita simak bersama 3 hal menarik mengenai ROM Android.

1. Ada banyak ROM Android. Bahkan anda bisa membuat ROM anda sendiri jika mau!

Sebelumnya sudah dibahas bahwa setiap manufaktur atau produsen biasanya memiliki ROM Android yang berbeda-beda. Bahkan jika anda bosan dengan ROM Android saat ini, anda bisa menggantinya dengan Custom ROM Android. Di halaman tabel daftar Custom ROM Android milik Wikipedia, ada 22 Custom ROM yang bisa anda coba. Jumlah tersebut tentu bukanlah semuanya dan mungkin saja masih ada Custom ROM lain yang belum ditemukan.

Bahkan, anda bisa membuat Custom ROM Android anda sendiri. Namun, penulis tidak akan mengulas bagaimana cara membuat Custom ROM Android sendiri karena penulis belum memiliki pengalaman membuatnya. Silahkan anda merujuk video diatas untuk tutorialnya.

2. Custom ROM memiliki beberapa fitur yang berbeda

ROM Android dari produsen biasanya tidak bisa di pasang di perangkat merk lain. Jadinya, ROM Android Samsung tidak bisa digunakan di smartphone Asus. Jika anda menemukan fitur yang tidak ada, menggunakan Custom ROM Android mungkin bisa jadi solusi anda.

Salah satu alasan lain kenapa anda mungkin mau menggunakan Custom ROM adalah update. Banyak produsen (biasanya merk smartphone yang tidak terlalu terkenal) tidak mengeluarkan update secara berkala. Penulis sendiri memiliki smartphone tersebut. Update yang diberikan hanya 6 bulan saja, jadinya penulis merasa kecewa akan hal tersebut.

3. Kebanyakan orang bahkan tidak memerlukan Custom ROM Android

Android saat ini memiliki banyak fitur yang sudah tertanam secara default. Penggunaan Custom ROM Android juga semakin lama semakin menurun. Banyak yang beranggapan bahwa Android mereka saat ini sudah sangat cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, mengganti ROM Android anda dengan Custom ROM tidak bebas dari resiko. Garansi smartphone anda bisa hangus dan kemungkinan terjadi error yang tidak diinginkan. Hal ini juga yang membuat popularitas Custom ROM semakin menurun.

Walaupun mengalami penurunan, pasti sangat banyak orang yang tetap tertarik membuat Custom ROM karena Android adalah platform terbuka dimana semua orang dapat menggunakan dan mengubahnya tanpa ada larangan.

Bagaimana menurut anda artikel Apa itu ROM Android?

Setelah membaca artikel ini, anda jadi lebih paham mengenai ROM Android. Lalu, apakah ada hal lain lagi yang masih anda belum paham? Pernahkah anda meng-install Custom ROM Android anda sendiri? Silahkan ketik di kotak komentar bagaimana pengalaman anda.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.